Rizal Mantovani Kenang Syuting Film Adagium di Ekrafest 2024, Akui Action Salah Satu Genre Impian

Sutradara Rizal Mantovani dan produser Irving Artemas menghadiri Ekrafest 2024 di Gedung Sarinah Jakarta, pekan ini. Mereka membahas film Adagium.

oleh Wayan Diananto diperbarui 27 Okt 2024, 23:14 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 16:30 WIB
Rizal Mantovani
Sutradara Rizal Mantovani dan produser Irving Artemas menghadiri Ekrafest 2024 di Gedung Sarinah Jakarta, pekan ini. Mereka membahas film Adagium. (Foto: Dok. Instagram @rizalmantovani)

Liputan6.com, Jakarta Sutradara papan atas Rizal Mantovani dan produser Irving Artemas menghadiri gelar wicara di ajang Ekrafest 2024 yang digelar di Gedung Sarinah Jakarta Pusat, pekan ini. Keduanya membahas film Adagium.

Film Adagium yang dibintangi Jihane Almira, Angga Asyafriena, dan Pangeran Lantang syuting pada 2022 serta menyapa bioskop tahun lalu. Kini, Adagium siap tayang di platform streaming dalam waktu dekat. Adagium bergenre action.

Naskahnya digarap Rizal Mantovani, NR Liana, dan Titien Wattimena. Kepada Showbiz Liputan6.com, sutradara film Jelangkung dan Kuntilanak mengakui, Adagium adalah mimpi yang akhirnya jadi kenyataan.

Action salah satu genre yang dari dulu enggak kesampaian karena butuh cerita yang bagus. Akhirnya diajak memproduksi Adagium, ceritanya keren, mengenai cinta negara atau bela negara,” Rizal Mantovani membeberkan.

 

Komponen Cadangan Alias Komcad

Poster film Adagium. (Foto: Dok. Brainstorminc Enterteimen Indonesia)
Poster film Adagium. (Foto: Dok. Brainstorminc Enterteimen Indonesia)

Salah satu karakternya memiliki latar belakang militer karena jadi personel Komponen Cadangan alias Komcad. Rupanya, syuting Adagium didukung TNI hingga Kementerian Pertahanan RI.

“Bersyukur kami didukung TNI, Kementerian Pertahanan, dan semua aparat. Itu memudahkan kami dalam bekerja dan menyampaikan cerita. Dari pihak TNI dan prajurit, senjata, termasuk mobil serta propertinya semua dari TNI,” imbuhnya.

“Kalau memperhatikan trailer, di situ ada adegan di ballroom. Itu mereka bilang, ‘Silakan gunakan ini, kami juga ingin memasyarakatkan cyber room.’ Itu yang di trailer, memang cyber room asli,” Rizal Mantovani menambahkan.

Masih segar dalam ingatan Irving Artemas, syuting di ruang siber punya sejumlah aturan yang mesti dipatuhi. Salah satunya, tak boleh bawa kamera lain selain yang dipakai syuting. Kolaborasi ini memungkinkan syuting Adagium selama 30 hari lancar.

 

80 Persen Prajurit Benaran

Rizal Mantovani
Rizal Mantovani kala menghadiri gelar wicara Ekrafest 2024 di Gedung Sarinah Jakarta, pada 24 dan 25 Oktober 2024. (Foto: Dok. Istimewa)

Ponsel pemain dan kru pun tidak boleh masuk ke ruangan tersebut selama syuting. Terkait prajurit yang terlibat, Irving Artemas menjelaskan, “Sekitar 80 persen prajurit benaran.”

Dalam sesi gelar wicara berikutnya, rumah produksi Anak Bangsa Pictures memperkenalkan film anyar Makelar Doa, bergenre drama komedi, mengangkat cerita masalah sosial yang terjadi di Indonesia.

“Bukan komedi konyol. Kami coba mengemas cerita tentang masalah sosial yang ada di Indonesia dengan bumbu komedi menyegarkan,” kata produser Harry Pole, seraya menjanjikan Makelar Doa tayang tahun depan.

 

Rayakan Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Rizal Mantovani
Rizal Mantovani kala menghadiri gelar wicara Ekrafest 2024 di Gedung Sarinah Jakarta, pada 24 dan 25 Oktober 2024. (Foto: Dok. Istimewa)

Sebagai informasi, Ekrafest 2024 digelar dua hari oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) untuk merayakan Hari Ekonomi Kreatif Nasional yang jatuh pada 24 Oktober 2024.

Acara ini bagian dari Perayaan Hari Ekonomi Kreatif Nasional yang ditetapkan Pemerintah sesuai Kepmen nomor SK/98/UM.02.00/MK/2023. Ekrafest 2024 dimeriahkan dengan gelar wicara inspiratif hingga pertunjukan musik.

Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional, Sandiaga Uno menyebut Hari Ekonomi Kreatif Nasional momen penting dalam perjalanan ekonomi kreatif sebagai motor penggerak ekonomi masa depan Indonesia.

“Hari Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia bukan sekadar slogan, tapi komitmen bersama untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi di tengah masyarakat Indonesia,” Sandiaga Uno mengingatkan.

Sementara itu lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Sabtu (26/10/2024), Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, bersyukur Ekrafest 2024 digelar di Gedung Sarinah, salah satu spot bersejarah di Jakarta.

“Sarinah salah satu retail yang mendukung ekonomi kreatif secara luar biasa sejak awal berdiri. Mudah-mudahan ini jadi tonggak sejarah nasional serta legacy kami bersama para pelaku ekraf sekaligus lebarannya pelaku ekraf di Indonesia,” terangnya.

infografis perfilman indonesia
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya