Refleksi Akhir Tahun 2023, PEM Akamigas Cepu Terima Predikat Terbaik

Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas PEM Akamigas resmi mendapatkan predikat unggul.

oleh Ahmad Adirin diperbarui 24 Des 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 24 Des 2023, 21:00 WIB
Tasyakuran capaian akreditasi unggul pada Program Studi Produksi Minyak dan Gas Tahun 2023 di Grha Oktana PEM Akamigas. (Ahmad Adirin/Liputan6.com)
Tasyakuran capaian akreditasi unggul pada Program Studi Produksi Minyak dan Gas Tahun 2023 di Grha Oktana PEM Akamigas. (Ahmad Adirin/Liputan6.com)

Liputan6.com, Blora - Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas PEM Akamigas Cepu resmi menyandang status predikat unggul. Predikat tersebut menjadi kejutan akhir tahun 2023 yang membanggakan bagi perguruan tinggi di ujung timur Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Direktur PEM Akamigas, Erdila Indriani mengungkapkan, bahwa pencapaian tertinggi dari penyelenggaraan pendidikan adalah mendapatkan kriteria unggul karena aspek penilaian yang terintegrasi. 

"Mulai dari visi misi, tata pamong, kelembagaan, Sumber Daya Manusia, pendidikan, kemahasiswaan, sarana prasarana, dan lainnya," ungkapnya ditulis Liputan6.com, Sabtu (23/12/2023).

Ia mengatakan, pencapaian yang didapatkan tersebut bukanlah tahap akhir, tapi justru sebagai langkah awal untuk menjadi terbaik kedepannya. Yaitu, sesuai gelar unggul yang disematkan. 

"Next rencananya akan segera menyusul Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, juga Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang," ujar Erdila, panggilan perempuan pertama kalinya yang menjadi Direktur PEM Akamigas. 

Untuk diketahui, predikat yang didapatkan PEM Akamigas ini berdasarkan Keputusan LAM Teknik Nomor: 0381/SK/LAM Teknik) BST/XII/2023, yang menyatakan bahwa Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas pada Program Sarjana Terapan PEM Akamigas terakreditasi unggul. 

Predikat unggul ini resmi berlaku mulai 21 Desember 2023 hingga 20 Desember 2028. Sebelumnya pada 4 Desember 2023 lalu, PEM Akamigas juga memperoleh predikat terbaik kedua Kategori Pagu Besar, Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga, Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 di Wilayah Jawa Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Program Studi di PEM Akamigas

Ketua Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas PEM Akamigas, Diyah Rosiani menambahkan, bahwa status yang didapatkan ini memerlukan waktu kurang lebih selama satu tahun. 

"Alhamdulillah kita sudah mendapatkan akreditasi unggul berkat kerja keras, kerja ikhlas dari tim bukan hanya Program Studi Teknik Produksi minyak dan gas, tetapi juga tim Satuan Penjamin Mutu dan semua unsur PEM Akamigas, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan," kata Diyah. 

Menurutnya, suasana guyup program studi yang lainnya juga turut memberikan dukungan. Karena itu, dirinya mengajak bersama-sama bekerja lebih baik lagi untuk mempertahankan status yang telah didapatkan. 

"Selain akreditasi unggul, kedepannya kita juga harus meningkatkan lagi untuk mencapai akreditasi internasional. Artinya, rekognisi baik nasional maupun internasional. Harapannya ke depan, bisa lebih dikenal secara nasional maupun internasional," ucapnya. 

Wakil Direktur 1 PEM Akamigas, Asepta Surya Wardhana menambahkan, bahwa untuk jumlah program studi pilihan masih tetap lima. Meliputi Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas, Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Program Studi Teknik Mesin Kilang, Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang, dan Program Studi Logistik Minyak dan Gas. 

Ia membeberkan, untuk kuota mahasiswa baru akan naik menjadi lebih dari 400 orang. 

"Kami akan sediakan beberapa pilihan jalur untuk calon pendaftar. Ada jalur prestasi, jalur rapor, jalur Computer Based Test (CBT) plus, jalur Cepu Raya, dan jalur kerjasama. Sengaja kita sediakan banyak jalur agar calon pendaftar bisa memilih dan menyesuaikan dengan kondisinya masing-masing, sehingga peluang untuk diterima akan lebih besar," pungkasnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya