6 Fakta Bianca Adinegoro Istri Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dari Film Kuldesak Hingga Jadi ODHA di Video Klip

Mantan model dan bintang film Bianca Adinegoro jadi perbincang semalam. Suaminya, Muhammad Lutfi, kini jadi Menteri Perdagangan RI.

oleh Wayan Diananto diperbarui 23 Des 2020, 11:23 WIB
Diterbitkan 23 Des 2020, 09:00 WIB
Bianca Adinegoro, Istri Muhammad Lutfi yang Jadi Menteri Perdagangan
Mantan model dan bintang film Bianca Adinegoro jadi perbincang semalam. Suaminya, Muhammad Lutfi, kini jadi Menteri Perdagangan RI. (Sumber: Instagram/bianca.alinda)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet di Jakarta, Selasa (22/12/2020). Enam menteri baru diumumkan. Salah satunya, Menteri Perdagangan yang kini dijabat Muhammad Lutfi.

Muhammad Lutfi langsung disorot khalayak. Pasalnya, sang istri adalah mantan model dan bintang film Bianca Adinegoro. Di era 1990-an, Bianca Adinegoro terbilang kondang.

Ia salah satu penggerak kebangkitan film Indonesia lantaran tampil dalam Kuldesak. Bianca Adinegoro juga membintangi sejumlah video klip ikonis. Laporan khas Showbiz Liputan6.com merekam enam fakta Bianca Adinegoro. Simaklah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kover Majalah Remaja

Bianca Adinegoro. (Foto: Instagram @koleksimajalah_hai_)
Bianca Adinegoro. (Foto: Instagram @koleksimajalah_hai_)

Pertengahan dekade 1990-an adalah fase emas karier Bianca Adinegoro di dunia seni. Wajah Bianca Adinegoro kerap menghiasi kover majalah remaja yang mayoritas kini tak beredar lagi.

Sejumlah majalah yang pernah mengabadikan Bianca Adinegoro sebagai sampul depan di antaranya Jakarta-Jakarta, Vista TV, Hai, Nona, dan Mode. Bianca Adinegoro menjaring fans.


2. Bintang Iklan

Bianca Adinegoro. (Foto: Dok. Instagram @happymemories85)
Bianca Adinegoro. (Foto: Dok. Instagram @happymemories85)

Selain memantik gempita di sampul depan banyak majalah, putri jurnalis senior Adinegoro ini tampil di sejumlah iklan produk ternama dari sampo hingga kaus.

Akun Instagram @happymemories85 beberapa waktu lalu mengunggah foto masa muda Bianca Adinegoro saat tampil di iklan kaus. Dengan rambut berombak yang tergerai, ia memesona khalayak.


3. Jadi Siti Nurbaya Modern

Bianca Adinegoro. (Foto: YouTube Aquarius Musikindo)
Bianca Adinegoro. (Foto: YouTube Aquarius Musikindo)

Bianca Adinegoro ramai dibahas saat jadi model video klip Dewa 19, “Cukup Siti Nurbaya.” Dalam video klip itu, ia pergi dari rumah dan merasakan kerasnya jalanan Ibu Kota.

Sebagai Siti Nurbaya modern, Bianca Adinegoro naik angkot, digoda pria, serta menjadi saksi pencopetan dalam bus. Disajikan dalam format warna dan hitam putih, “Cukup Siti Nurbaya” salah satu video klip terbaik pada tahunnya.


4. Perankan Penderita HIV/AIDS

Bianca Adinegoro. (Foto: YouTube Aquarius Musikindo)
Bianca Adinegoro. (Foto: YouTube Aquarius Musikindo)

Dan inilah gongnya. Bianca Adinegoro dipercaya menjadi model video klip “Usah Kau Lara Sendiri” milik Katon Bagaskara dan Ruth Sahanaya. Lagu ini dirilis untuk mematahkan stigma ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) yang beredar di masyarakat.

Memerankan ODHA, Bianca Adinegoro mengekspresikan kesakitan, tekanan batin, dan kesepian dengan apik. Jadilah ia model video klip terbaik tahun itu versi Video Musik Indonesia.


5. Lina dalam Kuldesak

Poster film Kuldesak. (Foto: IMDb/ Miles Films)
Poster film Kuldesak. (Foto: IMDb/ Miles Films)

Wajah Bianca Adinegoro menghiasi poster film Kuldesak, berdampingan dengan almarhum Ryan Hidayat, Aksan Sjuman, dan Oppie Andaresta. Dalam Kuldesak, ia memerankan Lina.

Kuldesak adalah proyek film yang digarap Mira Lesmana, Rizal Mantovani, Nan T. Achnas dan Riri Riza. Inilah cikal bakal bangkitnya film Indonesia dan lahirnya sineas generasi baru. Setahun setelahnya, Jelangkung dan Petualangan Sherina menggemparkan bioskop.


6. Istri Seorang Duta Besar

Bianca Adinegoro istri Muhammad Lutfi (Sumber: Instagram/bianca.alinda)
Bianca Adinegoro istri Muhammad Lutfi (Sumber: Instagram/bianca.alinda)

Bianca Adinegoro absen dari layar kaca dan layar lebar setelah menikah dengan Muhammad Lutfi yang kemudian menjabat Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia.

September 2020, suami Bianca Adinegoro dipercaya menjadi Duta Besar Indonesia untuk AS. Siapa sangka, Muhammad Lutfi dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya