Bang Dzoel Tutup Usia, Banyuwangi Kehilangan Fotografer Difabel Kenamaan

Achmad Dzulkarnain atau yang dikenal dengan nama Bang Dzoel, seorang fotografer difabel kondang asal Banyuwangi, meninggal dunia, Rabu (24/8/2022).

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 25 Agu 2022, 00:03 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2022, 00:03 WIB
Ahmad Dzulkarnain, fotografer difabel Banyuwangi saat mengambil sesi pemotretan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, (Istimewa).
Ahmad Dzulkarnain, fotografer difabel Banyuwangi saat mengambil sesi pemotretan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, (Istimewa).

Liputan6.com, Banyuwangi Achmad Dzulkarnain atau yang dikenal dengan nama Bang Dzoel, seorang fotografer difabel kondang asal Banyuwangi meninggal dunia pada Rabu (24/8/2022).

Terlahir dengan fisik kurang beruntung tidak membuat Dzoel minder dan takut bersaing. Semangat untuk menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia menjadikan dirinya salah satu difabel yang mampu memiliki potensi besar sebagai fotografer kelas dunia.

Mendiang Bang Dzoel sendiri merupakan putra asli Banyuwangi yang berdomisili di Desa Benelan Lor, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Semasa hidup, karya-karya Bang Dzoel diakui oleh dunia, melalui seni jepretan foto. Karya-karyanya diabadikan oleh banyak kalangan, mulai dari calon pasangan pengantin hingga para pengantin, sampai para pejabat tinggi melihat ada keistimewaan tersendiri dari foto-foto hasil jepretannya.

Bahkan, foto pertama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Wakil Bupati Banyuwangi  Sugirah mengenakan seragam kebesaran kepala daerah, Bang Dzoel ditunjuk langsung sebagai putra daerah untuk memotret pasangan bupati dan wakil bupati Banyuwangi periode 2019-2024.

Tidak hanya itu, fotografer terkenal seperti Darwis Triadi juga pernah memberikan beasiswa kepada Bang Dzoel untuk belajar di Jakarta.

Robin, salah satu warga setempat membenarkan jika Bang Dzoel telah meninggal dunia. "Barusan dapat kabar beliau meninggal dunia," kata Robin.

Terkait apa yang melatarbelakangi meninggalnya Bang Dzoel masih belum diketahui."Kurang tau apa sebabnya, masih dengar kabar kalau beliau meninggal," cetus Robin. 


Sosok Inspiratif

Anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Angger Putranto merasa kehilangan atas meninggalnya Dzoel. Sebab, Dzoel merupakan sosok inspirasi, karena meski mempunyai keterbatasan justru bisa merubah kekuranganya menjadi nilai lebih.

“Dzoel merupkan sosok fotografer yang memberikan inspirasi bagi semua orang. Dia bisa memanfaatkan kekurangan yang dimiliki menjadi kelebihan dan mengukir prestasi sehingga menjadi isnfirasi semua orang,”kata Angger.

Kata Angger, Sosok Dzoel, layak dijadikan contoh. Karena berkat Dzoel dunia fotografer terutamanya di Banyuwangi menjadi lebih bangkit.

“Dzoel patut dijadikan contoh, karena berkat dia dunia fotografer di Banyuwangi bangkit,”ucapnya.

 

 

Infografis Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J  (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya