Top 3: Demo Buruh Tolak Harga BBM Naik

Informasi demo buruh tolak harga BBM naik ini menjadi artikel yang paling banyak dibaca.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 07 Sep 2022, 06:30 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2022, 06:30 WIB
Demo Buruh
Ribuan buruh melakukan aksi mogok nasional menuntut pemerintahan Jokowi-JK membatalkan kenaikan BBM dan menaikan upah layak untuk buruh. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Demo yang digelar Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menghadirkan ribuan buruh. Para buruh ini merasa mereka masuk dalam golongam rakyat kecil yang merasakan keresahan dari dampak kenaikan harga BBM pada Sabtu (3/9/2022) lalu.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga Presiden Partai Buruh Said Iqbal menegaskan, puluhan ribu buruh akan melakukan aksi demo BBM pada Selasa, 6 September 2022 di sentra-sentra industri dan juga sejumlah kota besar.

Tujuan dilakukan demo hari ini adalah meminta gubernur membuat surat rekomendasi kepada Presiden dan Pimpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM. 

Informasi demo buruh tolak harga BBM naik ini menjadi artikel yang paling banyak dibaca. Selain itu, masih ada artikel lainyang tak kalah menarik.

Berikut daftar artikel yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Rabu (7/9/2022):

1. Demo Buruh Kepung DPR Hari Ini, Tuntut Harga BBM Turun

Partai Buruh dan sejumlah organisasi Serikat Buruh hari ini akan menggelar demo buruh menolak kenaikan harga BBM yang diumumkan oleh Pemerintah pada Sabtu 3 September 2022.

Di mana harga Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter, harga solar subsidi naik dari Rp 5.150 jadi Rp 6.800 per liter. Pertamax juga ikut naik dari Rp 12.500 jadi Rp 14.500 per liter.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sri Mulyani: Indonesia Butuh Ongkos Infrastruktur Ribuan Triliun Rupiah

Melihat Progres Pembangunan LRT yang Mundur Hingga Juni 2022
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di ruas Jalan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (7/8/2020). PT Adhi Karya akan memprioritaskan pengerjaan proyek infrastruktur berlabel proyek strategis nasional (PSN) di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan, pendanaan untuk proyek pembangunan infrastruktur nasional tidak akan bisa bergantung hanya dari APBN saja. Pun juga tak akan mampu bila bersender pada neraca keuangan BUMN karya.

Pasalnya, Sri Mulyani menyatakan, negara membutuhkan dana yang teramat besar untuk membangun proyek infrastruktur di seluruh Tanah Air.

"Karena kebutuhan untuk pembangunan infrastruktur bukan Rp 100 triliun, bukan Rp 700 triliun, but it can be ribuan triliun rupiah," ujar Sri Mulyani dalam acara penyelesaian transaksi antara PT Waskita Toll Road dengan INA, Selasa (6/9/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

 


3. Ramai Demo BBM Naik, Warteg Malah Sepi Pembeli

Massa buruh menggeruduk Gedung DPR-MPR RI
Massa buruh menggeruduk Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, dalam rangka unjuk rasa menolak kebijakan kenaikan harga BBM. (Dok. Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Demo buruh menolak harga BBM naik di depan gedung DPR RI, Selasa (6/9/2022). Ternyata, ini berimbas ke sektor usaha kecil, khususnya warteg.

Koordinator Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni menyebut sejumlah warteg sepi terdampak dari adanya demo BBM naik tersebut. Hal ini sebagai langkah antisipasi dari pergerakan massa yang terjadi di wilayah Jabodetabek.

"Ya tadi dari Bekasi ke Jakarta sepi, ini juga mengurangi orang mobilisasi ke Jakarta," kata dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (6/9/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya