X Twitter Error Membuat Warganet Bertanya-tanya, Ini Kenapa Ya?

X Twitter down pada Selasa, 21 Desember 2023, membuat warganet penasaran. Ini penyebab dan reaksi mereka.

oleh Yuslianson diperbarui 21 Des 2023, 14:39 WIB
Diterbitkan 21 Des 2023, 14:39 WIB
X Error, Timeline Pengguna Tampil Polos
X Error, Timeline Pengguna Tampil Polos. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - X Twitter down atau error pada Selasa, (21/12/2023), jam 12.13 WIB di mana banyak pengguna mengeluhkan laman utama akun mereka terlihat kosong.

X Twitter down pun terdeteksi di laman web downdetector, di mana mayoritas pengguna melaporkan diri mereka tidak bisa mengakses platform media sosial itu.

Namun, sejumlah pengguna X Twitter masih ada yang bisa masuk ke dalam platform media sosial milik Elon Musk itu.

Akan tetapi, mereka hanya mendapatkan notifikasi bertuliskan "Maaf, ada kesalahan teknis" dan laman "For You" dan "Following" tampil kosong alias polos.

Saat X Twitter kembali aktif, banyak warganet dibuat penasaran apa yang terjadi dengan platform medsos milik Elon Musk tersebut.

Alhasil, "Ini X" dan "Ini Twitter" langsung trending topic. Tak hanya itu, keyword "Error" dan "Elon" terpantau mulai ramai dipakai oleh warganet.

Berikut ini adalah beberapa bunyi cuitan penasaran warganet, sebagaimana dihimpun tim Liputan6.com.

Di akun resmi X pun hingga saat ini belum ada informasi alasan kenapa Twitter down pada siang hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


X Twitter Error

Twitter Resmi Ubah Logo Burung Biru Ikonik ke X di Browser
Twitter Resmi Ubah Logo Burung Biru Ikonik ke X di Browser, Aplikasi versi Mobile Belum Berubah. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Pantauan tim Liputan6.com di situs downdetector, Kamis (21/12/2023), X error dilaporkan terjadi pada jam 12.13 WIB dengan 18 laporan.

Selang beberapa waktu kemudian, ada sekitar 38 ribu laporan pengguna yang mengatakan Twitter error pada 12.43 WIB.

Adapun 71 persen pengguna melaporkan mereka tidak dapat mengakses X Twitter lewat aplikasi di perangkat Android dan iOS.

"Aplikasi Twitter error nih di hape," ucap Damar kepada tim Tekno Liputan6.com saat mendapati platform media sosial itu bermasalah.

Sisanya, 23 persen menyebutkan diri mereka tidak dapat masuk ke X Twitter lewat website. Dan 6 persen menghadapi masalah koneksi dengan server.

Hingga berita ini naik, belum diketahui secara pasti alasan kenapa platform media sosial milik Elon Musk, X tumbang pada siang hari ini.


Reaksi Elon Musk Soal Pengiklan Setop Beriklan di X

Elon Musk (AP Photo/Susan Walsh, File)

Di sisi lain, pemilik X yang sebelumnya bernama Twitter, Elon Musk, kembali bikin heboh. Kali ini, dia memaki pengiklan yang menghentikan iklannya di platform media sosial miliknya itu.

Kejadian ini terjadi ketika Elon Musk berada di atas panggung konferensi DealBook, saat Andrew Ross Sorkin yang bertindak sebagai moderator, bertanya tentang penghentian iklan di X.

"Jangan beriklan," kata Elon Musk, seperti dikutip dari Tech Crunch, Jumat (1/12/2023). Sorkin pun menjawab: "Anda tidak ingin mereka beriklan?"

"Jika seseorang mencoba memeras saya dengan iklan, memeras saya dengan uang? Go f*** yourself!" kata CEO Tesla itu menjawab pertanyaan itu. "Go. F***. Yourself. Sudah jelas?"

Jawaban itu sempat membuat Sorkin terdiam sesaat, namun juga membuat beberapa penonton tertawa, seperti dilihat berdasarkan potongan video yang beredar di X.

Pemilik X itu bahkan sempat melambai kepada penonton dan berkata, "Hai, Bob," di mana yang dia maksud adalah CEO Disney Bob Iger, yang juga hadir di acara itu.


Elon Musk: Ini Pembunuhan Terhadap Perusahaan

<p>Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). CEO Tesla tersebut menjadi saksi pertama dalam persidangan terkait masalah akuisisi SolarCity. (AP Photo/Matt Rourke)</p>

Musk melanjutkan, aksi boikot iklan ini adalah pembunuhan terhadap perusahaan. "Dan seluruh dunia akan tahu bahwa pengiklan tersebut membunuh perusahaan ini, dan kami akan mendokumentasikannya dengan sangat rinci," katanya.

Di hari yang sama, sebelumnya, Sorkin juga bertanya kepada Bob Iger tentang langkah perusahaan menarik iklan mereka di X.

Menurut Iger, nama Elon Musk sangat terkait dengan perusahaan miliknya, baik itu Tesla, SpaceX, maupun X. Dia juga mengaku menghormati Musk.

"Dengan dia mengambil posisi yang diambilnya secara terbuka, kami hanya merasa bahwa hubungan dengan posisi tersebut dan Elon Musk dan X belum tentu berdampak positif bagi kami," kata Iger.

Iger mengatakan meski beberapa properti Disney, seperti ABC dan ESPN, masih memakai X sebagai platform komunikasi, dia tidak mempertimbangkan kembali keputusan untuk menarik iklan.


Elon Musk Dituding Antisemit

<p>Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya? (Instagram/elon.r.muskk).</p>

Disney jadi salah satu perusahaan yang menghentikan iklan mereka dari X, menyusul IBM, Apple, hingga Lionsgate.

Mereka diketahui melakukan langkah itu, usai Media Matters for America menyebut postingan-postingan brand besar, ditampilkan di samping pesan yang mempromosikan penyangkalan Nazisme dan Holocaust.

Elon Musk juga menambah ketegangan, dengan membuat postingan yang dituding mendukung teori konspirasi antisemit, seperti diwartakan AP News, Senin (20/11/2023).

CEO Linda Yaccarino telah membantahnya. Ia juga mengeluarkan seruan bagi pengguna dan pengiklan untuk "mendukung X."

Dia pun menyatakan "tidak ada satu pun pengguna asli di (situs web) yang melihat iklan IBM, Comcast, atau Oracle di samping konten artikel Media Matters."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya