Mengulik Peran Kepala Daerah Untuk Penanganan Korupsi

Jaksa Utama Kejagung Eko Suwarni menyebutkan bahwa pengetahuan hukum akan memudahkan seorang kepala daerah menentukan sikap jika ada jajarannya yang terindikasi korupsi.

oleh Felek Wahyu diperbarui 23 Jul 2024, 15:39 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 15:39 WIB
Eko Suwarni
Jaksa Utama Kejagung Eko Suwarni memberi materi tentang penegakan hukum, korupsi, dan pemerintahan di hadapan masyarakat. Foto: liputan6.com/felek wahyu 

Liputan6.com, Semarang - Jaksa Utama di Kejagung, Eko Suwarni menyebutkan bahwa terbentuknya masyarakat sejahtera, aman dan damai salah satunya adalah melalui sikap Kepala Daerah terhadap korupsi.

Eko Suwarni saat ini hendak maju dalam kontestasi politik pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Karier 30 tahun menjadi penegak hukum itu mendorongnya untuk terlibat dalam pencegahan korupsi di pemerintahan daerah.

Menurutnya, ketatnya aturan pencegahan korupsi ternyata malah menimbulkan celah-celah baru untuk praktek haram itu.

"Jawa Tengah ini sudah kondusif, namun kerawanan korupsinya masih banyak," kata Bacagub Jateng ini.

Eko Suwarni berharap para kepala daerah selalu diingatkan tentang berbagai kerawanan korupsi tersebut.

"Harus betul-betul diberi pemahaman terus agar jangan sampai lengah," katanya.

Eko Suwarni mengaku komitmennya maju dalam Pilgub Jateng bukan hanya sebatas ambisi.  Ia mengak memiliki keinginan kuat untuk membangun Jawa Tengah melalui dukungan masyarakat, tokoh agama, hingga perangkat desa.

"Beri bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum atau memberikan wawasan kepada masyarakat tentang keadilan sosial bagi masyarakat," katanya.

Jaksa Utama Kejaksaan Agung ini sekarang diperbantukan di Kementerian PUPR. Ia banyak menjadi tempat bertanya tentang hukum di masyarakat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya