Genjot Pabrik di Pasar Rebo, Merck Siap Jadi Regional Supplier Obat Resep

PT Merck Tbk (MERK) memakai dana internal untuk mengembangkan pabrik di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 14 Agu 2021, 14:59 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2021, 21:00 WIB
Area produksi Merck Indonesia (Dok:Istimewa)
Area produksi Merck Indonesia (Dok:Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - PT Merck Tbk (MERK) memiliki pabrik di Pasar Rebo, Jakarta Timur yang telah mengalami pembangunan secara bertahap sejak 2015 hingga 2018.

Direktur Plant PT Merck Tbk Arryo A. Wachjuwidajat mengatakan, pihaknya menggelontorkan investasi hingga 50 juta Euro atau sekitar Rp 846,22 miliar (asumsi satu euro 16.924 per rupiah) untuk pembangunan.

"Ini sudah disiapkan sejak tahun 2018. Waktu itu karena proyeknya bertahap, kita mulai 2015 sampai 2018. Investasi sekitar 50 juta Euro," ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (13/8/2021).

Saat disinggung asal dana yang digunakan untuk investasi, Arryo menegaskan seluruh dana yang digunakan berasal dari internal perusahaan. Tak ada dana lain yang digunakan untuk melakukan pembangunan ini.  

"Kalau bicara ekspor kita punya pengalaman banyak karena mulai 2014-2018 itu sebenarnya tujuan ekspor kita ada pada puncaknya, seperti ASEAN, Hong Kong, Turki, Afrika dan Latin Amerika," kata dia.

Meski telah memiliki pengalaman ekspor, Arryo mengaku bila produk yang dijual untuk ekspor lebih banyak berasal dari klien yang menggunakan jasa pabriknya.  

"Kita punya pengalaman untuk ekspor obat yang dijual bebas, milik klien kita. Tapi kemudian terjadilah proses difensasi produk itu. Meski demikian, kita punya pengalaman produk itu. Kita tidak akan lagi memproduksi produk itu dan kita coba alihkan fokus kita ke produk resep milik kita sendiri," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siap Jangkau Asia Pasifik

Ilustrasi site Pasar Rebo Merck Indonesia (Dok: istimewa)
Ilustrasi site Pasar Rebo Merck Indonesia (Dok: istimewa)

Bila sebelumnya lebih berfokus pada obat yang dijual bebas, MERK menegaskan pihaknya akan merintis ke obat resep dan siap menjangkau Asia Pasifik.

"Jadi ada perubahan, bila sebelumnya kita lebih banyak ekspor obat bebas, sekarang kita mulai merintis fokus kita lebih ke obat resep. Hanya saja ekspornya ke Asia Pasifik kecuali China karena ada pabrik juga di sana," tuturnya.  

Arryo juga menyebut pabrik tersebut memiliki beragam keunggulan dan siap menjadi regional supplier. "Site Pasar Rebo ini punya modal yang cukup untuk menjadi regional supplier, kita punya ambisi untuk menjadi global supplier tapi kita mulai dengan regional dulu. Kita punya landasan dan modal yang cukup. Sisi produksi juga siap. Fasilitas juga tersedia,” kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya