Bingung Mau Berakhir Pekan ke Mana? Cek 5 Tempat Wisata Ungaran untuk Piknik Tipis-Tipis

Kota Ungaran juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

oleh Tifani diperbarui 13 Nov 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2022, 18:00 WIB
Wisata Candi Gedong Songo
Wisatawan menaiki kuda saat berkunjung ke Candi Gedong Songo, kompleks percandian peninggalan Hindu di lereng Gunung Ungaran, Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/12). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Semarang - Kota Ungaran merupakan ibu kota Kabupaten Semarang. Lokasi Kota Ungaran pun bisa dibilang strategis, karena berada di jalur utama dari Semarang menuju Solo dan Yogyakarta.

Selain itu Kota Ungaran juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari destinasi wisata alam hingga wisata edukasi yang menyenangkan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet destinasi wisata Ungaran dan sekitarnya.

1. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran terletak di Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung Ungaran populer sebagai kawasan pendakian di Jawa Tengah.

Kawasan Gunung Ungaran dikeliling Kota Ambarawa, Kota Semarang dan Laut Jawa, Kota Ungaran, dan Candi Songo. Wilayah yang berada di dataran tinggi ini akan terlihat saat berada di Puncak Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, gunung stratovolcano ini selalu menarik bagi para pendaki untuk menaklukkannya. Gunung ini juga tergolong cocok untuk pendaki pemula.

Ada tiga puncak di Gunung Ungaran, yaitu Botak, Gendol, dan Ungaran. Puncak Ungaran merupakan puncak tertinggi gunung ini.

Apabila tidak terhalang kabut dan awan akan tampak pemandangan Semarang yang megah, Laut Jawa, dan gunung lain di sekitar Gunung Ungaran. Keindahan sunset dan sunrise tidak terbayangkan, inilah yang membuat para pendaki selalu ingin mendaki gunung ini.

Harga Tiket Gunung Ungaran Bagi pengunjung yang ingin mendaki akan dikenakan biaya masuk senilai Rp 15.000 per orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Umbul Sidomukti Ungaran

2. Umbul Sidomukti Ungaran

Umbul Sidomukti merupakan obyek wisata alam pegunungan yang terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Umbul Sidomukti berada di lereng Gunungg Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl.

Umbul Sidomukti memiliki udara yang sejuk dangan pemandangan alam yang mepesona. Kawasan ini dapat menjadi agenda liburan bersama keluarga.

Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah kolam renang. Umbul Sidomukti memiliki tiga kolam renang bertingkat dengan kedalaman yang beragam.

Kolam dewasa tersedia dengan kedalaman 1,5 meter, sedangkan anak-anak tersedia kolam dengan kedalaman 30 cm. Kolam renang dibentuk tidak biasa, kolam renang berbentuk menyerupai mangkok.

Bentuk kolam renang tersebut menawarkan pemandangan berbeda dibandingan kolam renang pada umumnya. Kolam renang di desain dengan dinding batu-batu yang airnya mengambil dari mata air Pegunungan Ungaran.

Obyek lain yang dapat dinikmati di kawasan ini adalah perkebunan yang terdapat di wahana Little Ranch. Pada area perkebunan ini, wisatawan dapat naik kuda terlatih sembari melihat para petani yang tengah berkebun.

Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi Goa Tirta, yaitu goa buatan dengan panjang 135 meter. Usai menyusuri goa, wisatawan dapat melihat pemandangan yang menakjubkan.

Umbul Sidomukti Ungaran buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00. Harga tiket masuk kawasan wisata ini dibanderol Rp 5.000 per orangnya.

Namun apabila wisatawan ingin berenang harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 10.000- Rp 15.000.

3. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park berdiri di atas lahan seluas 12 Hektare, memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada. Selain itu, ada pilihan restoran, café, dan foodtruck yang menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai.

Saloka Theme Park juga memiliki pertunjukan Baru Klintihing. Harga tiket Saloka Theme Park pada weekdays dijual Rp 120.000 per orang, sementara pada weekend dijual Rp 150.000 per orang.

Tiket dapat dipesan melalui laman salokapark.com, pembayaran tiket dapat dilakukan di minimarket, bank, maupun layanan pembayaran secara online. Jam buka Saloka Theme Park pada weekdays mulai pukul 10.00 hingga 18.00.

Sedangkan pada weekend, wisatawan dapat menikmati permainan di Saloka Theme Park mulai pukul 10.00 hingga 19.00.

4. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata di lereng kaki gunung Ungaran, Bandungan Kabupaten Semarang. Pemandangan sekitar khas pegunungan, ditambah dengan iklim yang sejuk membuat wisatawan berkunjung ke Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia dibangun dengan konsep kekinian taman bunga, spot foto, wahana permainan dan cafe garden (kuliner). Tempat wisata ini cocok untuk semua usia mulai dari anak, remaja, dewasa, maupun lansia.

Wisata dengan luas 8,6 hektar ini terdapat spot foto seperti Little Italia, Little Korea, Dermaga Putih, Taman Bunga, White Marine Park, dan masih banyak spot foto lainnya. Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia dengan nuansa yang rilex menikmati menu Cafe Garden Celosia dan pemandangan berbagai gunung.

Serta di Taman Bunga Celosia juga melayani penjualan bunga hias dalam bentuk pot yang terletak berdampingan wisata Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosia mulai dibuka pada pukul 08.00 sampai 17.00.

Sementara, harga tiket Taman Bunga Celosia dibanderol Rp 20.000 saat weekday, dan Rp 25.000 saat akhir pekan per orang.

 


Museum Kereta Ambarawa

5. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Api Indonesia (Indonesian Railway Museum) atau lebih dikenal dengan nama Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah bekas stasiun yang kini dialihfungsikan sebagai museum sekaligus tempat wisata. Bangunan ini didirikan Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) dan diresmikan pada 21 Mei 1873, lalu diberi nama Stasiun Willem I.

Stasiun ini pun beroperasi sebagai jalur pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di sekitar Jawa Tengah. Setelah dinonaktifkan tahun 1976, Stasiun Ambarawa kemudian dialihfungsikan sebagai Museum Kereta Api oleh Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, Soepardjo Rustam. Masyarakat bisa mengunjungi museum ini dan berwisata naik kereta dengan lokomotif uap atau diesel vintage melalui jalur Ambarawa-Tuntang PP. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00.

Harga tiket masuk museum kereta api ini dibanderol mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Sedangkan harga tiket untuk menaiki kereta wisata dibanderol mulai dari Rp 100.000.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya