Akses Jalan Tuntas, Pantai Sijile Situbondo Bakal Jadi Primadona Wisatawan?

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa optimistis destinasi wisata Pantai Sijile di kawasan wisata Merak Baluran Situbondo, bakal menjadi primadona bagi wisatawan.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 10 Jan 2023, 21:05 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 21:05 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  menikmati Pantai Sijile Situbondo dengan menaiki perahu karet. (Istimewa).
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menikmati Pantai Sijile Situbondo dengan menaiki perahu karet. (Istimewa).

Liputan6.com, Situbondo - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa optimistis destinasi wisata Pantai Sijile di kawasan wisata Merak Baluran Situbondo, bakal menjadi primadona bagi wisatawan.

Hal itu seiring rampungnya pembangunan infrastuktur jalan yang membelah kawasan Taman Nasional Baluran tersebut.

“Wisatawan trenya saat ini justru lebih suka dengan konsep wisata alam. Kalau sebelumnya pantai Sijile sulit dijangkau karena tidak ada infrastuktur yang memadahi. Maka setelah diresmikan harus siap-siap kebanjiran wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” ujar Khofifah, Selasa (10/1/2023).

Dalam kunjungannya ke Situbondo Khofifah meresmikan pembangunan akses yang menghubungkan antara Dusun Sidomulyo ke Dusun Labuhan Merak Desa Sumberwaru.

Peresmian jalan ini merupakan tindak lanjut atas kesepakatan bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Bupati Situbondo Tentang Pelestarian Fungsi Kawasan Taman Nasional Baluran.

“Pantai Sijile ini indah sekali, terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan dan berbagi biota laut lainya pun masih terjaga dengan baik. Ini menjadi daya Tarik yang sangat luar biasa, tentunya saya yakin wisatawan yang datang ke pantai ini akan kembali lagi,” tambah Khofifah.

Menurut Khofifah, Keindahan Pantai Sijile tidak perlu diragukan, karena pantai ini masih belum terjamah. Apalagi ada tujuh pantai lain yang bersambung di Situbondo yang juga masih perawan sehingga panorama yang ditawarkan sangat natural dan orijinal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbaikan Infrastuktur

“Arus air laut di Pantai ini tenang, nyaris tak ada riak dan tak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang maupun wisata air lainya. Jadi bagi masyarakat Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo harus mampir menikmati keindahan Pantai Sijile,” papar Khofifah.

Mengenai dukungan infrastuktur Khofifah menyampaikan akan terus diikhtiarkan oleh Pemkab Situbondo, serta Pemprov Jawa Timur untuk meningkatkan aksesibilitas infrastuktur wisata yang ada di Situbondo.

“Insayaallah pembangunan infrastuktur akan dilakukan secara bertahap, harapannya jika sektor pariwisata semakin berkembang maka kesejahteraan masyarakat sekitar akan meningkat," pungkasnya.

Infografis Teh Artisan Lokal Gaet Pasar Kekinian
Infografis teh artisan lokal gaet pasar kekinian. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya