Dalam Waktu Dekat, Pertamina Umumkan Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg

"Mengenai besaran waktunya kami serahkan ke Pertamina, akan menghitung besar yang pas tidak memberatkan masyarakat," jelas Chairul Tanjung.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 08 Sep 2014, 22:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2014, 22:00 WIB
Pertamina Klaim Kenaikkan Harga Elpiji Tak Pelu Izin SBY
PT Pertamina akan menaikkan harga gas elpiji 12 kg pada pertengahan Agustus 2014, dan akan terus dilakukan sampai mencapai harga keekonomian secara bertahap hingga 2016, Jakarta, Rabu (13/8/2014) (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah setuju usulan PT Pertamina (Persero) untuk menaikkan harga elpiji non subsidi dengan ukuran 12 kilogram (kg). Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini Pertamina akan segera melakukan pengumuman kenaikan harga elpiji 12 kg.

Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung mengatakan, saat ini harga ekonomi elpiji 12 kg sebesar Rp 12.100 per Kg, hal tersebut sudah jauh di atas harga jual Pertamina yang sebesar Rp 6.100 per kg. Karena itu, dengan mempertimbangkan keuangan Pertamina, pemerintah setuju usulan kenaikan harga tersebut.

"Setelah mendengar presentasi dari Pertamina dan Menteri tekait seperti Menteri ESDM, Menteri BUMN dan Menteri Perdagangan, oleh karenanya kami menyatakan pemerintah mendukung usulan Pertamina," kata Chairul, di Kantor Kementeria Kordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (8/9/2014).

Karena itu menurut Chairul dalam waktu dekat ini Pertamina akan mengumumkan kenaikan harga elpiji 12 kg. "Dalam waktu tak beberapa lama, Pertamina akan mengumumkan hal tersebut," ungkapnya.

Chairul menambahkan, untuk besaran dan waktu kenaikan harga, pemerintah telah menyerahkan ke Pertamina menentukan hal tersebut. Dalam waktu dekat ini Pertamina akan mengumumkan hal tersebut.

"Mengenai besaran waktunya kami serahkan ke Pertamina, akan menghitung besar yang pas tidak memberatkan masyarakat," pungkasnya. (Pew/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya