Landas pacu Bandara Kertajati Diperpanjang Jadi 3.000 Meter

Panjang runway Bandara Kertajati saat ini 2.500 meter, dan akan diperpanjang menjadi 3.000 meter.

oleh Merdeka.com diperbarui 01 Okt 2018, 19:49 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2018, 19:49 WIB
Musim Haji, Bandara Kertajati Akan Jadi Embarkasi Antara
Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka akan menjadi bagian dari embarkasi antara pada musim haji 2018. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, Muhammad Awaluddin, di Kantonya Jakarta. Adapun pembahasan rakor kali ini mengenai perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Kertajati, Jawa Barat.

"Pasti secara fisik bahwa kewajiban AP II untuk melakukan perpanjangan runway jadi 3.000 meter bisa dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Budi Karya saat ditemui di Kantor Kemenko Martimi, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Sebagai informasi, panjang runway Bandara Kertajati saat ini 2.500 meter, dan akan diperpanjang menjadi 3.000 meter. Dengan adanya perpanjangan tersebut maka akan memudahkan pesawat-pesawat besar masuk ke Bandara Kertajati.

"Saya pikir itu solusi yg baik dan bisa membuat Kertajati bisa digunakan dengan pesawat apapun termasuk triple seven," sebut Budi.

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selesai Akhir Tahun

Musim Haji, Bandara Kertajati Akan Jadi Embarkasi Antara
Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka akan menjadi bagian dari embarkasi antara pada musim haji 2018. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sementara itu, Ridwan Kamil menambahkan, perpanjangan runway tersebut memang diperlukan guna mempercantik bandara terbesar kedua yang dimiliki Jawa Barat tersebut. Dirinya menargetkan, perpanjangan runway tersebut bisa selesai pada akhir tahun nanti.

"Kemudian perpanjangan runway menjadi. 3.000 meter supaya bandaranya keren, pesawat-pesawat berbadan lebar Airbus dan lain-lain yang badan gede bisa datang, hari ini sepakat dilakukan. Target runway selesai Desember, untuk pesawat lebar saja," kata Ridwan Kamil.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya