Bocoran Terbaru iPhone SE 4, Bakal Mirip iPhone 14?

Bocoran terbaru tentang iPhone SE 4 beredar, kabarnya akan punya sasis yang mirip dengan iPhone 14.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 16 Nov 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 10:30 WIB
Apple iPhone 14 dan 14 Plus
iPhone 14 dan 14 Plus. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan mau merilis iPhone SE 4, untuk melanjutkan lini smartphone kelas menengah mereka. Berdasarkan laporan sejauh ini, ponsel ini masih berada dalam pengenal perangkat D59, dengan kode proyek Ghost.

Terbaru, sebuah rumor menyebut bahwa iPhone SE 4 akan berhenti memakai desain lama ala iPhnoe 8, seperti yang ada di dua generasi sebelumnya.

Mengutip Macrumors, Rabu (15/11/2023), iPhone SE 4 akan datang dengan tampilan yang lebih modern dan ukuran layar yang lebih besar, serta mirip dengan model iPhone 14 biasa.

Bocoran iPhone SE 4 terbaru, HP Apple ini akan datang dengan versi modifikasi dari sasis iPhone 14 yang sudah ada, dengan desain datar yang sama.

Kabar lain menyebut, perangkat baru ini juga tidak menyertakan home button Touch ID, melainkan tampil dengan desain layar penuh seperti iPhone 14, dengan Face ID yang berfungsi sebagai alat identifikasi biometrik.

Berdasarkan bocoran Macrumors, iPhone SE 4 diperkirakan lebih ringan sekitar 6 gram jika dibandingkan iPhone 14, yang beratnya 165 gram.

Perubahan bobot ini kemungkinan besar disebabkan oleh desain kamera tunggal yang direncanakan untuk Apple smartphone tersebut.

iPhone SE 4 juga disebut-sebut akan menampilkan kamera belakang tunggal 48MP, yang dikembangkan dengan codename Portland, dengan pelat belakang khusus untuk perangkat, untuk memperhitungkan perubahan desain.

Selain itu, tidak ada faktor signifikan lain yang berpengaruh pada bobot smartphone ini. Untuk material, iPhone SE generasi 4 bakal datang dengan alumunium 6013 T6 yang sama dengan iPhone 14, dengan bodi belakangnya menggunakan kaca.

Prototipe iPhone SE 4 dalam warna hitam pun juga diketahui sangat mirip dengan varian warna Midnight di iPhone 14.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


iPhone SE 4 Bakal Punya Action Button dan USB-C

iPhone SE 4
Bocoran desain dan spesifikasi iPhone SE 4. (Doc: Jon Prosser x Ian Zelbo)

Meski punya dimensi sasis yang mirip dengan iPhone 14, iPhone SE 4 akan datang dengan fitur Action button dan port USB-C.

Action button merupakan tombol yang bisa dikonfigurasi pengguna dan terletak di atas tombol volume. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di iPhone 15 Pro, menggantikan tombol mute.

Kabarnya, Apple ingin menjadikan Action button sebagai fitur standar di seluruh lini iPhone 16, dan nantinya akan tersedia di iPhone SE 4.

Mengutip 9to5mac, banyak sumber, termasuk YouTuber Jon Prosser, yang mengatakan iPhone SE terbaru akan terlihat seperti iPhone XR.

Sementara analis Ross Young mengatakan, Apple masih belum memutuskan desain dan tampilan untuk ponsel baru mereka itu. Analis Ming-Chi Kuo juga mengatakan Apple menunda pengembangan iPhone SE 4.

Belum jelas kapan Apple mau merilis iPhone SE 4. Beberapa sumber menyebutkan dia akan dirilis pada 2024, namun MacRumors menyebut ponsel ini akan diperkenalkan di 2025, setelah iPhone 16.

Perlu ditegaskan bahwa informasi tersebut masih berupa bocoran atau rumor pra-produksi, jadi bisa saja produk akhir iPhone SE 4 mungkin saja berbeda dengan yang kabar yang beredar duluan.


Bocoran Fitur iPhone SE 4

iPhone SE 2020
Apple resmi umumkan iPhone SE (2020). (Doc: Apple)

Sebelumnya, iPhone SE generasi keempat atau iPhone SE 4 dikabarkan bakal memboyong sejumlah fitur yang ada pada iPhone 15 Pro. Menurut leaker yang dikenal dengan nama Unknownz21, salah satu fitur dari iPhone 15 Pro yang diboyong ke iPhone SE 4 adalah Action Button.

Mengutip MacRumors, Selasa (15/8/2023), Action Button bukan satu-satunya fitur di iPhone 15 Pro yang kabarnya akan hadir di iPhone SE4. Ada fitur lain yang juga bakal disematkan di iPhone SE generasi keempat ini.

Leaker Unknownz21 menyebut, iPhone SE Generasi 4 sebagai turunan yang efektif dari iPhone 14. Bahkan, ia menggemakan sejumlah laporan sebelumnya dari analis Apple Ming-Chi Kuo.

Dalam cuitan terbaru di platform X Twitter, Unknownz21 memberikan beberapa detail baru tentang iPhone murah berikutnya dari Apple. Salah satunya adalah aspek desain iPhone SE 4 yang didasarkan pada iPhone 14.

Selain itu, bocoran fitur iPhone SE 4  disebut-sebut akan menghadirkan port USB Type C pada perangkat. Jika benar, ini adalah iPhone SE pertama yang tidak menggunakan port Lightning.

Bukan hanya itu, iPhone SE 4 juga disebut-sebut akan memiliki Touch ID. Membantah rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Apple bisa saja mempertahankan desain Touch ID di iPhone SE 4.


Pertahankan Kamera Belakang Tunggal

iPhone SE 5G
Apple luncurkan iPhone SE 2022 dengan kemampuan 5G. (Doc: Apple)

Leaker ini juga mengklaim bahwa iPhone SE4 akan menggunakan Action Button seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Fitur ini pun akan menjadi pembeda yang jelas antara iPhone SE dan iPhone 15 serta iPhone 15 Plus.

Kedua iPhone 15 edisi standar itu tidak menawarkan fitur Action Button tersebut. Terlepas dari itu, sayangnya iPhone SE juga akan mempertahankan pengaturan kamera belakang tunggal seperti model saat ini.

Sebelumnya, awal pekan ini dilaporkan bahwa pabrikan tengah menawar untuk menerima pesanan dari Apple untuk memproduksi panel OLED iPhone SE generasi keempat. Jika benar, ini akan jadi peningkatan signifikan atas model layar LCD yang dipakai di iPhone SE sebelumnya.

Bukan hanya itu, iPhone SE generasi berikutnya juga diyakini sebagai salah satu iPhone pertama yang menggunakan modem 5G kustom Apple. iPhone SE 4 sendiri diperkirakan tak akan dirilis setidaknya hingga 2025. Jadi, perilisan iPhone SE generasi terbaru ini kemungkinan masih butuh waktu.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya