Presiden Jokowi Semringah Kenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng, Pimpin Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana

Presiden Jokowi atau Joko Widodo sempat tebak-tebakan soal baju adat yang akan ia kenakan.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 17 Agu 2023, 10:32 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 10:32 WIB
Presiden Joko Widodo. (Instagram/ jokowi)
Presiden Joko Widodo. (Instagram/ jokowi)

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi tradisi tahunan, Presiden Jokowi atau Joko Widodo memimpin jalannya upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara dengan mengenakan baju tradisional. Kali ini yang menjadi pilihan adalah busana dari kampung halamannya, Surakarta.

Hal ini diungkap dalam unggahan Instagram sang Presiden, Kamis (17/8/2023). Dalam fotonya Presiden Joko Widodo terlihat tersenyum semringah,

“Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Kepresidenan hari ini. Saya mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta,” tulisnya di kolom caption.

Hal serupa juga diunggah dalam akun Instagram resmi Sekretariat Kabinet.

Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/Masyarakat,” begitu isi caption dalam unggahan @ sekretariat.kabinet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Tebak-tebakan

Unggahan Presiden Joko Widodo. (Instagram/ jokowi)
Unggahan Presiden Joko Widodo. (Instagram/ jokowi)

Sekitar 24 jam sebelum pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi, Presiden Jokowi sempat main tebak-tebakan soal pakaian daerah mana yang akan ia kenakan.

Ia juga bernostalgia dengan pakaian daerah yang ia kenakan tahun lalu.

Sang Presiden menulis, “Oh ya, setahun lalu, saya menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI dengan baju Dolomani dari Sulawesi Tenggara. Ayo tebak, besok saya akan mengenakan busana daerah mana?”


Sebelumnya Kenakan Baju Adat Tanimbar

Jokowi Hadiri Sidang Tahunan Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersama Ibu Negara Iriana melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). Jokowi mengenakan baju adat Tanimbar, Maluku. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara pada 16 Agustus kemarin, dalam pidato kenegaraan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Presiden Jokowi tampil dengan busana tradisional dari dari Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Sementara itu Ibu Iriana mengenakan kebaya kuning yang cerah.


Rangkaian Kegiatan Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Dilansir dari kanal News Liputan6.com, rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka dimulai pukul 08.30 WIB. Acara dimulai dengan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.

Kemudian, pertunjukan kesenian di halaman Istana Merdeka pada pukul 09.00 WIB. Adapun upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya