Ratusan Personel Gabungan Amankan Lebaran Idul Fitri di Malang, Tersebar di Sejumlah Titik Strategis

Warga di Malang yang mudik lebaran diimbau tak ragu memberi informasi ke polisi agar ada pengamanan ekstra di wilayahnya

oleh Zainul Arifin diperbarui 19 Apr 2023, 06:11 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 08:23 WIB
Alun - alun Malang berusia seabad lebih dan kini jadi salah satu taman modern di Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)
Alun - alun Malang berusia seabad lebih dan kini jadi salah satu taman modern di Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Malang - Ratusan personel gabungan bakal dikerahkan untuk menjaga keamanan selama libur lebaran di Malang dan Kota Batu. Pengamanan bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2023 itu berlangsung selama 18 April 2023 sampai 1 Mei 2023 mendatang.

Pengamanan lebaran di Malang kota, sedikitnya 804 personel gabungan TNI, Polri maupun dari unsur pemerintah kota disiagakan di titik strategis. Selain berjaga di pos pengamanan dan pos pelayanan, para personel itu juga disebar di sejumlah titik strategis lainnya.

“Seluruhnya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama arus mudik sampai arus balik lebaran ini,” kata Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, kemarin.

Pos pelayanan didirikan di depan Stasiun Malang. Lalu pos pengamanan ada di depan gedung Malang Creative Center (MCC), Jalan Sulfat, pertigaan Jembatan Jalan Soekarno Hatta, Jalan Agus Salim, Kacuk Barat dan dekat Exit Tol Madyopuro. Termasuk sebuah pos layanan keliling.

“Tentu juga ada personel yang rutin patroli keliling untuk memastikan keamanan lingkungan warga yang rumahnya ditinggal mudik,” ucap Budi Hermanto.

Kepolisian mengimbau para RT dan RW agar tidak ragu menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas maupun Polsek terdekat bila di lingkungannya banyak warganya yang mudik. Tujuannya, dapat mempermudah pengawasan serta pengamanan.

“Agar petugas kami dapat memetakan dan melakukan pengamanan ekstra. Tentunya informasi itu kita jaga kerahasiannya,” ujar Budi Hermanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamanan Lebaran di Kota Batu

Sementara itu di Kota Batu sebanyak 603 personel gabungan bakal diterjunkan selama Operasi Ketupat Semeru 2023. Tim gabungan terdiri dari Polri, TNI dan unsur petugas dari pemerintah kota setempat. Mereka disebar di tujuh titik pos dan titik strategis lainnya.

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, mengatakan untuk pos pelayanan didirikan di Alun-Alun Batu dan enam pos pengamanan disebar di enam titik rawan kemacetan maupun di tempat wisata.

“Mudah-mudahan secara keseluruhan bisa memberikan kelancaran, aman dan nyaman untuk masyarakat selama lebaran tahun ini,” kata Oskar.

 

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya