Rawon Kuliner Surabaya Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Rawon merupakan sup beraroma yang dibuat dengan menggunakan daging sapi yang direbus perlahan.

oleh Tifani diperbarui 31 Jul 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2023, 12:00 WIB
resep rawon
ilustrasi rawon/copyright Shutterstock

Liputan6.com, Surabaya - Rawon baru saja dinobatkan sebagai sup terenak di dunia versi TasteAtlas pada Minggu (30/07/2023). Bahkan kuliner tradisional ini menempati posisi pertama dan mengalahkan ramen dari negara Jepang dan tom kha gai dari Thailand.

Dikutip dari laman TasteAtlas, rawon merupakan sup beraroma yang dibuat menggunakan daging sapi yang direbus perlahan. Cita rasa rawon semakin kaya dengan tambahan berbagai macam bumbu tradisional seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

Ciri khas rawon adalah memiliki kuah berwarna hitam yang berasal dari penggunaan kluwek. Menariknya, penggunaan kluwek dianggap beracun jika dikonsumsi tanpa diolah.

Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun jika masih mentah dan harus difermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Kluwek ditumbuk dengan bahan dan rempah-rempah lainnya sehingga memberikan rasa asam dan gurih serta warna hitam pekat yang unik pada hidangan ini.

Kuliner khas Surabaya ini biasanya di sajikan dengan nasi hangat, telur asin, kecambah, hingga sambal bagi mereka yang suka makanan pedas. Selain memilih rawon sup terbaik di dunia, TasteAtlas juga memberikan rekomendasi beberapa kedai rawon di Indonesia yang memiliki rasa terbaik.

Salah satunya adalah Rawon Setan di Jalan Embong Malang I No.78, Genteng, Surabaya. Rawon Setan menjadi salah satu kedai rawon legendaris yang tak boleh dilewatkan saat ke Surabaya.

Julukan “Setan” ada dalam namanya dikarenakan warung ini hanya buka pada malam hari. Warung rawon ini buka setiap hari, mulai dari pukul 12.00 hingga 01.00 WIB.

Daging rawon yang disajikan di sini cukup besar dan empuk. Cita rasa kuahnya yang nendang juga selalu berhasil memikat pengunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya