Indonesia Jadi Tuan Rumah Kongres Real Estat Asia Pasifik

Tema yang akan diusung pada FIABCI APREC 2019 adalah mengenai pembangunan perumahan untuk MBR dan pengembangan kota-kota baru.

oleh Muhammad Rinaldi diperbarui 12 Des 2017, 11:45 WIB
Diterbitkan 12 Des 2017, 11:45 WIB
Bank Mandiri Tawarkan Program Bunga KPR 5,99% di Festival Properti
Sebuah maket apartemen di tampilkan di Festival Properti Indonesia di Jakarta, Selasa (14/11). Festival property tersebut menawarkan program KPR suku bunga 5,99% efektif satu tahun pertama dan 6,35% efektif selama dua tahun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Umum International Real Estate Federation (FIABCI), organisasi industri real estat dan properti dunia yang berbasis di Prancis, memilih Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan akbar FIABCI Asia Pacific Real Estate Cogress (APREC) 2019 yang akan berlangsung di ICE BSD Serpong dan Bali.

“Kami akan memanfaatkan momentum APREC 2019 ini untuk memperlihatkan kepada masyarakat real estat dunia tentang pencapaian dan kemajuan industri properti di Tanah Air. Saatnya karya anak-anak bangsa dikenal di kancah global,” ungkap Soelaeman Soemawinata, Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) yang baru terpilih sebagai Presiden FIABCI se-Asia Pasifik untuk periode 2018-2019 yang ditulis Liputan6.com, Selasa (12/12/17).

Dengan menjadi tuan rumah FIABCI APREC 2019, ungkap Soelaeman, diharapkan dapat memperkenalkan pariwisata Indonesia sehingga ikut mendorong upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing seperti halnya dampak dari perhelatan bergengsi dunia lainnya seperti Asian Games atau Annual Meeting World Bank dan IMF yang akan berlangsung pada 2018.

Tema yang akan diusung pada FIABCI APREC 2019 adalah mengenai pembangunan perumahan untuk MBR dan pengembangan kota-kota baru. Hal itu ditujukan untuk memperkenalkan program Pembangunan Sejuta Rumah (PSR) kepada dunia, dan keberpihakan industri properti nasional terhadap kebutuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

REI juga akan mengembangkan program terbaru FIABCI DUNIA yaitu Cities Prosperity Initiative yang mana FIABCI DUNIA telah bekerjasama dengan UN Habitat untuk mendorong dan mengembangkan agar kota-kota di negara berkembang memiliki hunian yang terjangkau, layak huni dan ramah lingkungan.

“Nantinya, REI akan menyeleksi kota-kota di Tanah Air untuk diikutkan dalam program FIABCI DUNIA pada World Urban Forum 2018 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Februari 2018,” ungkap Rusmin Lawin, Wakil Ketua Umum DPP REI bidang Hubungan Luar Negeri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 


Posisi bergengsi

Sidang Majelis Umum FIABCI yang dipimpin langsung oleh World President FIABCI 2017-2018 Farook Mahmood juga menempatkan tiga putra terbaik Indonesia di posisi bergengsi di federasi real estat dunia tersebut.

Sidang yang dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan Global Real Estate Summit di Royal Olympic Hotel Athena, Yunani, dari 8-10 Desember 2017 tersebut memilih dan menetapkan Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata sebagai FIABCI Asia Pacific President atau Presiden FIABCI se-Asia Pasifik untuk periode 2018-2019.

Soelaeman menjadi salah satu dari sedikit putra terbaik Indonesia di industri real estat yang berhasil menduduki posisi bergengsi tersebut. Sebelumnya, putra Indonesia yang pernah menjabat Presiden FIABCI Asia Pasifik adalah Ciputra dan almarhum Teguh Satria, yang juga pernah menjabat Ketua Umum DPP REI.

Alumnus Teknik Planologi Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut diharapkan mampu mengembangkan industri properti menuju panggung global, mendorong investasi masuk ke Indonesia, serta mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para senior REI, pengurus pusat dan pengurus daerah REI, serta seluruh anggota REI yang telah mendukung dan mendoakan saya sehingga terpilih memimpin FIABCI Asia Pasifik demi mengembalikan kejayaan Indonesia di pentas dunia khususnya di industri real estat,” ungkap Soelaeman.

FIABCI adalah akronim bahasa Prancis “Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers”, yang berarti Federasi Real Estat Internasional (International Real Estate Federation). Federasi real estat ini didirikan pada 1945, dan Indonesia mulai bergabung dalam FIABCI sejak 1977. Saat ini ada lebih dari 60 negara yang terwakili di FIABCI.

Sementara FIABCI Asia Pasifik meliputi Australia, India, Indonesia, Jepang, Korea, Macau, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan dan Thailand.

Selain memilih Eman sebagai FIABCI Asia Pacific President periode 2018-2019, sidang Majelis Umum FIABCI juga memilih dan menetapkan Sekretaris Jenderal DPP REI Totok Lusida sebagai Vice President of World FIABCI Developers Council periode 2018-2020, serta Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Hubungan Luar Negeri Rusmin Lawin sebagai World FIABCI Board Member periode 2018-2019.

Saat ini, Rusmin menjabat sebagai Vice President World FIABCI Asia Pacific.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya