Taqy Malik Tegaskan Tak Kenal Reza Paten, Baru Tahu Saat Ikut Lelang Sepeda Rp 777 Juta

Taqy Malik baru mengenal Reza semenjak ia melakukan lelang sepeda. Kebetulan Reza Paten lah yang menjadi pemenangnya.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 11 Nov 2022, 09:15 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2022, 09:15 WIB
Taqy Malik dan Reza Paten
Taqy Malik dan Reza Paten

Liputan6.com, Jakarta Taqy Malik telah memenuhi panggilan Bareskrim Polri pada Kamis (10/11/2022). Kedatangan Taqy Malik ini terkait dengan kasus dugaan investasi bodong robot trading Net89 yang turut menyeret namanya.

Taqy Malik memberikan keterangan kepada penyidik terkait aliran dana yang ia terima dari Net89 melalui pendirinya, Reza Paten. Taqy Malik menyatakan bahwa dirinya mendapat uang itu adalah dari hasil lelang sepeda Brompton seharga Rp. 777 juta.

"Dalam hal ini, saya sebagai warga negara yang baik, kooperatif. Saya memenuhi surat panggilan dari Bareskrim yang memang kita harus menjelaskan secara detail gamblang," kata Taqy Malik usai pemeriksaan.

"Uang yang kita dapatkan dari mas Reza Paten adalah uang lelang sepeda yang memang kita peruntukkan untuk bangun masjid," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapapun Boleh Ikut Lelang

Taqy Malik dan Reza Paten
Taqy Malik dan Reza Paten

Sementara itu terkait hubungannya dengan Reza Paten, Taqy Malik menegaskan bahwa ia tak mengenal sosok pendiri Net89 itu sebelumnya. Taqy Malik baru mengenal Reza semenjak ia melakukan lelang sepeda. Kebetulan Reza Paten lah yang menjadi pemenangnya.

"Enggak tau sama sekali. Saya kenal pun baru pertama kali ketika dia nge-bid. Saya supportif, bid itu terbuka siapapun, boleh nge-bid. Mau dia masyarakat biasa, mau dia pejabat artis siapapun boleh. Saya katakan, siapa yang menang tertinggi ngebid, telah ditentukan waktunya maka dia yang menang. Waktu itu yang menang, yang tertinggi adalah Mas Reza Paten," tambahnya.

 


Pelajaran

Taqy Malik
Taqy Malik [foto: instagram/taqy_malik]

Terlepas dari itu, Taqy Malik mengaku mendapat pelajaran berharga. Ke depannya, ia tentu harus lebih selektif lagi dalam menentukan sikap terlebih berkaitan dengan uang yang tidak sedikit.

"Pembelajaran ke depannya, intinya kita harus lebih hati-hati, lebih jeli lagi dan lebih melihat konsekuensi ke depan apa," tutupnya.

 


Tersangka

Taqy Malik dan Reza Paten
Taqy Malik dan Reza Paten

Sebelumnya, Polisi telah menetapkan Reza Paten bersama delapan tersangka lainnya dalam perkara yang diperkirakan merugikan 300 ribu member senilai Rp2,7 triliun terkait dengan penipuan berkedok robot trading Net89. Tersangka lainnya, adalah, AA, pendiri atau pemilik Net89, LSH, Direktur Net89, ESI, member dan exchanger Net89, LS, sub exchanger Net89, AL, sub exchanger Net89, HS, sub exchanger Net89, FI, sub exchanger Net89, dan D, sub exchanger Net89.

Adapun dalam kasus ini, mereka dijerat dengan pasal 69 ayat (1) Undang- Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Tindak Pidana Transfer Dana dan/atau Pasal 46 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 198 tentang Perbankan dan/atau Pasal 8 dan/atau Pasal 9 Jo Pasal 62 ayat (1) dan/atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Selain itu, Pasal tersangkaan juga dilapis dengan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) jo Pasal 55 KUHP jo Pasal 56 KUHP jo Pasal 64 KUHP jo Pasal 65 KUHP.

Infografis Modus Robot Trading Net89, Sudah Ada 8 Tersangka Kasus Investasi Bodong
Infografis Modus Robot Trading Net89, Sudah Ada 8 Tersangka Kasus Investasi Bodong (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya