Umi Pipik Sikapi Soal Jenazah Suami Jennifer Copen, Dali Wassink yang Dikremasi

Umi Pipik percaya Jennifer Copen memahami tentang tara cara mengurus jenazah di dalam Islam.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 26 Jul 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 13:30 WIB
Umi Pipik
Umi Pipik yang lagi dirawat intensif di rumah sakit masih sempat menyumbang mobil ambulans untuk Palestina atas nama Majelis Taklim Fatimah Azzahra. (Foto: Dok. Instagram @_ummi_pipik_)

Liputan6.com, Jakarta Umi Pipik menyikapi jenazah Dali Wassink, suami Jennifer Copen, yang dikremasi. Padahal mendiang diketahui beragama Islam, setelah sempat mualaf sebelum menikahi Jennifer pada 2023 lalu. 

Umi Pipik mengatakan, hal itu tidak dibenarkan dalam ajaran Islam. Sebab, Islam memiliki tata cara mengurus jenazah. Mulai dari  dimandikan, dikafani, disalatkan hingga dimasukkan ke dalam kubur.

"Itu kan memang dalam Islam kan, memang tidak boleh, ya ada hukumnya," ujar Umi Pipik di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2024).

"Maksudnya dalam Islam memang harus dimakamkan ya, dikafani, dimandikan, disalatkan, dimasukkan dalam kubur," Umi Pipik menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbaik Sangka

Umi Pipik. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)
Umi Pipik. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Umi Pipik percaya Jennifer memahami tentang tara cara mengurus jenazah di dalam Islam. Ia berusaha berbaik sangka, hidup di lingkungan keluarga non Muslim dari pihak Dali, membuat Jennifer tak bisa berbuat apa-apa. 

"Saya baik sangkanya begini, saya melihat bahwa mereka pasangan muda, tahu lah pasti Islam harus dimakamkan. Tapi kan di sini kita tahu mereka hidup di lingkungan yang keluarga Dali, itu bukan Muslim, non muslim. Mungkin di satu sisi Jennifer tidak punya usaha mengungkapkan, akhirnya ya sudah itu, lebih diserahkan ke keluarga," urai Umi Pipik.

 


Tempat Terbaik

Umi Pipik
Umi Pipik menulis surat untuk almarhum ustaz Jefri Al Buchori setelah Adiba Khanza dinikahi Egy Maulana Vikri. Ia mengaku telah menjalankan amanah suami. (Foto: Dok. Instagram @_ummi_pipik_)

Umi Pipik meyakini Tuhan mengetahui keadaan setiap hamba-Nya. Umi Pipik hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk almarhum Dali, agar mendapatkan tempat terbaik di Sisi Tuhan Yang Maha Esa. 

"Allah Maha Pengasih dan Penyayang, yang tahu keadaan hambanya ya jadi saya berpikirnya yang meninggal doakan saja," ucap Umi Pipik.

 


Rasa Penasaran

Sebelumnya di momen melarung abu, Jennifer Coppen diketahui sudah menjawab rasa penasaran publik tentang jenazah Dali Wassink yang dikremasi. 

“Banyak juga yang tanya kenapa Papa Dali dikremasi. Aku mau minta kalian hargai saja soal keputusan keluarga dan itu memang permintaan Papa Dali. Memang papa Dali mualaf, Papa Dali baru belajar agama Islam, dan dia belajar kok guys,” terang Jennifer Coppen.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya