William Wongso Menyambut World Vegetarian Day dengan Ajak Para Penyantap Sayuran Tetap Hidup Sehat Sambil Makan Enak

Ikon Kuliner Nusantara William Wongso pun digandeng untuk cooking demo yang diadakan di Jakarta pada 8-10 September 2023.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 30 Sep 2023, 21:56 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023, 05:50 WIB
William Wongso
William Wongso sambut World Vegetarian Day di Jakarta pada 8-10 September 2023. (Dok. IST)

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memberikan dukungan kepada para vegetarian, sekaligus menyambut World Vegetarian Day yang diperingati tiap tanggal 1 Oktober, diadakan cooking demo bertema hidangan vegetarian yang didukung brand krimer serbaguna dan salah satu supermarket terkemuka.

Selain mengenalkan vegetarianisme, acara ini juga menunjukkan bahwa makanan vegetarian bisa dibuat beragam sekaligus enak. Ikon Kuliner Nusantara William Wongso pun digandeng untuk cooking demo yang diadakan di Hero Mall Taman Anggrek, Jakarta pada 8-10 September 2023.

Sepanjang acara ini, William Wongso yang akrab disapa Om Will mendemonstrasikan resep Soto Betawi Vegetarian dan Mungbean Pudding atau puding kacang hijau yang dibuat tanpa susu.

Meski tanpa susu, hidangan yang dibuat William tetap memiliki rasa yang lezat dan creamy. Mengenai hal itu, William Wongso memiliki rahasia tersendiri. Rupanya krimer serbaguna yang mendukung acara ini menjadi faktor penentunya.

 


Aman untuk Diet Vegetarian dan Bisa Jadi Pengganti Susu

World Vegetarian Day
World Vegetarian Day di Jakarta pada 8-10 September 2023. (Dok. IST)

“FiberCreme ini terbuat dari bahan-bahan nabati, jadi bebas laktosa sehingga aman untuk diet vegetarian,” kata William Wongso tentang penggunaan krimer serbaguna tersebut bagi vegetarian.

“Yang bosan menu vegetarian itu-itu saja, ingin mencoba masakan bercita rasa creamy, atau ingin coba menu ramah vegetarian lainnya, bisa gunakan FiberCreme ini sebagai pengganti susu,” tambahnya.

 


Bahan-bahan Nabati yang Kaya Serat Pangan Oligosakarida

World Vegetarian Day
World Vegetarian Day di Jakarta pada 8-10 September 2023. (Dok. IST)

“Dibuat dari bahan-bahan nabati, termasuk saripati singkong yang kaya akan serat pangan oligosakarida, FiberCreme merupakan pengganti susu dan santan yang bebas laktosa, mengandung 0mg kolesterol, dan baik untuk pencernaan,” ungkap nutritionist FiberCreme, Priscillia Zefanya.

Bahan pangan tersebut bisa digunakan sebagai campuran dalam bermacam-macam hidangan khas Indonesia maupun Nusantara, baik makanan, minuman, maupun kue-kue manis.

Penggunaannya pun sangat mudah, karena bisa langsung dituangkan ke masakan yang hangat atau panas, maupun dilarutkan dulu dalam air hangat untuk dicampur ke hidangan bersuhu dingin.

 


Kesadaran Hidup Sehat dan Naiknya Angka Vegetarian

Makin tingginya kesadaran hidup sehat berimbas terhadap naiknya angka vegetarian. Dengan tidak lagi mengonsumsi daging dan produk hewani serta mengonsumsi makanan berbahan dasar tanaman, vegetarianisme dianggap lebih sehat dan bisa membantu meraih berat badan ideal.

Hingga saat ini, data dari Indonesian Vegetarian Society menyebutkan bahwa di Indonesia ada lebih dari 2 juta orang yang menjalankan prinsip hidup vegetarian. Selain mengurangi risiko penyakit berbahaya dan menurunkan berat badan, alasan lain di balik vegetarianisme berhubungan dengan agama, penghematan biaya, dan pengalaman pribadi.

Ada banyak manfaat yang sudah dirasakan para pelaku gaya hidup vegetarian. Berdasarkan riset berjudul Exploring the Vegetarian Trends in Indonesia oleh Jakpat, manfaat-manfaat tersebut termasuk berat badan yang terjaga, peningkatan metabolisme tubuh, perbaikan suasana hati atau mood, jam tidur yang lebih baik, kulit lebih cerah, dan penurunan berat badan.

Namun menjalankan pola hidup vegetarian bukan hal yang mudah. Walaupun makanan berbasis tumbuhan tergolong mudah diakses, banyak pelaku vegetarian yang kesulitan menemukan restoran atau tempat makan ramah vegetarian. Kalaupun ada, makanan vegetarian kebanyakan ditawarkan dengan harga lebih mahal daripada non-vegetarian.

Tantangan lain untuk vegetarian adalah pilihan makanan yang terbatas, sehingga mereka mudah merasa bosan mengonsumsi jenis makanan yang sama terus menerus.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya