Jadi Menko Perekonomian, Ini Gebrakan Chairul Tanjung

Presiden SBY secara resmi telah menunjuk Chairul Tanjung menggantikan Hatta Rajasa sebagai Menko Perekonomian. Ini Gebrakan Chairul Tanjung.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 16 Mei 2014, 16:42 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 16:42 WIB
Chairul Tanjung
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi telah menunjuk Chairul Tanjung menggantikan Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator  (Menko) Bidang Perekonomian. Chairul Tanjung dijadwalkan bakal dilantik pada hari Senin (19/5) pukul 09.00 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dengan masa jabatannya yang relatif singkat yaitu hanya lima bulan, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi fokus kerja Chairul Tanjung. Salah satunya, fokus jangka pendeknya yaitu menangani persoalan fiskal negara.

"Penerimaan kita tidak sesuai target yang diharapkan, tentu ada akibatnya. Karena income kecil pengeluaran akan kecil, jadi bagaimana supaya tidak terjadi defisit lebih, itu yang nanti akan melanggar Undang-undang," ungkap Pria yang akrab disapa CT itu saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Demi mewujudkan target tersebut, orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes itu tidak segan-segan untuk mengusulkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014. Menurut dia, hal itu akan membantu pemerintahan selanjutnya supaya lebih kuat dalam menjalankan kebijakan ekonomi dan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Fokus lain dari Chairul Tanjung yaitu  mengenai pasokan bahan makanan jelang musim lebaran yang akan terjadi pada Juli 2014. Pasalnya, masalah pasokan dan kenaikan harga pangan selalu jadi masalah setiap perayaan lebaran.

"Selalu menjelang lebaran harga meningkat luar biasa. Saya ingin memastikan jajaran menteri sektor ekonomi, memang pasti akan naik, tapi bagaimana naiknya tidak tinggi seperti tahun sebelumnya termasuk logistik, transportasi dan sebagainya, semua akan menjadi perhatian saya," papar dia. (Yas/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya