Apple Gulirkan iOS 16.3, Pengguna iPhone Jangan Lupa Update

Apple menggulirkan update iOS 16.3 dengan pembaruan minim tetapi bisa memperbaiki bug yang ada di iPhone pengguna, terutama iPhone 14 Pro series

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Jan 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 24 Jan 2023, 12:00 WIB
Update iOS 16.3
Apple menggulirkan update iOS 16.3 dengan pembaruan minim tetapi bisa memperbaiki bug yang ada di iPhone pengguna, terutama iPhone 14 Pro series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya menggulirkan update iOS 16.3 yang sebelumnya sudah diumumkan bakal jadi pembaruan software terbaru bagi iPhone.

iOS 16.3 merupakan update ketiga dari iOS 16, sejak sistem operasi milik Apple ini dirilis pertama kali September lalu. Seperti tahun-tahun sebelumnya, update iOS terus berjalan hingga jelang kehadiran iOS 17 yang rencananya diumumkan Juni mendatang di konferensi pengembang WWDC.

Hari ini, Selasa (24/1/2023), Apple tidak hanya merilis iOS 16.3 tetapi juga sistem operasi lainnya untuk perangkatnya, mulai dari iPadOS 16.3, WatchOS 9.3, serta MacOS Ventura 13.2.

Mengutip Android Headlines, iOS 16.3 menghadirkan pembaruan minor dibandingkan saat iOS 16.1 dan iOS 16.2 dirilis. Meski begitu, iOS 16.3 hadir dengan perbaikan untuk berbagai bug iPhone.

Bukan hanya itu, pada iOS 16.3, Apple juga menambahkan sejumlah dukungan bagi HomePod yang telah dirilis minggu lalu, juga dengan wallpaper Unity sebagai bentuk support perayaan Black History Month.

Pada update iOS 16.3, Apple juga menghadirkan Security Keys untuk Apple ID. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperkuat keamanan akun mereka dengan hardware keamanan fisik sebagai bagian dari proses two factor authentication (2FA).

Selain itu, update iOS 16.3 ini juga Emergency SOS juga akan mengharuskan pengguna menahan tombol samping dan tombol volume atas atau bawah secara bersamaan kemudian melepaskannya, guna mengaktifkannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya panggilan darurat yang tidak disengaja.


Perbaiki Bug dan Cara Update iOS 16.3

Model iPhone yang kebagian update iOS 16
Deretan model iPhone yang akan kebagian update iOS 16. (Doc: Apple)

Apple juga menggulirkan iOS terbaru ini untuk memperbaiki bug pada sejumlah iPhone, utamanya iPhone 14 Pro series. Belakangan, sejumlah pemilik iPhone 14 Pro series melaporkan layar perangkatnya terdapat garis horizontal saat dalam mode lockscreen dan bug lainnya.

Update ini bisa dibilang cukup minor, tetapi perlu dipasang di iPhone Anda. Bagi mereka pemilik iPhone yang sebelumnya sudah kebagian iOS 16, mereka bisa mendapatkan update ini.

Pada perangkat iPhone 14 Pro, ukuran file yang harus diunduh untuk update ini adalah 761,4MB. Sementara pada iPhone lain mungkin ukuran file-nya setara dengan ukuran file untuk iPhone 14 Pro. Semuanya tergantung pada fitur atau perbaikan bug apa yang diperlukan untuk masing-masing model iPhone.

Cara Update iOS 16.3

- Buka Setting atau Pengaturan

- Ketuk menu General atau Umum

- Lalu, ketuk Update Software atau Pembaruan Perangkat Lunak untuk mengunduh file pembaruan.

 


Sebelumnya Tentang Update iOS 16.3

iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Dalam keterangan resminya, sebelumnya Apple mengonfirmasi, tanggal perilisan update iOS 16.3 ini, sekaligus mengumumkan sejumlah cara perusahaan merayakan Black History Month tahun 2023.

Sekadar informasi, Black History Month dikenal sebagai hari bersejarah bagi etnis Afrika-Amerika, di mana mereka untuk pertama kalinya mendapatkan pengakuan dari pemerintah AS dan Kanada.

Inisiatif untuk merayakan Black History Month yang diperingati pada 1 Februari 2023 dirayakan Apple dengan kehadiran wallpaper Unity baru untuk iPhone dan tampilan Unity untuk Apple Watch via update iOS 16.3.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (20/1/2023), Apple mengatakan, kedua hal ini mengharuskan Apple Watch pengguna menjalankan watchOS 9.3 dan iPhone menjalankan iOS 16.3.

Update ini tengah dalam pengujian beta, tetapi perusahaan menyebut, semuanya tersedia dalam pembaruan "minggu depan".

- Watch face Unity 2023 akan tersedia minggu depan dan mempersyaratkan Watch Series 4 atau yang lebih baru menjalankan watchOS 9.3 serta iPhone 8 atau setelahnya dan iPhone SE gen 2 atau setelahnya menjalankan iOS 16.3.

- Wallpaper Unity iPhone yang baru untuk lock screen juga akan tersedia minggu depan, dan mempersyaratkan iPhone 8 atau setelahnya menjalankan iOS 16.3.


Lebih Lengkap Tentang Cara Update iOS 16.3

Tampilan iOS 16
Tampilan iOS 16 (Apple)

Jika perangkat kamu bisa melakukan update iOS, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka iPhone kemudian buka Setting > General > Software Update. Setelah itu tunggu sampai muncul update.

2. Jika sudah muncul tekan download dan install untuk iOS terbaru.

3. Jika terdapat pilihan download dan install untuk iOS 15.7, kamu cukup abaikan saja dan tekan tombol upgrade to iOS 16 yang ada di paling bawah kemudian tekan download and install for iOS 16.

4. Setelah itu masukkan passcode agar bisa memulai update.

5. Jika sudah selesai diunduh, kamu tinggal lakukan reboot perangkat kemudian tunggu iOS 16 melakukan instalasi.

6. Ikuti petunjuk yang muncul pada saat instalasi sedang berjalan.

7. Setelah itu update pun selesai.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya