Pendaftaran CPNS 2023 Pakai Materai Elektronik, Begini Cara Belinya

Pelaksanaan pembukaan penerimaan CPNS 2023 yang akan diadakan dari tanggal 17 September 2023 sampai dengan 6 Oktober 2023

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 16 Sep 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2023, 21:00 WIB
Melihat Tes SKD CPNS di Jakarta
Pelaksanaan pembukaan penerimaan CPNS 2023 yang akan diadakan dari tanggal 17 September 2023 sampai dengan 6 Oktober 2023. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan pembukaan penerimaan CPNS 2023 yang akan diadakan dari tanggal 17 September 2023 sampai dengan 6 Oktober 2023 mendatang, pastinya akan menarik minat dari masyarakat pencari kerja di Indonesia. Dengan setidaknya 1,17 juta formasi CPNS 2023 yang tersedia pada tahun ini.

Seperti yang diketahui bahwa pelamar diwajibkan untuk mengunggah beberapa dokumen terkait sebagai syarat pendaftaran CPNS di antaranya dokumen-dokumen yang diwajibkan menggunakan Meterai Elektronik seperti pada penerimaan di tahun sebelumnya.

Untuk memberikan layanan yang lebih baik, PT Peruri Digital Security menyediakan solusi layanan baru yakni www.sign-it.id dan juga menjalin kerjasama kemitraan dengan Skill Academy dan 5 mitra reseller Meterai Elektronik lainnya dengan keunggulan dan kemudahan masing-masing sebagai berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • sign-it.id – Merupakan webapp yang menyediakan Meterai Elektronik dan juga Tanda Tangan Digital yang dapat dilakukan sekaligus dalam satu proses yang seamless. Tahun sebelumnya, melalui webapp e-meterai.co.id, PDS berhasil melayani jutaan Meterai Elektronik yang dibutuhkan oleh pelamar CASN. Sign-it.id diharapkan mempermudah proses verifikasi keaslian dokumen dengan menyediakan proses e-KYC dalam melakukan pembubuhan Tanda Tangan Elektronik. Berikut website yang dapat dikunjungi www.sign-it.id
  • Skill Academy by Ruangguru. Ini adalah platform pelatihan online & offline bersertifikat terbesar di Indonesia. Melalui situs dan aplikasi, tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan. Selain menyediakan program pelatihan dan pendidikan untuk membekali pelamar CASN 2023, sebagai salah satu platform resmi yang ditunjuk oleh Peruri Digital Security, masyarakat juga dapat melakukan pembelian hingga pembubuhan e-Meterai ke dalam dokumen melalui situs resmi https://skillacademy.com/e-meterai. Dengan dukungan akses ke template dokumen terstandar, pembubuhan e-Meterai melalui Skill Academy by Ruangguru kini hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja.
  • Selanjutnya adalah pastisah.id. Platform digital ini untuk mempermudah pembubuhan meterai dan tanda tangan di manapun dan kapanpun. Di sisi lain, Pastisah juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas demi menjaga kelestarian lingkungan. Maka dari itu, Pastisah menyediakan produk-produk digital, seperti E-Meterai, E-Signature, E-Stamp, E-KYC, dan Sertifikat Digital. Berikut website yang dapat dikunjungi www.pastisah.id
  • Website selanjutnya yaitu DigiDoku.id. Ini adalah platform pengelolaan dokumen digital yang mengedepankan kemudahan dan fleksibilitas tinggi dalam segala bidang bisnis anda. DigiDoku menjamin keamanan, kerahasiaan dan keaslian produk untuk anda agar bebas dari rasa khawatir. DigiDoku dapat dipercaya untuk mengelola dokumen elektronik. Berikut website yang dapat dikunjungi www.digidoku.id.
  • Lalu ada signing.id, memberikan layanan Meterai Elektronik dengan mudah, dengan jargon upload-tempel-selesai, dilengkapi berbagai fitur pembayaran mulai dari QRIS, Debit, Kartu Kredit dan Retail Outlet. Berikut website yang dapat dikunjungi www.signing.id.
  • Kemudian dimensy.id. Easy Dimensy adalah platform digital yang akan memudahkan kebutuhan pembubuhan Meterai Elektronik. Proses upload dokumen dan pembubuhan dapat dilakukan dalam hitungan menit. Dokumen yang telah dibubuhi Meterai Elektronik akan dikirim ke email dan nomor WhatsApp. Berikut website yang dapat dikunjungi https://dimensy.id/easy-dimensy/

Cara Cek Formasi CPNS 2023 dan PPPK di SSCASN BKN

Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 dilakukan melalui portal SSCASN. Dok SCCASN
Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 dilakukan melalui portal SSCASN. Dok SCCASN

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 baik CPNS 2023 maupun PPPK akan segera dimulai pada 17 September hingga 6 Oktober 2023. Sejauh ini, belum ada pengumuman dari BKN ataupun Kementerian PANRB mengenai penundaan jadwal pendaftaran CPNS 2023.

Pemerintah pada tahun ini akan membuka rekrutmen CPNS 2023 sebanyak 572.496 formasi. Jumlah tersebut terbagi dari beberapa formasi CPNS 2023 diantaranya 78.862 formasi untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah.Sebelum mendaftar, calon pelamar CPNS 2023 dan PPPK sebaiknya memperhatikan dulu formasi CPNS dan PPPK yang dibuka oleh instansi pemerintah.

Hal ini untuk menyesuaikan latar belakang pendidikan calon pelamar CPNS dan posisi apa yang dibutuhkan oleh instansi yang membuka lowongan CPNS 2023 dan PPPK.

Untuk mengetahuinya, bisa mengunjungi website Sscasn BKN. 

Cara Cek Formasi CPNS 2023 di SSCASN BKN

  1. Kunjungi website https://sscasn.bkn.go.id
  2. Kemudian klik '"Info Lowongan"
  3. Selanjutnya, Buka "Simulasi Pemilihan" dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan
  4. Jenis Pengadaan: (CPNS)
  5. Instansi: (Disesuaikan dengan pilihan pendaftar)
  6. Tingkat Pendidikan: (Lulusan Terakhir)
  7. Pendidikan: (Jurusan)Klik tombol "Cari"
  8. Terakhir, formasi yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing

Awas, Iming-Iming Oknum Janjikan Kelulusan CPNS 2023

800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Peserta mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 akan dimulai pada 17 September hingga 6 Oktober 2023. Seleksi CASN 2023 ini terdiri dari CPNS 2023 dan PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menghimbau agar masyarakat tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan CPNS dan PPPK.

“Harap berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti rangkaian seleksi CASN,” kata Azwar Anas, dikutip dari laman KemenpanRB, Sabtu (2/9/2023).

Mantan Kepala LKPP ini, menegaskan bahwa elaksanaan seleksi CASN mengedepankan sistem yang terbuka dan akuntabel. Computer Assisted Test (CAT) tetap digunakan, sehingga nilai peserta bisa terlihat secara real-time.

Lebih lanjut, Menpan RB juga mengimbau masyarakat agar cermat mengenali modus penipuan yang dilakukan oknum yang menjanjikan kelulusan pada seleksi CASN dengan meminta imbalan tertentu.

“Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” kata Menteri Anas di Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Selain itu, calon pelamar diminta harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya