Andaikan Darth Vader dan The Terminator Saling Bertempur

Siapakah yang bakal memenangkan pertarungan jika Darth Vader dan Terminator diadu?

oleh Rully Riantrisnanto diperbarui 11 Nov 2013, 15:40 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2013, 15:40 WIB
darth-vader-terminator-131111b.jpg
Fans film fiksi ilmiah pastinya mengenal dua karakter penjahat utama di film-film legendaris dengan setting berbeda ini. Kedua judul klasik yang tak terlupakan itu adalah Star Wars dan The Terminator.

Star Wars menyajikan sebuah tokoh yang terlihat cukup kejam, yaitu Darth Vader. Karakter ini merupakan salah satu petinggi Galactic Empire sekaligus seorang Jedi yang berubah menjadi jahat. Ia bahkan tega membunuh gurunya sendiri, Obi-Wan Kenobi.

The Terminator memunculkan sesosok karakter yang mengerikan, yaitu cyborg yang dibuat khusus untuk membunuh calon pejuang wanita bernama Sarah Connor di masa lalu. Sosoknya di film pertama bisa dibilang cukup mengerikan.

Dari kedua karakter ini, masing-masing memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Darth Vader unggul dalam hal kekuatan dari dalam diri, sedangkan Terminator memiliki teknologi yang sangat canggih.

Di masing-masing film, keduanya kalah oleh tokoh utama. Namun, aksinya ditampilkan kembali di film-film setelahnya sebagai tokoh protagonis. Bahkan, salah satunya pun sempat menyesali perbuatannya kepada musuhnya.

Lantas, bagaimana Darth Vader dan Terminator bisa menjadi tokoh yang baik? Lalu siapakah yang bakal memenangkan pertarungan jika keduanya diadu? Berikut kami coba membahasnya.

terminator-131111b.jpg

Darth Vader

Karakter Darth Vader pertama kali muncul dalam Star Wars Episode IV: A New Hope dan riwayatnya berakhir di Star Wars Episode IV: Return of the Jedi. Masa lalunya saat masih kecil dihadirkan kembali dalam prekuel selanjutnya, Star Wars Episode I: The Phantom Menace.

Terlahir dari sebuah kebencian terhadap para pembunuh ibunya, Darth Vader yang bernama asli Anakin Skywalker ini pun akhirnya berubah menjadi sosok kejam sekaligus budak kejahatan Kekaisaran Galaksi.

Kemunculan Darth Vader diawali dengan rasa frustasi Anakin terhadap nyawa sang istri, Padme Amidala setelah hamil. Anakin memiliki pandangan yang sama terhadap Padme seperti saat ibunya hendak tewas terbunuh.

Anakin baru benar-benar menjadi Darth Vader di Star Wars Episode III: Revenge of the Sith setelah dikalahkan oleh gurunya, Obi-Wan Kenobi. Ia pun dikuasai oleh kebencian saat diberitahu kalau istrinya sudah meninggal.

Di film Star Wars IV, Darth Vader harus melawan sosok-sosok pejuang, yaitu Luke Skywalker, Leia, dan Han Solo. Di Star Wars V, Darth Vader mengaku bahwa ia adalah ayah dari Luke dan Leia.

Riwayatnya berakhir dalam film Star Wars VI saat bertemu kembali dengan Luke Skywalker. Namun sebelum tewas, Darth Vader sempat membantu Luke saat Emperor hendak membunuh putranya itu.

Bahkan, Darth Vader yang akhirnya menyebut nama aslinya, Anakin, sempat menyesali kejahatan yang telah dilakukannya sambil mengutarakan kelegaannya bahwa masih ada sisi baik yang ada di dalam dirinya.

Darth Vader alias Anakin Skywalker aslinya memang karakter yang baik. Di Star Wars: Episode I, kita melihat bagaimana polosnya Anakin kecil saat menjadi seorang pembalap. Di film ke-2, ia juga masih memperlihatkan sisi baiknya.

Andai bertemu dengan sosok Terminator, kemampuan Darth Vader dalam memainkan pedang sinar serta penguasaannya dalam menghimpun force, bisa membuat Terminator hancur sedemikian rupa.

darth-vader-131111b.jpg

The Terminator

Tokoh yang pertama kali diperankan oleh Arnold Schwarzenegger ini, langsung muncul secara tiba-tiba dari masa depan untuk membunuh Sarah Connor, seorang gadis yang hidupnya masih tergolong normal.

Terminator membunuh orang-orang terdekat Sarah dan ia juga harus berhadapan dengan sosok pejuang muda bernama Kyle Reese yang berusaha untuk melindungi Sarah.

Bahkan, Terminator pun membuat kekacauan di sebuah kantor polisi dengan membunuh semua petugas yang ada di sana saat Sarah sedang diamankan.

Riwayat Terminator versi jahat pun tamat di tangan Sarah Connor setelah dihancurkan di sebuah pabrik yang sedang tidak beroperasi. Namun, kemunculannya ternyata masih terus berlanjut.

Di Terminator 2: Judgment Day, Terminator muncul lagi dengan nama T-800. Misinya kali ini berbeda, ia ingin melindungi Sarah dan putranya, John sambil membantu sepak terjang mereka dalam menghabisi salah satu robot yang ingin membunuh Sarah.

Namun, nasib T-800 pun harus berakhir di film ke-2 ini setelah mereka mengalahkan sang robot pembunuh. Dalam Terminator 3: Rise of the Machines, Terminator kembali muncul dengan nama T-850 untuk melindungi John Connor yang sudah beranjak remaja dari serangan robot T-X.

Berubahnya Terminator dari peran antagonis menjadi protagonis, disebabkan karena Terminator di film pertama dan kedua merupakan sosok yang sama sekali berbeda, dan keduanya juga diprogram oleh pihak yang saling berlawanan.

Jika bertempur dengan Darth Vader, Terminator mampu bertahan dengan kandungan metal yang luar biasa dalam tubuhnya. Ia juga bisa menembak secara jitu ke arah Darth Vader dengan senjata maut pilihannya.(Rul)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya