Rekomendasi Makanan Kuliner Halal Khas Labuan Bajo

Labuan Bajo dengan keindahan alam yang luar biasa bukan saja akan memanjakan matamu, akan tetapi ada hal lain yang perlu bisa dinikmati saat berlibur ke kota yang satu ini, yakni sajian kuliner khas daerah.

oleh Maria Mentari diperbarui 25 Mei 2023, 04:00 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2023, 04:00 WIB
Jagung bose sebagai salah satu menu kuliner halal yang nikmat dan tentunya mempunyai manfaat kesehatan, wajib kamu coba saat berlibur ke Labuan Bajoan tentu (Sum.Instagram,@dunialoka.id)
Jagung bose sebagai salah satu menu kuliner halal yang nikmat dan tentunnya mempunyai manfaat kesehatan, wajib kamu coba saat berlibur ke Labuan Bajo (Sum.Instagram,@dunialoka.id)

Liputan6.com, Labuan Bajo - Labuan Bajo menjadi salah satu daerah yang saat ini sedang mencuri perhatian wisatawan dengan pesona alam yang luar biasa indahnnya, yang mampu membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjungi kota yang satu ini.

Keindahan alam yang ada pun membuat Labuan Bajo dijuluki sebagai salah satu kota wisata premium yang ada di Indonesia, sehingga beberapa event besar kenegaraan pun di selenggarakan di kota ini, seperti salah satu event besar yang sukses diselenggarakan di Labuan Bajo adalah KTT ASEAN yang ke-42.

Hal ini tentunya mampu membuat masyarakat setempat kagum dan bangga dengan setiap perkembangan dan kemajuan dari kota tercinta Labuan Bajo. Salah satu sektor yang mendukung perkembangan yang sangat menakjubkan di kota ini adalah sektor wisata.

Selain sektor wisata tentunya saat liburan kamu juga memerlukan asupan berupa makanan? Nah, Labuan Bajo yang merupakan salah satu daerah di provinsi NTT, memiliki beberapa kuliner lokal khas yang wajib dicoba saat sedang berlibur ke sana. Kuliner ini sangat sayang jika dilewatkan.

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, proses pembuatan yang menarik, serta nama yang unik, beberapa kuliner ini pun aman dan halal. Jadi kamu yang beragama Islam tak perlu ragu lagi untuk coba mencicipinya. Penasaran? Yuk simak rangkumannya.

1. Jagung Bose

Jagung bose merupakan makanan asli NTT yang bisa kamu temukan saat sedang berada di Labuan Bajo, kenikmatan sajian makanan berbahan dasar jagung yang sudah dihaluskan ini akan membuat kamu ketagihan. Namun, jangan mengira hanya jagung yang akan disajikan dalam menu makanan satu ini, ada sayur-sayuran seperti kacang tanah, kacang hijau, dan lain-lain. 

Selain nikmat, kamu wajib tahu bagi masyarakat lokal, mengonsumsi jagung bose bisa menggantikan keberadaan makanan pokok yaitu nasi, bahkan kandungan serat kacang-kacangan yang ada di dalamnnya akan membantu pencernaan dan menurunkan kolestrol, jadi kamu tak perlu ragu lagi untuk mencoba menu yang satu ini saat hendak berlibur.

2. Sei Sapi

Sei sapi saat ini sudah tidak asing. Kenikmatan daging yang diolah melalui proses pengasapan ini mememiliki sensasi rasa yang berbeda dengan jenis makanan yang terbuat dari olahan daging sapi lainnya. Seperti yang kita ketahui, sei sapi sendiri merupakan makanan khas NTT, yang saat ini bisa kita dapatkan dan tentunya akan menemani liburan di Labuan Bajo.

Racikan bumbu dari sei sapi sendiri pada umumnya adalah taburan garam dan gula, tetapi rasanya sangat nikmat. Hal ini dikarenakan prosesnya membutuhkan waktu yang lama juga pembuatan daging yang diolah merupakan daging yang masih segar sehingga selain aspek kenikmatan, kesehatan konsumen pun menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang paling penting dan wajib kamu ketahui juga adalah kandungan yang ada dalam sei sapi merupakan bahan-bahan halal, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya.

3. Ikan Kuah Asam

Jika ikan kuah asam menjadi salah satu menu sehari-hari di rumah, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ikan kuah asam menjadi salah satu kuliner yang dicari banyak wisatawan saat sedang berlibur ke Labuan Bajo, bahkan beberapa restoran ternama yang ada di daerah Labuan Bajo pun menyajikan menu yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui Labuan Bajo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki aneka ragam hasil laut sehingga menu makanan yang berbahan dasar ikan berlemak ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi kesegaraannya. Racikan bumbu dari menu ini pun sangat memanjakan lidah dengan aroma yang khas tentunya akan membuat kamu semakin penasaran untuk mencicipinya, terutama jika kamu menikmati dengan pemandangan alam yang super indah di sana.

Itu dia beberapa rekomendasi kuliner halal yang wajib kamu coba saat berlibur ke Labuan Bajo, dijamin kamu pasti ketagihan untuk terus kembali ke kota yang satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya