Fitur Hapus Pesan Otomatis di WhatsApp Siap Rilis Dalam Waktu Dekat

Kemampuan untuk menghapus pesan secara otomatis disebut dapat hadir dalam waktu dekat, setelah muncul di dua versi beta terbaru.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 17 Mar 2020, 07:30 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2020, 07:30 WIB
WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan akan kembali merilis fitur baru. Usai menggulirkan fitur dark mode, kini aplikasi chatting milik Facebook itu disebut akan merilis fitur yang dapat menghapus pesan secara otomatis.

Informasi ini merujuk pada laporan WABetaInfo beberapa waktu lalu. Dikutip dari GSM Arena, Selasa (17/3/2020), kehadiran fitur ini diketahui dari dua versi beta terbaru WhatsApp.

Dari versi 2.20.83 dan 2.20.84, pengguna beta dapat memilih durasi tampil sebuah pesan. Mulai dari satu jam, satu hari, satu pekan, satu bulan, hingga satu tahun.

Nantinya, setelah durasi pesan diatur, pengguna akan melihat ikon jam di sebelah waktu pengiriman. Jadi, pengguna dapat mengetahui kapan pesan itu akan hilang.

Kendati demikian, belum ada informasi kapan fitur ini akan hadir di WhatsApp versi stabil. Besar kemungkinan fitur ini dapat hadir dalam waktu dekat.

Sekadar informasi, kehadiran fitur ini sebenarnya sudah sempat diketahui pada akhir tahun lalu. Ketika itu, WABetaInfo menemukannya di versi beta 2.19.275 untuk perangkat Android.

Untuk diketahui, fitur ini sebenarnya sudah ada di beberapa aplikasi chatting lain, seperti Telegram. Karenanya, fitur ini menjadi salah satu yang dinanti-nanti pengguna WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur Bernama Disappearing Message

[Fimela] WhatsApp
Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Kendati demikian, fitur yang bernama Disappearing Message ini tidak berlaku untuk semua percakapan. Berdasarkan laporan, fitur ini masih terbatas digunakan dalam group chat.

Oleh sebab itu, saat fitur ini diaktifkan, seluruh pesan yang dikirim seseorang dalam group chat dan diatur durasinya akan langsung terhapus begitu masa waktunya habis.

Untuk itu, fitur ini belum mendukung pesan perseorangan. Kendati demikian, tidak tertutup kemungkinan WhatsApp akan membawa fitur ini untuk opsi mengirim pesan perseorangan.

Adapun opsi durasi waktu sebuah pesan dapat terlihat yang ditawarkan aplikasi milik Facebook ini adalah lima detik dan satu jam.


Bos Facebook: Dark Mode Jadi Fitur WhatsApp Paling Diminta Pengguna

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Sebelumnya, WhatsApp sendiri baru saja menghadirkan tampilan dark mode untuk pengguna di seluruh dunia.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pun membagikan kembali unggahan video yang diposting oleh WhatsApp di akun Facebook-nya.

Zuckerberg menambahkan komentar, menurutnya, dark mode di WhatsApp merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna.

"Dark mode di WhatsApp sudah hadir. Mungkin ini jadi salah satu fitur paling banyak diminta," kata Zuckerberg di akun Facebook-nya.

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya