Mantan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Daftar Pilkada, Dapat Dukungan 10 Parpol

Sejumlah parpol mendapat perintah langsung dari DPP untuk mengusung Wahyu Hidayat dalam Pilkada Kota Malang 2024

oleh Zainul Arifin diperbarui 29 Agu 2024, 08:18 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 05:00 WIB
Mantan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Daftar Pilkada Diusung Koalisi 10 Parpol
Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat dan Ali Muthohirin (tengah) usai mendaftar di KPU, Rabu, 28 Agustus 2024 (Liputan6.com/Zainul Arifin) 

Liputan6.com, Malang - Mantan Penjabat atau Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mendaftar ke KPU Kota Malang. Dia menggandeng Ali Muthohirin sebagai bakal calon Wakil Wali Kota dalam Pilkada Kota Malang 2024 ini. 

Bakal paslon Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin mendaftar ke KPU pada pukul 13.57, Rabu, 28 Agustus 2024. Diusung koalisi 10 parpol dalam Pilkada Kota Malang 2024 ini, terdiri 5 parpol peraih kursi dan 5 parpol non parlemen.

Kelima parpol peraih kursi parlemen yakni Gerindra, PSI, Golkar, PKS, Nasdem. Serta 5 parpol non parlemen yakni Perindo, PBB, PPP, Partai Buruh, Garuda.

Sebenarnya ada tiga parpol non parlemen yang ikut bergabung dan turut hadir ke KPU yakni Hanura, Gelora dan PKN. Tapi setelah proses verifikasi lumayan lama, ketiganya dicoret lantaran tak bisa memenuhi syarat.

Wahyu mengatakan, banyak parpol yang bergabung mengusungnya dalam Pilkada ini karena melihat kinerjanya selama 11 bulan sebagai Pj Wali Kota Malang bagus dan harus dilanjutkan.

"Kami mendapat amanah dari masyarakat dan apresiasi dari parpol agar melanjutkan pekerjaan," kata Wahyu usai mendaftar di KPU.

Dia mengatakan, Ali pasangannya memiliki kapasitas dan representasi dari kalangan milenial. Dalam Pilkada Kota Malang, duet ini kolaborasi antara birokrat pada sosok Wahyu dan politikus sekaligus pengusaha pada diri Ali.

"Saya juga ahli tata kota. Jadi ini kolaborasi untuk membangun Kota Malang lebih baik," ujar Wahyu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perintah DPP

Mantan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Daftar Pilkada Diusung Koalisi 10 Parpol
Parpol pengusung Wahyu Hidayat - Ali Muthohirin dalam Pilkada Kota Malang 2024 menyerahkan berkas ke KPU pada Rabu, 28 Agustus 2024 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Ali Muthohurin merupakan pengurus DPP PSI. Nama dia santer sejak lama dikabarkan akan jadi pasangan Wayu Hidayat meski parpolnya hanya meraih dua kursi di DPRD Kota Malang.

Di koalisi itu sebenarnya sempat muncul dua nama kandidat Wali Kota maupun Wakil Wakil Wali Kota. Yakni Sofyan Edi Jarwoko, Ketua DPD Golkar Kota Malang yang memiliki 5 kursi DPRD.

Serta ada nama Fuad Rahman, kader PKS yang getol kampanye untuk kandidat calon wakil wali kota. Tapi dua nama itu tersingkir, paket nama Wahyu Hidayat dan Ali Muthohirin tetap tak goyah.

"Kami tak lihat jumlah kursi, tapi kapabilitas Ali sehingga dipilih dan mewakili wajah anak muda," ujar Wahyu.

Sementara itu, Sofyan Edi Jarwoko Ketua DPD Golkar Kota Malang, mengatakan ada perintah dari DPP agar parpolnya bergabung dalam koalisi ini. Termasuk keputusan rekomendasi penunjukan Ali Muthohirin sebagai calon wakil wali kota.

"Itu langsung dari DPP Golkar. Saya juga baru tahu surat rekomendasi baru turun kemarin malam," ujar Sofyan Edi.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya