Marshanda Sembuh Dari Tumor Payudara, Anggap Sebagai Keajaiban Yang Nyata

Marshanda sempat mengumumkan kondisi kesehatannya yang mengidap tumor payudara.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 30 Sep 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023, 13:00 WIB
Marshanda
Andriani Marshanda (Instagram/marshanda99)

Liputan6.com, Jakarta - Marshanda sempat mengumumkan kondisi kesehatannya yang mengidap tumor payudara. Ia pun mengaku menderita penyakit itu sejak 1,5 tahun yang lalu.

Marshanda mengatakan, tumor payudara yang bersarang di tubuhnya didiagnosis tipe 4B, yang artinya ganas. Diakui Marshanda, tumor ini berbeda dengan yang pernah dialami sebelumnya.

"Kan kemarin aku sempat umumkan bahwa aku 1,5 tahun lalu ada tumor payudara, dan yang terbaru dicurigai ganas. Namanya tipe 4B, itu istilah medis artinya ganas," ujar Marshanda di Kawasan Kunigan, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2023).

"Yang operasi tuh tumor yang pertama. Tapi yang cenderung ganas aku nggak pakai operasi sama sekali," Marshanda membeberkan soal diagnosa tumor payudara yang menyerangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alami Keajaiban

Potret Marshanda Tampil Apa Adanya Tanpa Makeup, Tuai Pujian
Senyuman Masrshanda terlihat semakin manis dan memesona. Tak hanya itu, tidak sedikit orang yang memuji jika Marshanda tetap cantik dari kecil hingga kini sudah menjadi seorang ibu satu anak. (Liputan6.com/IG/@marshanda99)

Marshanda mengaku mengalami keajaiban pada kesehatannya. Tumor ganas yang semula bersarang di tubuhnya mendadak hilang dengan sendirinya. Bahkan, dokter merasa heran saat memeriksa kondisi Marshanda.

"Alhamdulillah, ini keajaiban yang nyata, bukan keajaiban yang tidak nyata. Belum seminggu lalu aku USG, dokternya sampai heran, 'kok ini, tunggu aku ulang lagi ya area yang kamu bilang ada tumor'. Sebelumnya ada kok di fotonya disitu, hilang," ungkapnya.

 


Jalani Observasi

Marshanda.
Marshanda minta quiet time kepada anak untuk mengatasi gangguan bipolar. (Foto: Instagram @marshanda99)

Saat ini, Marshanda masih harus menjalani observasi guna memastikan tumor di tubuhnya benar-benar hilang. Setiap 6 bulan sekali ia rutin memeriksakan kondisinya ke dokter.

"Alhamdulillah banget sembuh dan aku tinggal harus observasi dan evaluasi setiap 6 bulan sekali cek," kata Marshanda.

 


Coba Berbagai Macam Pengobatan

Marshanda
Setelah bercerai dengan Ben Kasyafani, Marshanda memutuskan untuk melepas hijab. Kini rambutnya pun nampak panjang yang sesekali distyling seperti gaya rambut keritingnya. (@marshanda99)

Dalam proses penyembuhannya, Marshanda mengaku mencoba berbagai jenis pengobatan. Baik secara medis maupun herbal.

"Jadi aku coba berbagai macam penyembuhan dari dokter tradisional dan memang momennya USG setelah penyembuhan yang tradisional. Semuanya aku coba, termasuk alternatif. Tapi setelah tradisional ini alhamdulillah sembuh," aku Marshanda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya