Menuju Pelabuhan Ciwandan, Pemudik Motor Dilarang Melintas di Jalan Lingkar Selatan Cilegon

CiPemudik motor dilarang melewati Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, Banten, untuk menuju ke Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo II. Jalan tersebut di khususkan untuk truk dan kendaraan besar lainnya.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 19 Apr 2023, 15:47 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 18:22 WIB
Antrean panjang ribuan pemudik sepeda motor dan mobil di Pelabuhan Merak pada arus mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)
JLS Kota Cilegon dianggap rawan jika dilintasi pemudik sepeda motor, karena mereka akan berpapasan dengan truk dan kendaraan lainnya, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Liputan6.com, Jakarta Pemudik motor dilarang melewati Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, Banten, untuk menuju ke Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo II. Jalan tersebut di khususkan untuk truk dan kendaraan besar lainnya.

"JLS kita tidak sarankan untuk roda dua, roda dua itu masuk kota, JLS itu untuk truk," ujar Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Firman Darmansyah, kepada awak media, Rabu (12/04/2023).

JLS Kota Cilegon dianggap rawan jika dilintasi pemudik sepeda motor, karena mereka akan berpapasan dengan truk dan kendaraan lainnya, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Nanti rambu lalu lintas dan petunjuk arah akan dipasang, sehingga memudahkan pemudik sepeda motor melewati jalur protokol untuk sampai ke Pelindo II dan terpisah dengan truk.

"Nanti ada petunjuk arah roda dua itu masuk ke dalam kota nanti tembus ke Pelindo II, JLS prioritas untuk truk, sehingga tidak terjadi benturan antara truk dengan roda dua, tidak terjadi crossing," terangnya.

Pengawalan terhadap pemudik sepeda motor hanya dilakukan jika datang dalam kelompok besar. Nantinya mereka akan di kumpulkan di suatu tempat, kemudian di kawal polisi hingga sampai ke Pelabuhan Ciwandan yang dikelola oleh Pelindo II.

"Pengawalan ini jika nanti berkelompok besar masyarakat, menumpuk, itu nanti kita prioritas melakukan pengawalan," tuturnya.

Rest area di KM43 dan KM68 dijadikan kantung parkir, agar mobil dan kendaraan besar tidak langsung sampai di Pelabuhan Merak.

Nantinya truk dan kendaraan besar lainnya akan di arahkan keluar Gerbang Tol (GT) Cilegon Timur, dilanjutkan ke Bojonegara, Kabupaten Serang, untuk masuk ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

"Truk bisa ke Ciwandan, sembako dan BBM itu. Kalau truk besar, nanti akan di masukkan ke BBJ," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalur Mudik Sepeda Motor Menuju Pelabuhan Ciwandan Dilapisi Aspal Plastik

Jalur mudik di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon
Jalur mudik di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, Banten, dilapisi aspal plastik dari PT Chandra Asri Petrochemical. Total sampah plastik yang digunakan seberat 4,96 ton atau mencapai 661 ribu lembar.

Jalur mudik di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, Banten, dilapisi aspal plastik dari PT Chandra Asri Petrochemical. Total sampah plastik yang digunakan seberat 4,96 ton atau mencapai 661 ribu lembar.

Aspal sampuran plastik itu digunakan untuk melapisi sejumlah ruas jalan yang tidak rata, atau membutuhkan pengaspalan. Agar pemudik yang menuju Pelabuhan Ciwandan lebih nyaman dan aman saat berkendara.

"Aspal plastik digunakan untuk perbaikan jalan seluas 2.691 m2 yang tersebar di beberapa titik di sepanjang JLS," ujar Edi Rivai, Direktur Legal, External Affairs, and Circular Economy Chandra Asri, Selasa (11/04/2023).

Edi Rivai mengatakan JLS yang ditambal menggunakan aspal bercampur plastik akan menjadi lebih kuat dan mulus saat dilalui pemudik. Harapannya, kenyamanan dan keselamatan masyarakat bisa lebih terjamin saat melintasinya.

Jika kondisi jalan mulus dan kuat, maka mengurangi biaya perawatan rutin yang harus dikeluarkan pemerintah daerah.

"Dengan penambahan komponen plastik pada aspal, jalan mejadi lebih kuat dan tidak mudah retak, sehingga dapat memperpanjang umur pakai jalan dan menghemat biaya pemeliharaan jalan," jelasnya.

JLS Kota Cilegon yang bernama Jalan Aat-Rusli itu menjadi lintasan utama pemudik sepeda motor, jelang Idul Fitri 2023. Pemerintah pusat, baik presiden hingga jajaran kementrian juga telah melakukan pemantauan kesiapannya.


Jalan Utama Pemudik

Selain menjadi jalan utama pemudik, JLS Kota Cilegon juga menjadi akses wisatawan menuju Anyer, hingga kendaraan industri yang dibatasi lalu lalang nya di jalanan protokol.

"Dengan terciptanya infrastruktur yang memadai otomatis akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah," terangnya.

Pemanfaatan sampah plastik sebagai bahan campuran aspal bukan hal baru dan telah dilakukan di banyak daerah, seperti pengaspalan di dalam pabrik Chandra Asri Petrochemical sejak 2018, kemudian di jalan perumahan di Kota Cilegon, Depok, Garut, Semarang dan Kudus.

Total jalan yang sudah di aspal menggunakan campuran sampah plastik mencapai 78,3 kilometer, dengan target 100 km pada 2023 ini.

"Meningkatnya kesadaran dan ketertarikan pemangku kepentingan akan penggunaan aspal plastik, Chandra Asri telah merilis CIRCLO, brand untuk produk berkelanjutan dari olahan sampah plastik, salah satunya untuk cacahan sampah plastik yang khusus digunakan sebagai campuran aspal," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya