Argentina Berpeluang jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Deretan Hal yang Menguntungkan Negeri Tango hingga Didukung Israel

Ada banyak faktor yang menguntungkan Argentina untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 31 Mar 2023, 14:49 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2023, 14:49 WIB
Bendera Argentina dikibarkan di tengah pusat ibu kota Buenos Aires (AP/Enric Matia)
Bendera Argentina dikibarkan di tengah pusat ibu kota Buenos Aires (AP/Enric Matia)

Liputan6.com, Jakarta Argentina kini tengah menjadi sorotan setelah disebut-sebut memiliki peluang besar menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Terlebih, proses drawing alias pengundian Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar di Gedung Ksirarnawa, Bali pada hari ini (31/3/2023) telah dibatalkan.

Salah satu alasan dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah, salah satunya terkait penolakan kedatangan timnas Israel dari beberapa pihak yang didukung sejumlah pejabat, termasuk Gubernur Bali I Wayan Koster. Dukungan itu merembet ke banyak hal, hingga FIFA mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah.

Sewaktu Indonesia sudah diisukan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tiga negara yaitu Argentina, Peru, dan Qatar, disebut-sebut bakal menjadi penggantinya. Hingga akhirnya, dukungan mengalir ke Argentina, terutama dari Israel yang memuji fasilitas di Negeri Tango itu.

Bila ditelusuri lebih jauh, ternyata ada banyak faktor yang menguntungkan Argentina untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia. Lalu apa sajakah itu? Berikut deretannya.


1. Peru Sudah jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Ilustrasi bendera Peru (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Peru (AFP Photo)

Menelusuri lebih mendalam tentang Peru, rupanya negara yang juga satu rumpun dengan Argentina itu sudah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Selain itu, Peru juga dianggap oleh banyak pihak belum memadai dalam hal fasilitas stadion untuk kelas Piala Dunia U-20.


2. Qatar Baru Saja Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Selebrasi Pemain Argentina Usai Juara Piala Dunia 2022
Pemain Argentina Lionel Messi mengangkat trofi juara di depan para penggemar usai mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 3 -3. (AP Photo/Martin Meissner)

Sementara itu bila kita menengok ke Qatar, Negara Asia di wilayah Timur Tengah ini baru saja menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023.

Ajang yang digelar tahun lalu itu, tentu membuat peluang Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 makin kecil. Ditambah lagi, diketahui Qatar memiliki hubungan kurang baik dengan Israel.


3. Infrastruktur Argentina Sudah Terbukti Layak jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Jelang Final Piala Dunia 2022, Suporter Argentina Berkumpul di Monumen Obelisk
Tugu Obelisk diterangi dengan pesan yang berbunyi dalam bahasa Spanyol: "Kami berada di final," Argentina sehari menjelang final Piala Dunia 2022, di Buenos Aires, Argentina, Sabtu, 17 Desember 2022. Argentina akan melawan Prancis pada babak final di Stadion Lusail Iconic, Minggu (18/12). (AP Photo/Rodrigo Abd)

Selain itu, infrastruktur Argentina untuk menggelar ajang Piala Dunia U-20 2023 juga dianggap layak. Bahkan Argentina sudah terbukti sukses saat menggelar Copa America 2011.

Selain itu, Argentina juga pernah menggelar Piala Dunia U-20 pada 2001 silam.

 


4. Posisi Kosong sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Foto: Reaksi Kecewa Para Pemain, Staf Pelatih, dan Official Timnas Indonesia setelah Batal Main di Piala Dunia U-20 2023
Reaksi kecewa pemain Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka (tengah kiri) bersama rekan-rekannya setelah FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/03/2023) malam WIB. (Dok. PSSI)

Argentina diketahui gagal lolos ke ajang Piala Dunia U-20 2023 setelah menjalani kualifikasi zona Conmebol.

Lantaran Indonesia dibatalkan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, maka posisi kosong tersebut bisa diisi oleh Argentina.


5. Argentina Sudah Optimis Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Sejak Awal

Lautan Manusia di Buenos Aires Rayakan Kemenangan Argentina pada Piala Dunia 2022
Suporter turun ke Obelisk untuk merayakan kemenangan timnas sepak bola Argentina atas Prancis pada pertandingan final Piala Dunia Qatar 2022 di Buenos Aires, Argentina, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam drama adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang dengan skor 3-3. (AP Photo/Rodrigo Abd)

Sejak awal, Argentina sudah optimis bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Bahkan, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah ketika Indonesia masih belum resmi dibatalkan.

Melansir berbagai sumber, AFA tertarik maju sebagai tuan rumah karena terkait visi menuju 2030. Argentina punya ambisi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Infografis FIFA Kawal Transformasi Sepak Bola Nasional Usai Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis FIFA Kawal Transformasi Sepak Bola Nasional Usai Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya