Kisah Eks Napiter Manfaatkan Program Deradikalisasi, Kini Jadi Pengusaha Mebel

Program Deradikalisasi kerap dikatakan gagal, walaupun tidak sedikit mantan narapidana terorisme (eks napiter) yang merasakan manfaatnya.

oleh Tim Regional diperbarui 22 Jul 2024, 14:10 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 14:10 WIB
UMKM Diajak Manfaatkan Fasilitas GSP Ekspor Produk ke AS
Ilustrasi - Pekerja membuat mebel di kawasan Tangerang, Selasa (3/11/2020). Kementerian Koperasi dan UKM mengajak para pelaku UMKM yang telah siap mengekspor untuk memanfaatkan Generalized System of Preference (GSP). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Pontianak Program Deradikalisasi kerap dikatakan gagal, walaupun tidak sedikit mantan narapidana terorisme (eks napiter) yang merasakan manfaatnya.

Informasi dihimpun Liputan6.com, Senin (22/7/2024), seorang eks napiter asal Pontianak, Kalimantan Barat, banyak merasakan manfaat deradikalisasi bagi kehidupannya.

Salim Salyo (42) biasa disapa, merupakan eks napiter yang pernah ditahan selama 3 tahun (2019-2022) lantaran ingin merampok sebuah bank di Surabaya, Jawa Timur, untuk merakit bom dan membeli senjata api.

Kemudian, rencananya bom akan dikirim kepada kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.

Dirinya menjalani program deradikalisasi saat masih menjadi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Terorisme (Lapsuster) di Lapas Kelas II B Sentul.

Saat itu dirinya mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Pusat Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Salim mengungkapkan, pelatihan yang diikutinya dilaksanakan berdampingan dengan kegiatan deradikalisasi lainnya, yang bertujuan untuk menghilangkan pemahaman radikal para napiter.

"Di pelatihan itu, saya dan napiter lainnya diminta untuk memilih apa yang jadi minat kami masing-masing. Ada yang tertarik jadi montir, penjahit, dan lainnya," kata Salim.

"Karena saya basic-nya tukang bangunan, saya ambil pelatihan kayu atau mebel. Dari situ saya punya cita-cita mau buka usaha mebel kalau sudah bebas," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Pelatihan Didapat

Eks Napiter di Surabaya membagikan sejumlah bendera merah putih. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Ilustrasi - Eks Napiter di Surabaya membagikan sejumlah bendera merah putih. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Menurut Salim, banyak pelatihan-pelatihan yang didapatkan saat menjalani masa tahanan, diantaranya pengetahuan dan pemahaman mengenai kelebihan dan kekurangan berbagai jenis kayu.

"Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari pelatihan itu. Apalagi sebelumnya saya tidak pernah mengetahui ilmu-ilmu yang diajarkan dalam pelatihan tersebut," ujar Salim.

"Salah satunya saya diajarkan mengenai kelebihan dan kekurangan setiap jenis kayu serta penggunaan lem yang tepat untuk setiap jenis kayu," lanjutnya.

Diungkapkan Salim, dia sangat tertarik mengikuti pelatihan kayu. Dirinya rutin mengikuti pelatihan kayu selama sekitar 1,5 tahun. Kegiatannya berlangsung 4 kali dalam sepekan, yakni setiap Senin-Kamis mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore.

Didampingi instruktur atau trainer, Salim mengasah kemampuannya sebagai tukang kayu dalam pelatihan tersebut. Misalnya, dia diajarkan cara membuat lemari, meja, atau kursi, bahkan miniatur yang berbahan dasar kayu.


Dapat Mengimplementasikan Ilmu

bnpt
Direktur Deradikalisasi BNPT Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Salim merasa bersyukur memanfaatkan program deradikalisasi, sehingga ketika dia bebas dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang ia dapat untuk merintis sebuah usaha.

"Alhamdulillah, ketika bebas, ilmu-ilmu itu menjadi bekal untuk merintis usaha mebel," ungkapnya.

"Saya terapkan semua yang saya pelajari selama ikut pelatihan di BNPT. Saya tidak mau menyia-nyiakan ilmu yang sudah saya dapatkan dari pelatihan itu. Alhamdulillah ilmu itu semua sangat membantu sekali ketika saya membuka usaha mebel," Salim menuturkan.


Jadi Pengusaha

UMKM Diajak Manfaatkan Fasilitas GSP Ekspor Produk ke AS
Ilustrasi - Pekerja membuat mebel di kawasan Tangerang, Selasa (3/11/2020). Generalized System of Preference (GSP) atau fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk memungkinkan produk UMKM lebih banyak diekspor ke Amerika Serikat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kini usaha mebel Salim tengah berkembang pesat, meski hanya dijalankan dari rumahnya yang merangkap bengkel kayu di Pontianak.

Pesanan datang dari dalam, bahkan luar kota Pontianak. Produk yang banyak dipesan oleh konsumen antara lain backdrop, partisi, lemari, dan kitchen set.

Salim bisa mempekerjakan 2-6 orang karyawan untuk membantu usahanya. Jumlah karyawan itu tergantung dari banyaknya pesanan yang datang.

"Harapan saya ke depan mudah-mudahan bisa punya toko mebel sendiri," Salim menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya