Gibran Jawab Tudingan Ijazahnya Palsu dan Setara SMK

Gibran Rakabuming Raka akhirnya menunjukkan fisik ijazah yang telah diterimanya, sebagai jawaban dari tudingan yang beredar.

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 20 Nov 2023, 11:05 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 11:03 WIB
Gibran Rakabuming Raka Hadiri Pengumuman Susunan Tim Kampanye Nasional
Bakal Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka saat tiba di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (6/11/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 

Liputan6.com, Surakarta - Merespons tudingan soal ijazah palsu, Wali Kota Surakarta sekaligus calon wakil presiden usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka, akhirnya menunjukkan fisik ijazah yang telah diterimanya. Gibran menganggap tudingan itu sebagai hal yang lucu.

Gibran saat dikonfirmasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (20/11/2023), mengaku tidak merasa dirugikan akibat kejadian tersebut.

"Enggak, saya anggap lucu-lucuan, karena baru sekarang dipermasalahkan," kata Gibran.

Gibran mengatakan jika ijazah yang dia miliki memang palsu, maka seharusnya hal itu dipermasalahkan sejak awal, yakni saat pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Ini saya sudah upload (unggah) di KPU," kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Mengenai anggapan bahwa tudingan ijazah palsu tersebut merupakan bagian dari kampanye hitam, Gibran mengatakan itu merupakan hal biasa.

"Ya, biasa. Makanya, tak (saya) bawakan ijazahnya," imbuhnya.

Selain itu, terkait tudingan bahwa Gibran merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK), dia menilai hal itu tidak perlu ditanggapi secara berlebihan.

"Saiki usume (sekarang sedang marak tudingan) Gibran lulusan SMK, lha nek (kalau) lulusan SMK kenapa tho? Kan lulusan SMK juga bagus. Tetapi ini untuk sertifikat dan lain-lain, (ijazah) S1 ada di sini. Saya bawakan biar teman-teman media bisa lihat bentuk aslinya, pegang fisiknya," ujar Gibran sambil menunjukkan ijazah lulusan program sarjana miliknya.


Menyikapi Fitnah dengan Santai

Sebelumnya, Gibran meminta para pendukungnya menyikapi fitnah-fitnah dari pihak lawan dengan santai.

"Fitnah-fitnah, nyinyiran, berita hoaks, saya ingatkan dan sarankan, tidak perlu menanggapi itu semua. Dibawa santai saja, disenyumin saja," kata Gibran Rakabuming Raka di Kota Jambi, Jumat (17/11/2023).

Gibran mengajak pendukungnya untuk fokus saja memenangkan dirinya dan Prabowo Subianto di pilpres 2024. Dia meminta para pendukung turun ke akar rumput memenangkan Prabowo-Gibran.

"Kita fokus untuk kemenangan, fokus untuk turun ke akar rumput, fokus melakukan konsolidasi door to door," ujar putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Lebih lanjut, Gibran menyatakan bakal melanjutkan dan menyempurnakan program yang sudah dijalankan ayahnya. Baginya, tidak ada konsep perubahan, melainkan keberlanjutan.

"Saya menggaungkan, tidak ada nama perubahan, tidak ada namanya arah baru. Yang ada hanya keberlanjutan dan penyempurnaan."

"Jadi apa yang sudah dinikmati sekarang pasti akan kami bangun, teruskan, dan akan kami tambah. Program yang sudah ada tidak akan kita hapus, tetapi akan kita teruskan," ujar Gibran Rakabuming Raka.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya