Hanya Ada Satu Paslon yang Daftar Pilkada Surabaya 2024, Eri-Armuji Lawan Kotak Kosong?

Borongan dukungan partai untuk Eri-Armuji, menutup peluang munculnya pasangan calon lain. Sebab, semua partai sudah menyatakan dukungan.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 30 Agu 2024, 12:18 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 12:18 WIB
Eri Cahyadi- Armuji daftar Pilkada Surabaya ke KPU. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Eri Cahyadi- Armuji daftar Pilkada Surabaya ke KPU. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Pilkada Surabaya 2024 berpotensi besar menhadirkan kotak kosong. Hingga masa pendaftaran berakhir pada Kamis 29 Agustus 2024 pukul 23.59, hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, yaitu Eri Cahyadi dan Armuji.

Pasangan Eri-Armuji didukung 9 partai parlemen yakni PDIP, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PPP, Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PSI. dan 8 partai non parlemen yaitu Perindo, Garuda, Ummat, PBB, Buruh, Gelora, Buruh, Hanura.

Borongan dukungan partai tersebut, menutup peluang munculnya pasangan calon lain. Sebab, semua partai sudah menyatakan dukungan.

Calon lain juga dipastikan tidak akan datang dari perseorangan atau independen. KPU Surabaya sebelumnya sudah memastikan Pilkada Surabaya hanya akan diikuti calon dari partai, karena masa pendaftaran calon independen sudah lewat.

Anggota KPU Jatim Choirul Umam menyatakan,  untuk daerah daerah yang hanya terdapat satu paslon yang mendaftar hingga masa pendaftaran calon ditutup pada Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB. Sesuai aturan, masa pendaftaran akan diberi tambahan waktu 3 hari.

“Kami belum bisa memastikan daerah mana saja yang akan diperpanjang karena masa pendaftaran baru akan ditutup dini hari besok,” ujarnya, Rabu 28 Agustus 2024.

Sebelumnya, Eri Cahyadi dan Armudji berangkat daftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Rabu 28 Agustus 2024.

Rombongan becak juga terlihat mengawal pendaftaran pasangan petahana ini. Dengan membentangkan spanduk berisi dukungan, nampak rombongan becak berbaris rapi mengikuti arak-arakan.

"Kiai mendoakan saya, abah saya mendoakan. Hari ini harus berjuang untuk warga Surabaya. Seluruh relawan partai politik memberikan yang terbaik. Matur nuwun semuanya. InsyaAllah perjuangan bersama," ujar Eri Cahyadi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dikawal Ribuan Simpatisan

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Achmad Hidayat, Ketua Panitia Pendaftaran Eri-Armuji mengatakan, sebanyak 3.218 simpatisan dari berbagai partai telah berkumpul sejak pukul 08.00 WIB. "Sementara paling banyak, berasal dari PDI Perjuangan," ucapnya.

Diketahui, ribuan orang yang terdiri dari berbagai elemen ikut mengantar Eri Cahyadi-Armuji ke KPU Surabaya.

Alhasil jalan Setail tempat Kantor DPC PDIP Surabaya hingga jalan Adityawarman di tutup sementara.

Dalam arak-arakan itu, paslon Eri Cahyadi- Armuji nampak kompak mengenakan kemeja putih.

Terlihat Ketua PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono mendampingi pasangan tersebut. Pun beberapa perwakilan partai pendukung nampak hadir.

Tak hanya ribuan orang terdiri dari berbagai elemen, diantaranya relawan, masyarakat serta simpatisan ikut berkumpul dan hendak mengantar pendaftaran Eri-Armuji di kantor KPU Surabaya Jalan Adityawarman.

Tetapi juga para petinggi partai turut mengantarkan paslon Eri Cahyadi-Armuji mendaftar ke KPU Surabaya.

Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan bergerak menunju kantor KPU. Eri Cahyadi beserta istri serta wakilnya Armuji nampak menaiki becak dan mendapat pengawalan dari ribuan orang.

Nampak iring-iringan pasukan pembawa bendera merah putih menjadi pembuka jalan mengawal Eri-Armuji.

Disusul iring-iringan rombongan kesenian reog. Para kader dengan berbaju khas merahnya serta para simpatisan dan masyarakat juga membuat pemandangan semakin epik.

Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya