Rieke Diah Pitaloka Ciptakan Lagu Bung Karno Bapak Bangsa

Sejumlah penyanyi seperti Edo Kondologit dan Rayen Pono ikut menyanyikan lagu Bung Karno Bapak Bangsa ciptaan Rieke Diah Pitaloka.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 25 Jun 2015, 06:45 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2015, 06:45 WIB
Rieke Diah Pitaloka Ciptakan Lagu Bung Karno Bapak Bangsa
Sejumlah penyanyi seperti Edo Kondologit dan Rayen Pono ikut menyanyikan lagu Bung Karno Bapak Bangsa ciptaan Rieke Diah Pitaloka.

Liputan6.com, Jakarta 6 Juni 1901, Soekarno, sang proklamator kemerdekaan Negara Republik Indonesia lahir. Untuk mengenang jasa-jasa presiden pertama RI tersebut, bulan Juni dinobatkan sebagai Bulan Bung Karno.

Tahun ini, bulan Bung Karno dirayakan melalui karya seni. Sebuah grup musik bernama Rodinda, mempersembahkan karya musik berjudul Bung Karno Bapak Bangsa.

Lagu tersebut diciptakan oleh artis sekaligus politisi Rieke Diah Pitaloka. Dalam menciptakan lagu tersebut, Rieke mengaku terinspirasi dari puisi-puisi yang dibuat oleh Soekarno.

Bung Karno Bapak Bangsa

"Kebetulan saya dipercaya untuk bikin lirik. Soekarno sudah mengalir di darah saya. Pembuatan (lagu)nya bulan Juni ini, beberapa mengambil dari puisi Bung Karno," kata Rieke di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015).

Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Abidin Fikri mengatakan bahwa karya musik adalah persembahan yang universal. Melalui musik, diharapkan sosok Bung Karno dapat dibangkitkan kembali.

"Diharapkan dapat membangkitkan memori kolektif masyarakat untuk menghormati jasa Bung Karno. Sehingga bisa mewujudkan cita-cita Bung Karno menata Indonesia," kata Fikri.

Rayen Pono [foto: Fachrur Rozie/Liputan6.com]

Pengarah Panitia Bulan Bung Karno, sekaligus penggagas musik untuk Bung Karno, M. Prananda Prabowo menjelaskan, lagu Bung Karno Bapak Bangsa dapat mengingatkan kembali perjuangan Putra Sang Fajar ini sebagai pahlawan bangsa.

"Semangat, ide, gagasan, dan cita-cita perjuangan Bung Karno untuk Indonesia, harus tetap hidup sebagai kemerdekaan Indonesia yang sejati," ungkapnya.

Dalam mengemas musik Bung Karno, para musisi ternama juga ikut tampil membawakan lagu-lagu yang digubah dari tulisan-tulisan Bung Karno. Antara lain solois, Rayen Pono, mantan personel duo Pasto yang kini mengisi posisi vokalis di Rodinda Band, ada pula penyanyi pop senior, Edo Kondologit. (Fac/fei)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya