5 Langkah yang Harus Dilakukan UMKM Kuliner untuk Berhasil di Cloud Kitchen

UMKM kuliner wajib mengetahui hacks untuk meningkatkan kehadiran online dan menjangkau lebih banyak konsumen.

oleh Tira Santia diperbarui 28 Sep 2020, 17:22 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2020, 07:00 WIB
Everplate Kitchens
Everplate Kitchens

Liputan6.com, Jakarta Saat pandemi ini, pemasaran bisnis kuliner bergeser ke market digital. Kamu pasti menjadi salah satu orang yang sering pesan makanan melalui aplikasi layanan pesan-antar (GoFood, GrabFood) dibanding makan di restoran.

Bahkan Instagram menjadi sebuah katalog atau portofolio untuk para pebisnis kuliner. Sebabnya, UMKM kuliner wajib mengetahui hacks untuk meningkatkan kehadiran online dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Di bawah adalah 5 saran dari Everplate Kitchens untuk para pengusaha kuliner hingga bisa berhasil di cloud kitchen atau pun bisnis online food delivery secara keseluruhan. Apa saja?

1. Exposure melalui berbagai platform penjualan dan media sosial

UMKM Kuliner disarankan untuk daftar ke berbagai platform penjualan di bidang e-commerce, layanan pesan-antar, ataupun media sosial. Objektif ini adalah untuk meningkatkan brand awareness dan eksposur semaksimal mungkin.

2. Mengoptimalkan profil di aplikasi layanan pesan-antar

 

 

Everplate kitchen.
Everplate kitchen.

Semua partner Everplate Kitchens bisa ditemukan di halaman utama GoFood (Gojek) dan GrabFood (Grab).

Everplate Kitchens memastikan profil restoran sudah optimal sebelum di-onboard ke aplikasi GoFood atau GrabFood agar memaksimalkan konversi ketika konsumen melihat halamannya.

Beberapa komponen yang Everplate Kitchens memeriksa termasuk: kualitas hero banner, kategori yang relevan untuk meningkatkan pencarian, kualitas foto-foto menu makanan, segmentasi menu dan sebagainya.

Everplate Kitchens juga menyarankan agar setiap bisnis kuliner untuk daftar ke dalam kampanye nasional layanan pesan-antar.

Langkah ini dijamin akan tingkatkan eksposur di halaman utama masing-masing aplikasi layanan pesan-antar. Sebaiknya, diskon dipakai untuk 3-5 menu best seller dengan kualitas foto yang tinggi.

3. Meningkatkan rating restoran di aplikasi layanan pesan-antar

Untuk meningkatkan konversi lebih lanjut, restoran disarankan mempunyai rating di atas 4.5 bintang agar membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas makanan dan minuman tersedia.

Untungnya, Everplate Kitchens mempunyai inisiatif untuk meningkatkan rating restoran di dalam jangka waktu dua minggu.

4. Inisiatif untuk mengoptimalkan produktivitas dan efisiensi dapur

Everplate Kitchens sangat memprioritaskan produktivitas dan efisiensi per meter persegi dan tenaga kerja.

Karena itu, setiap dapur direkomendasikan untuk dipakai buat lebih dari satu brand. Sumber pendapatan menambah meskipun biaya awal dan operasional tetap sama.

Langkah ini juga merupakan kesempatan yang baik bagi pengusaha bisnis kuliner yang ingin mencoba ide atau konsep baru dengan resiko rendah.

5. Retensi pelanggan atau customer feedback

Terakhir, restoran harus memastikan kualitas produknya meninggalkan kesan yang baik ketika konsumen mencoba makanan dan minumannya.

Ini termasuk rasa, porsi, dan kualitas dibandingkan dengan titik harga. Ingat, penyiapan makanan untuk delivery beda dengan dine-in, jangka waktu masak dan pengemasan harus disesuaikan untuk layanan pengiriman.

Di Everplate Kitchens, setiap dapur dirancang khusus untuk delivery sehingga makanan dapat disiapkan dan diterima konsumen secepatnya.

Selain itu, sangat penting bagi restoran untuk mengumpul customer feedback agar bisa memperbaiki layanannya.

 

Tonton Video Ini

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya