3 Master Chef jadi Juri Lomba Koki Kampung, Angkat Juru Masak Kampung Bangkit Dan Berkembang

Lomba Koki Kampung mendapatkan dukungan dari Anies Baswedan

oleh Aditia Saputra diperbarui 01 Apr 2022, 20:02 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2022, 09:40 WIB
Anies Baswedan menghadiri acara lomba Koki Kampung di kawasan Condet, Jakarta Timur
Anies Baswedan menghadiri acara lomba Koki Kampung di kawasan Condet, Jakarta Timur

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah master Chef yang terdiri dari Fajar Alam, Siska dan Trendy Wijaya menjadi juri dalam acara lomba Koki Kampung. Lomba memasak dengan moto “Anak Kampung Juga Bisa Masak” ini, selain dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, juga untuk melestarikan budaya, khususnya budaya Betawi.

"Karena temanya masakan legendaris Betawi, jadi kami selaku Juri dan para peserta nanti wajib memakai pakaian Betawi disaat lomba," ujar Fajar Alam Setiabudi saat ditemui di Balai Condet/Gedung Kesenian Condet, Jalan Balai Rakyat No.88 RT 5/ RW 5 Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, Kamis (31/3/2022).

Lomba ini diselenggarakan selama 3 hari yakni tanggal 28, 29 dan 31 Maret 2022 ini. Lomba memasak ini akan memperebutkan sejumlah hadiah menarik, antara lain booth usaha serta peralatan memasak yang sesuai standar dalam memasak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dihadiri Anies Baswedan

Anies Baswedan menghadiri acara lomba Koki Kampung di kawasan Condet, Jakarta Timur
Anies Baswedan menghadiri acara lomba Koki Kampung di kawasan Condet, Jakarta Timur

Lomba memasak ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kadis Budaya DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, Lurah Balekambang Herman Triono.SE, dan masih ada tokoh lainnya.

Dalam kesempatan sambutannya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, "Masakan adalah sebuah produk yang punya potensi besar dan sangat mudah masuk ke berbagai negara untuk dikembangkan dan dipasarkan," ujar Anies.

Anies berharap, Koki kampung ini bukan hanya sekadar lomba yang hanya mencari juara. Namun tentunya dapat membawa karya budaya ke jenjang global. Dan Jakarta merupakan pintu gerbangnya Indonesia ke dataran global. Diharapkan gagasan ini dijalankan agar dapat mengangkat budaya asli Jakarta atau Betawi terutama bidang kuliner.

 


Konsep

Master Chef  Fajar Alam, Siska dan Trendy Wijaya
Master Chef Fajar Alam, Siska dan Trendy Wijaya

Adapun konsep Koki Kampung yang diusung Fajar Alam yakni membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru. Disini Fajar Alam juga melibatkan UMKM agar bisa bangkit dan berkembang.

Karena itulah, event lomba memasak Koki Kampung (Lomba Memasak Antar Kampung) yang digagas Fajar Alam ini diharapkan menjadi cikal bakal masyarakat yang mahir memasak, bisa menekuni hobi memasak mereka secara serius dan profesional.

 


Sosok Foodie Konten Kreator Fajar Alam Setiabudi

Nama Fajar Alam Setiabudi bukanlah nama baru dalam blantika kuliner tanah air. Fajar Alam sempat mencuat namanya pada tahun 2015 ketika ia meluncurkan buku fenomenalnya yang berjudul "7 Resep Rahasia Bisnis Kuliner". Selain itu, Fajar Alam juga pernah mengikuti acara Master Chef yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta nasional.

Fajar Alam sukses menyita perhatian publik karena berhasil membuat kuliner Lele Crispy yang akhirnya olahan makanan itu menjadi bisnis waralaba.

Fajar Alam merintis usaha Restoran Lele Crispy pada tahun 2010. Restoran tersebut telah banyak memiliki cabang dengan sistem kemitraan.

Soal hobi memasak, Fajar Alam mengaku memang sudah sejak duduk di bangku sekolah dasar suka dalam memasak. Di usia yang masih anak-anak, dia sudah bisa masak nasi goreng.

Bertambah usia membuat Fajar Alam makin banyak memiliki kemampuan dalam memasak beragam olahan makanan. Karena itu, ketika masih duduk di SD, ia sudah punya cita-cita ingin punya restoran sendiri.

Tekad bulat inilah yang membuat Fajar selepas SMA mantap untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Perhotelan Trisakti. Setelah lulus, ia kemudian bekerja di sebuah majalah kuliner. Setelah sekian lama bekerja di majalah itulah keinginannya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya