Jadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Restui BUMN Sponsori Turnamen Sepak Bola

Pasca terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperbolehkan perusahaan BUMN terlibat dalam sponsorship turnamen sepakbola.

oleh Tira Santia diperbarui 18 Feb 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2023, 18:30 WIB
Erick Thohir Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam KLB PSSI 2023
Pasca terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperbolehkan perusahaan BUMN terlibat dalam sponsorship turnamen sepakbola. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Pasca terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperbolehkan perusahaan BUMN terlibat dalam sponsorship turnamen sepakbola.

Namun dengan catatan, kegiatan sponsorship tersebut tidak menyebabkan kerugian terhadap keuangan perusahaan BUMN yang terlibat.

"Yang pasti kalau sponsorship artinya apa? menguntungkan bagi kedua belah pihak, jadi sepanjang itu menguntungkan, kita serahkan pada (perusahaan) BUMN masing-masing kan gitu. Kalau menguntungkan kenapa nggak," kata Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga di Jakarta, Sabtu (17/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Arya mencontohkan BRI yang sukses menjadi sponsorship Kompetisi Liga 1 sepakbola di tanah air, yang juga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah di BRI.

"Yang kami ketahui BRI malah sampai level bawah itu semua sangat kuat, kompensasi teehadap brand, nasabah BRI juga naik," ujar Arya.

Gantikan Mochamad Iriawan

Sebagai informasi, Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) menggantikan posisi Mochamad Iriawan.

Erick berhasil mengungguli kandidat lainnya di 64 suara. Sementara itu, La Nyalla Mattalitti hanya mengemas 22 suara.

Dalam target prioritas jangka pendeknya sebagai Ketua Umum PSSI, Erick Thohir akan menyelenggarakan Piala Dunia U20 di tanah Air dengan spektakuler. 

Kata Arya, Erick Thohir menilai event ini merupakan terbesar kedua daripada FIFA, sehingga ini adalah momen yang tepat untuk meningkatkan reputasi sepakbola Indonesia di kancah internasional.

"Yang terberat adalah penyelenggaraan piala dunia U20 ini berat karena ini ajang besar karena FIFA nomor 2 setelah piala senior, ini reputasi. Makannya penyelenggaraannya akan sangat bagus, pake erick bilang gitu," kata Arya.

Adapun ajang sepak bola bergengsi tersebut dijadwalkan berlangsung di Tanah Air mulai tanggal 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erick Thohir Jadi Ketua PSSI, Bahlil Yakin Sepak Bola Indonesia Lebih Baik

Kongres PSSI 2023
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Ketua Umum PSSI ll Zainudin Amali (kiri) dan Wakil Ketua Umum PSSI l Ratu Tisha (kanan) bertumpu tangan saat Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Dalam kongres itu, Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI sementara Zainudin Amali serta Ratu Tisha terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI I dan II untuk kepengurusan PSSI periode 2023-2027. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menang telak dari 3 pesaingnya dalam  penghitungan suara Kongres Luar Biasa PSSI hari ini. 

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia menyampaikan ucapan selamat kepada Erick Thohir. Bahlil yakin dibawah kepemimpinan Erick, PSSI dan sepak bola Indonesia akan jauh lebih baik. 

“Saya ucapkan selamat kepada Abang saya, Pak Erick, Menteri BUMN atas terpilihnya beliau menjadi Ketua Umum PSSI,” kata Bahlil di Gedung Kementerian Investasi, Jakarta, Kamis (16/2). Bahlil mempercayakan masa depan sepak bola nasional kepada Erick yang telah berpengalaman mengurus klub sepak bola. Apalagi pengalamannya memegang beberapa klub bola asal Eropa. 

“Siapa yang tidak tahu Pak Erick, dulu jadi Presiden Inter Milan dan beberapa klub di eropa. Jadi saya percaya betul bagaimana beliau bisa membawa betul sepak bola indo menjadi yang terbaik,” tuturnya. 

Tak hanya itu, sebagai sesama menteri, Bahlil telah mengenal karakter Erick yang profesional. Sikap profesional ini yang akan membawa berbagai kejutan dalam PSSi dan dunia sepak bola tanah air. 

“Beliau ini kerjanya profesional, pasti banyak kejutan yang akan kita hadapi,” pungkasnya. 


Jadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Masih Jabat Menteri BUMN

PSSI - Erick Thohir Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027
PSSI - Erick Thohir Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027 (Bola.com/Adreanus Titus)

Erick Thohir telah sah menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Dia menang mutlak dengan mengantongi 64 suara dari total 86 suara sah yang dihitung Komite Pemilihan KLB PSSI.

Usai dinyatakan sebagai Ketua Umum terpilih, Erick Thohir kembali menyambangi para voter sembari mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

"Terima kasih, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Bismillah ya," ujarnya berulang kali kepada para voters, dikutip Kamis (16/2/2023).

Meski terpilh sebagai ketua PSSI usai mengungguli sejumlah kandidat lain, Erick Thohir pun masih menjabat sebagai Menteri BUMN.

Dikutip dari laman bumn.go.id, saat ini, Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN ke-9 sejak 23 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Sebelumnya pria kelahiran 30 Mei 1970 ini menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia antara 2015 dan 2019 serta menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

Erick Thohir meraih Bachelor or Arts dari Glandale University pada tahun 1991 dan menyelesaikan gelar Master of Business Administration dari National University of California pada tahun 1993.

Karir sebelum menjabat sebagai Menteri BUMN, antara lain adalah sebagai Direktur ANTV (2014), Komisaris Utama Mahaka Media, Ketua INASGOC Badan Pengelola Asian Games (2018), dan Ketua Tim Pemenangan Jokowi & Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Presiden dan Wapres 2019.

Wajah Baru

Dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber dan Biodatanya, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir dianggap sebagai wajah baru yang belum terkontaminasi pengurus lama PSSI yang dianggap bobrok. Meski belum pernah menjadi pengurus PSSI, segudang pengalaman sudah dimiliki Erick Thohir di dunia olahraga.

Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru, selama ini dikenal sangat mencintai olahraga terutama bola basket dan sepak bola. Pria 52 tahun itu pernah menjadi ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) pada tahun 2004 sampai 2006. 


Bola Basket

Kongres PSSI 2023
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir (tengah) berjabat tangan dengan Wakil Ketua Umum PSSI ll Zainudin Amali (kiri) disaksikan Wakil Ketua Umum PSSI l Ratu Tisha (kanan) saat Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Dalam kongres itu, Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI sementara Zainudin Amali serta Ratu Tisha terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI I dan II untuk kepengurusan PSSI periode 2023-2027. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidak hanya itu, Erick Thohir juga merupakan anggota Central Board Federasi Bola Basket Dunia (FIBA). Erick sudah dua periode menjadi anggota central board FIBA. Periode pertama pada 2015 sampai 2019 dan kemudian berlanjut dari 2019 hingga 2023.

Erick Thohir memiliki jasa besar sehingga Indonesia terpilih sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Jepang dan Filipina. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga mampu membangun venue baru Indonesia Arena yang menjadi stadion indoor terbesar di tanah air.

Di bola basket, Erick Thohir dikenal sebagai pemilik klub Satria Muda yang menjadi langganan juara di liga basket nasional baik Kobatama, NBL hingga IBL. Erick Thohir juga sempat memiliki saham klub NBA Philadelphia 76ers.

Sepak BolaSementara di dunia sepak bola, Erick Thohir akan terus dikenang sebagai orang Indonesia pertama yang mampu membeli klub raksasa Eropa yakni Inter Milan. Pada tanggal 15 Oktober 2013, melalui International Sport Capital, Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70 persen.

Erick Thohir kemudin dipercaya menjadi presiden Inter Milan. Adik Garibaldi Thohir itu menjadi pemilik Inter sampai tahun 2016 sebelum melepas kepemilikan mayoritasnya di klub tersebut kepada perusahaan China, Suning Holdings Group Co. Dua tahun kemudian, jabatan presiden klub diserahkan Erick kepada Steven Zhang.

Tak cuma Inter Milan, Erick Thohir juga tercatat memiliki klub sepak bola Liga Amerika Serikat DC United dan klub Liga Inggris Oxford United. Di Liga Indonesia, Erick Thohir juga pernah terlibat di Persija Jakarta, Persib Bandung dan Persis Solo.

Bawa Persib Bandung Juara

Ketika Persija menjadi kampiun Liga Indonesia 2001, Erick Thohir dipercaya sebagai direktur keuangan. Selain dengan Persija Jakarta, Erick Thohir juga punya peran dalam trofi Indonesia Super League (ISL) Persib Bandung pada 2014.

Ketika Persib menjadi juara ISL 2014, Erick Thohir menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Erick Thohir mengaku membantu Glenn Sugita yang menjadi direktur utama dan Umuh Muchtar selaku komisaris.

"Sewaktu di Persib, saya menjadi wakil komisaris membantu Pak Umuh dan Pak Glenn. Saya lebih di administrasi dan Persib juara," papar Erick Thohir.

Sejak tahun 2021, Erick Thohir juga menjadi pemilik Persis Solo. Erick memiliki saham sebanyak 20 persen. Dia bergabung sebagai pemilik baru Persis bersama putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Direktur PT Plevia Makmur Abadi Kevin Nugroho.

Tangan dingin Erick Thohir diharapkan bisa mengubah sepak bola Indonesia jika terpilih memimpin PSSI. Erick Thohir sudah membuktikannya dengan mampu melakukan transformasi Badan Usaha Milik Negara sejak ditunjuk Jokowi sebagai Menteri BUMN.  

Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya