Michael Caine bintang The Dark Knight Umumkan Pensiun dari Dunia Akting

Michael Caine menyebut di usia senjanya ia mendapat peran yang itu-itu saja.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 16 Okt 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2023, 08:00 WIB
Michael Caine dalam The Dark Knight Rises.
Michael Caine dalam The Dark Knight Rises.(Warner Bros via IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Film The Great Escaper yang beberapa waktu lalu rilis di Inggris, menjadi penutup akting Michael Caine. Aktor veteran ini mengumumkan ia pensiun dari dunia akting setelah membintangi film arahan Oliver Parker tersebut.

“Aku selalu bilang akan pensiun. Dan ya, aku sekarang pensiun,” tutur aktor 90 tahun ini dalam podcast Best of Today dari BBC, dilansir dari CNN, Minggu (15/10/2023).

Pemeran Alfred di The Dark Knight ini menyebutkan, bahwa di usia senjanya, ia hanya mendapat peran yang itu-itu saja. “Aku sudah memainkan karakter bintang utama dan mendapat review yang sangat bagus. Peran yang kudapatkan sekarang hanya pria tua—pria umur 90 tahun atau mungkin 85 tahun—dan kurasa mungkin aku akan meninggalkan semuanya dengan ini,” kata dia.

Ia menambahkan, “Aku sudah mendapat review yang hebat. Apa lagi yang akan kulakkukan untuk mengalahkan pencapaian ini?”

Michael Caine sendiri merasa bahagia dan lega bisa menutup karier aktingnya dengan film The Great Escaper. Ia beradu akting dengan mendiang aktris Glenda Jackson yang meninggal dunia pada 15 Juni 2023.

“Kami melalui waktu yang menyenangkan dalam film ini, dan aku berpikir, kenapa tidak meninggalkan semuanya sekarang?” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Terakhirnya Jadi Lansia yang Kabur

Dalam The Great Escaper sendiri Michael Caine memerankan Bernard Jordan. Ia adalah pria 90 tahun yang kabur dari rumah lansia demi menghadiri D-Day Landing atau Hari Pendaratan Normandia di Prancis yang ke-70.

Aktingnya dalam film ini dipuji sang sutradara, Oliver Parker. “Michael memiliki kemampuan untuk mengubah penampilannya menjadi hal yang lain,” kata sang sutradara, yang menyebut Michael Caine memiliki karisma jempolan.

 


Dari Aktor Teater

Michael Caine memiliki rentang perjalanan karier yang sangat panjang. CNN mencatat ia terjun sebagai aktor teater pada awal tahun 1950-an, dan debut tampil di film pada 1956. Ada fakta menarik soal nama yang kini ia gunakan. Pria asal Inggris ini punya nama asli Maurice Joseph Micklewhite. Ia kemudian mengubahnya secara legal dengan nama akhir Caine, dari film tahun 1954 The Caine Mutiny.


Pencapaian Sepanjang Karier

Sepanjang kariernya, Michael Caine telah meraih dua Piala Oscar dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam Hannah and Her Sisters (1986) dan The Cider House Rules (1999). Selain itu, ia juga masuk empat nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Pada 1992 ia diberikan gelar Commander of the Order of the British Empire (CBE) dan mendapat titel Sir dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2000.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya