Catat, 6 Wisata Pantai Cantik Dekat Jakarta

Pantai masih menjadi destinasi populer untuk bersantai atau menikmati akhir pekan. Berikut ini 6 rekomendasi pantai cantik dekat Jakarta.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 26 Jul 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 05:00 WIB
wanita pantai
ilustrasi perempuan berlibur ke pantai/copyright unsplash.com/Linda Xu

Liputan6.com, Bandung - Pantai masih menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak disukai oleh para petualang. Pasalnya, keindahan pantai selalu menjadi daya tarik untuk menghabiskan waktu berlibur atau meluangkan waktu untuk rehat dari padatnya perkotaan.

Keindahan pantai terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan berpadu dengan air laut yang jernih. Pantai juga masih menjadi spot terbaik dalam menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Selain keindahan alamnya menikmati wisata pantai menyimpan sejumlah manfaat baik untuk tubuh mulai dari manfaat kesehatan fisik, mental, hingga emosional seseorang. Pasalnya, pemandangan pantai menciptakan suasana yang menenangkan.

Suasana tersebut yang membuat banyak orang menjadikan pantai sebagai destinasi mereka menenangkan diri atau mentalnya. Pantai juga menawarkan pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang memesona sehingga menciptakan suasana yang memukau dan romantis.

Kemudian untuk kesehatan fisik, seseorang bisa melakukan sederet aktivitas yang baik untuk tubuh atau fisik. Seperti berenang, berjalan di pasir, bermain voli pantai, atau berselancar untuk yang mahir.

Aktivitas tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh seseorang dan memperkuat otot serta membakar kalorinya. Bahkan, menghabiskan waktu dengan bersantai di pantai pada waktu yang tepat bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Bagi masyarakat yang tinggal di kota Jakarta, saat ini ada sejumlah pantai cantik yang bisa dikunjungi tidak jauh dari Jakarta. Melansir dari beberapa sumber berikut ini rangkuman enam rekomendasi pantai cantiknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekomendasi 6 Wisata Pantai Cantik Dekat Jakarta

Ilustrasi memakai baju hijau di pantai
Ilustrasi memakai baju hijau di pantai. (Foto oleh Leah Newhouse: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-berjalan-di-pantai-325523/)

1. Pantai Pulau Bidadari

Pantai Pulau Bidadari dikenal sebagai salah satu pulau tertutup yang lokasinya cukup dekat dari kota Jakarta. Pantai ini memiliki pemandangan yang cantik dan memukau sehingga selalu populer dikunjungi.

Para pengunjung yang ingin datang ke pantai ini bisa menghabiskan waktu sekitar 20 hingga 30 menit dengan berlayar dari dermaga Marina Ancol. Kemudian ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan para pengunjungnya mulai dari aktivitas santai hingga rekreasi.

Lokasi Pantai Pulau Bidadari berada di Teluk Jakarta dan masuk pada bagian dari Kepulauan Seribu. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau dan para pengunjung bisa membeli paket tur yang biasanya tersedia untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol masih menjadi destinasi populer yang ramai dikunjungi oleh banyak orang terutama di akhir pekan. Pantai ini berada di lokasi yang strategis karena berada satu kawasan dengan obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Lokasi pantainya juga dekat dengan pusat kota yaitu berada di Jalan Pasir Putih, Jakarta Utara. Tempat ini menjadi lokasi terbaik untuk rekreasi dan menikmati pemandangan indah pantai dekat kota.

Selain itu terdapat tempat wisata menarik lainnya yang bisa dinikmati mulai dari Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, hingga Seaworld. Tiket masuk ke pantai ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 25 ribu per orang.


Selanjutnya

Ilustrasi berlibur ke pantai
Ilustrasi berlibur ke pantai. (Photo by John McArthur on Unsplash)

3. Pantai Tanjung Lesung

Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai cantik yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Pantai ini masuk dalam kawasan Provinsi Banten dan berjarak sekitar 187,5 km dari pusat kota Jakarta.

Pantai ini memiliki pemandangan yang memukau terutama untuk melihat indahnya hamparan perairan Selat Sunda. Kemudian wisatawan juga bisa menikmati aktivitas rekreasi yang menarik mulai dari wahana air hingga bersantai di pantai.

Tanjung Lesung memiliki jenis ombak yang tidak terlalu besar sehingga para pengunjungnya bisa bermain air. Kemudian pantainya terkenal sebagai spot menikmati pemandangan senja atau fajar.

4. Pantai Pulau Perak

Pantai Pulau Perak memiliki daya tarik yang sangat memesona karena memiliki pemandangan yang masih asri dan alami. Pantai Pulau Perak termasuk pulau yang tidak berpenghuni sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

Pantai ini juga berlokasi tidak jauh dari kota Jakarta dan menawarkan pemandangan pasir putih serta air benin yang mempesona. Wisatawan juga bisa menyewa atau membawa tenda pribadi untuk menikmati api unggun ketika malam tiba.

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini bisa berangkat dari dermaga Muara Angke atau Kali Adem, Jakarta Utara. Kemudian menggunakan transportasi laut ke Pulau Harapan lalu melanjutkan perjalanan ke Pulau Perak.


Berikutnya

Hotel Bintang 5 Baru Bakal Dibuka di Berawa Bali pada 2024, Gandeng Brand-Brand Premium Lokal di 1 Lokasi
Ilustrasi Pantai Berawa Bali. (dok. Rio Lecatompessy/Unsplash.com)

5. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai populer di antara wisatawan pencinta alam. Pasalnya pantai ini terkenal dengan pantai yang masih alami dan pemandangan cantik serta aktivitas menarik.

Para pengunjung yang menyukai adrenalin bahkan bisa melakukan aktivitas cave tubing karena adanya goa batu kapur di pantainya. Kemudian tempat ini juga populer sebagai lokasi berselancar dan terdapat tempat sewa alat selancar di sekitarnya.

Lokasi Pantai Sawarna berlokasi di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai ini termasuk dekat dengan Jakarta karena menempuh jarak 177,5 km atau 5 jam 1 menit perjalanan darat.

6. Pantai Anyer

Pantai Anyer adalah salah satu pantai populer yang ramai dikunjungi oleh masyarakat kota Jakarta. Pasalnya pantai ini termasuk dalam pantai yang dekat dengan Jakarta karena berada di Provinsi Banten.

Pantai ini menampilkan pemandangan yang indah tidak hanya dari lautnya tetapi juga panorama megah Gunung Rakata. Tempat wisatanya juga terkenal dengan sederet aktivitas menarik mulai dari speedboat, jetski, hingga snorkeling.

Lokasi Pantai Anyer berada di Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kabupaten Serang, Banten. Dari pusat kota Jakarta para wisatawan hanya perlu menempuh jarak 126,1 km atau 2 jam perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya