Pemerintah Percepat Vaksinasi Daerah PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali

pemerintah terus mempercepat vaksinasi terutama di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di luar Jawa-Bali

oleh Andina Librianty diperbarui 09 Agu 2021, 22:01 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2021, 21:57 WIB
Salah satu peserta warga Muara Sanding tengah melakukan vaksinasi berhadiah yang diselenggarakan DPC PDIP Garut.
Salah satu peserta warga Muara Sanding tengah melakukan vaksinasi berhadiah yang diselenggarakan DPC PDIP Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah terus mempercepat vaksinasi terutama di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di luar Jawa-Bali. Percepatan vaksinasi dilakukan dengan meningkatkan target jumlah suntikan per hari.

"Ini beberapa hal yang menjadi arahan presiden yaitu peningkatan vaksin. Kemudian arahan bapak presiden juga pembatasan PPKM yang ketat kemudian juga terkait isolasi terpusat," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM pada Senin (9/8/2021).

Program vaksinasi massal juga akan mengerahkan TNI sebanyak 500 target per hari, Polri 600 ribu per hari, Pemda sebanyak 1,2 juta per hari. Selebihnya kepada BKKBN dengan mengoptimalkan bidan sebagai vaksinator.

Dijelaskannya, khusus untuk di luar Jawa dan Bali sudah ada jadwal pengiriman vaksin yang akan tiba pada bulan ini sekira 77,5 juta dosis vaksin. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan distribusinya ke seluruh provinsi/kabupaten/kota.

"Pemerintah Daerah agar tidak menyimpan stok vaksin, dan vaksinasi dosis dua mendesak untuk segera diberikan," tutur Airlangga.

Pemerintah juga sudah menyiapkan jadwal pengiriman vaksin ke 45 kabupaten/kota PPKM level 4 dan 4 kabupaten/kota di Papua untuk mendukung PON.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stok Vaksin

Pemuka dan Tokoh Agama Jalani Vaksinasi COVID-19
Petugas memeriksa data para pemuka agama sebelum menjalani Vaksinasi COVID-19 di Mesjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (23/2/2021). Para pemuka agama itu berasal dari seluruh wilayah di Jakarta. vaksinasi akan berlangsung selama dua hari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Airlangga mengatakan ketersediaan vaksin untuk luar Jawa-Bali antara lain akan dicukupi dengan adanya pengiriman pada Juli- Agustus 10.620.340.

Kemudian yang akan hadir pada 12 Agustus sebanyak 6.000.000 dosis, dan ada pengiriman pada 16 atau 17 Agustus 2021 sebanyak 5.628.000 dosis.

"Dan diharapkan ini bisa terkirim minggu ketiga bulan Agustus sebesar 34 juta dari total 73 juta yang akan datang pada bulan Agustus," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya