Sederet Ucapan Menteri untuk Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF

Timnas Indonesia resmi lolos ke babak final piala AFF setelah menekuk timnas Singapura 4-2.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 26 Des 2021, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Des 2021, 15:00 WIB
Asnawi Mangkualam - Timnas Indonesia - 25 Desember 2021
Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam memeluk Evan Dimas Darmono setelah mengalahkan Singapura 4-2 pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Singapura Stadium, Sabtu, 25 Desember 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia resmi lolos ke babak final piala AFF setelah menekuk timnas Singapura 4-2. Total agregat yang didapat timnas Garuda yakni 5-3 yang jadi penentu lolos ke laga final.

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju pun mengapresiasi capaian Timnas Garuda di Piala AFF ini. Sejumlah menteri ini mengucapkannya melalui unggahan di akun Instagram resmi masing-masing.

Euforia kemenangan timnas Indonesia dari laga penuh drama semalam dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Termasuk sejumlah menteri yang ikut memantau jalannya pertandingan.

1. Menteri BUMN, Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan rasa bahagianya dengan lolosnya Indonesia ke final AFF.

“Finaaaaal!! Selamat Indonesia. Pencapaian yang luar biasa, lolos ke final Piala AFF 2020 mengalahkan tim tuan rumah Singapura 4-2,” kata dia di Instagram @erickthohir, dikutip Minggu (26/12/2021).

Menteri Erick juga berterima kasih kepada kiper Indonesia yang mampu menahan tendangan pinalti Singapura. Sehingga semangat seluruh anggota tim kembali membara.

“Terima kasih kiper Nadeo yang mengembalikan semangat timnas setelah berhasil menahan tendangan penalti Singapura. Terima kasih dan apresiasi juga untuk seluruh pemain, pelatih, dan official yang terus berjuang hingga akhir babak,” tulisnya melengkapi cuplikan video singkat yang diunggahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki/Istimewa.

Apresiasi juga disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Teten Masduki melalui akun Instagramnya. Ia menyampaikan ketegangan yang dirasakan saat menyaksikan pertandingan antar negara unggulan sepakbola tersebut.

“Menegangkan sekali nonton pertandingan semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia dan Singapura,” kata dia.

“Setelah susul menyusul gol dari skor 1-1 di babak pertama, 2-2 di akhir babak kedua, hingga babak perpanjangan yang dimenangkan Timnas Indonesia. Selamat buat Timnas Indonesia yang akhirnya lolos ke final Piala AFF 2020,” imbuhnya bercerita.

Menteri Teten juga menyampaikan langkah ini jadi satu langkah penting bagi Timnas Garuda. Namun, masih ada satu langkah tantangan sebelum mendapatkan gelar juara piala AFF.

“Masih satu langkah lagi. Semoga gelar juara bisa kita rebut kali ini. Selamat berjuang!,” kata dia.

 


3. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno Usul 2 Pulau Merak Jadi Pusat Ekonomi Kreatif di Cilegon
Menparekraf Sandiaga Uno. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Senada, semangat juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Singkat, ia mengunggah hasil skor agregat 5-3 antara Indonesia dan Singapura dan sebuah foto pemain Timnas Indonesia.

“Aggregat 5-3 untuk Indonesia…!!! Ada yang selama 120 menit tadi juga tegang menonton semifinal Piala AFF leg kedua?,” kata Sandi.

Dengan banyaknya momen menegangkang selama pertandingan semalam, Sandi berharap timnas garuda bisa merebut kembali gelar juara di partai final beberapa waktu mendatang.

“Salut banget sama pemain timnas kita! Mudah-mudahan kita bisa merebut juara di final nanti,” tutupnya.

 


Laga Semi-Final

Egy Maulana Vikri, Timnas Indonesia
Egy Maulana Vikri merayakan selebrasi, Timnas Indonesia Vs Singapura 4-2 pada semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Minggu (25/12/2021). Indonesia lolos ke final. (AP/Suhaimi Abdullah)

Timnas Indonesia menang dramatis atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Sempat meminpin dan tertinggal serta diwarnai tiga kartu merah, skuat Garuda akhirnya menang 4-2.

Hasil ini mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF lantaran unggul agregat 5-3 atas Singapura. Pada leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1.

Bermain di Singapura Stadium, Rabu (25/12/2021) malam WIB, Timnas Indonesia unggul terlebih dahulu pada menit ke-11 lewat Ezra Walian. Song Ui-young menyamakan skor pada menit ke-45+4 walau Singapura bermain dengan 10 pemain karena Safuwan Baharudin menerima dua kartu kuning.

Singapura kembali kehilangan satu pemainnya pada babak kedua setelah Irfan Fandi diganjar kartu merah. Tetapi dengan sembilan pemain, The Lions berbalik unggul di menit ke-74 lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman.

Pasukan Shin Tae-yong mencetak gol balasan di menit ke-87 setelah Pratama Arhan memanfaatkan bola muntah di kotak penalti. Singapura sebenarnya berpeluang untuk memenangkan laga ini, tetapi sepakan penalti Faris Ramli bisa diblok kiper Nadeo Argawinata.

Skor 2-2 membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Timnas Indonesia kemudian mencetak dua gol lagi melalui gol bunuh diri Shawal Anuar di menit ke-91 dan Egy Maulana Vikri pada menit ke-105+2. Skor 4-2 untuk kemenangan skuat Garuda bertahan hingga laga usai.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyebut kemenangan di hari Natal sebagai pertandingan di mana pemainnya pergi ke 'surga dan neraka'. "Kedua tim berjuang sangat keras dan kami benar-benar pergi dari surga ke neraka dalam pertandingan," kata juru taktik asal Korea Selatan itu usai pertandingan seperti dikutip dari situs resmi Piala AFF 2020.

"Kami adalah tim yang relatif muda dan ketika memiliki keuntungan, kami perlu belajar bagaimana bermain dengan tenang sehingga kami harus mencoba untuk meningkatkan dari sini," pungkas Shin Tae-yong.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya