Melihat Perjalanan UII Yogyakarta, Salah Satu Kampus Tertua yang Tak Henti Berinovasi

Dalam pameran terbesar YBW UII Expo 2024 di Yogyakarta pada 26 hingga 29 September 2024, YBW UII menampilkan potensi dan kapasitasnya untuk mendukung Indonesia ke arah yang lebih baik.

oleh Tifani diperbarui 26 Sep 2024, 18:10 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2024, 18:06 WIB
UII
Dalam pameran terbesar YBW UII Expo 2024 di Yogyakarta pada 26 hingga 29 September 2024, YBW UII menampilkan potensi dan kapasitasnya untuk mendukung Indonesia ke arah yang lebih baik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia. Saat awal didirikan pada 8 Juli 1945, perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Islam (STI).

STI kemudian baru dibuka di Yogyakarta pada 10 April 1946. Dikutip dari buku Sejarah dan Dinamika UII yang diterbitkan Badan Wakaf UII, pemindahan STI ke Yogyakarta bukan tanpa alasan.

Saat itu, Jakarta, yang masih bernama Batavia, dirasa kurang aman dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu, beberapa dosen dan pengurus STI juga merupakan pejabat pemerintah sehingga mereka turut pindah ke ibu kota sementara di Yogyakarta.

Pada 14 Desember 1947 STI kemudian ditetapkan menjadi University Islam Indonesia. UII awalnya dikembangkan dengan beberapa fakultas perintis, seperti Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi.

Pengembangan tersebut bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan umum dengan ajaran-ajaran Islam. Setelah 79 tahun, salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia berhasil berkembang tidak hanya dalam dunia pendidikan.

Dalam pameran terbesar YBW UII Expo 2024 di Yogyakarta pada 26 hingga 29 September 2024, YBW UII menampilkan potensi dan kapasitasnya untuk mendukung Indonesia ke arah yang lebih baik. Ketua Umum Pengurus YBW UII, Suparman Marzuki mengatakan, momentum ini penting untuk memperlihatkan kemampuan dan inovasi YBW UII kepada masyarakat yang lebih luas.

"YBW UII Expo 2024 menjadi ajang untuk memperkuat visi misi YBW UII," kata Suparman Marzuki.

Melalui Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (YBW UII) hadir untuk memberikan manfaat yang lebih luas di bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat hingga bisnis. Di bidang pendidikan, YBW UII turut mencerdaskan anak-anak bangsa melalui beberapa unit pendidikan mulai dati TK hingga perguruan tinggi.

YBW UII juga aktif mendorong pemberdayaan masyarakat melalui berbagai unit usaha, seperti lembaga wakaf, radio, rumah sehat, dan masih banyak lagi. Melalui Rumah Sakit JIH, YBW UII juga siap melayani masyarakat luas dengan tenaga medis yang profesional lengkap dengan fasilitas lengkap.

YBW UII Expo 2024 hadir dengan berbagai aktivitas menarik, mulai dari konsultasi kesehatan, informasi beasiswa, beragam talkshow edukatif, dan masih banyak lagi. Pameran ini juga dimeriahkan penampilan rtis tanah air, seperti Hivi dan Rossa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya