Tol Indralaya-Prabumulih Ditutup Sementara hingga 26 Oktober 2023

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan menutup sementara Jalan Tol Indralaya-Prabumulih mulai hari ini, Selasa, 24 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB hingga Kamis, 26 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 24 Okt 2023, 20:35 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 20:35 WIB
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dibangun Hutama Karya. (Dok Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dibangun Hutama Karya. (Dok Hutama Karya)

Liputan6.com, Jakarta PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan menutup sementara Jalan Tol Indralaya-Prabumulih mulai hari ini, Selasa, 24 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB hingga Kamis, 26 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB.

Penutupan jalan tersebut dilakukan dalam rangka penyempurnaan sistem transaksi di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dengan melakukan perawatanatau maintenance pada mesin peralatan tol.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Tjahjo Purnomo mengimbau bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas ke arah Indralaya menuju Prabumulih dan sebaliknya, diharapkan untuk menghindari akses masuk Gerbang Tol (GT) Indralaya maupun GT Prabumulih pada waktu tersebut.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul dan menganjurkan pengguna jalan yang ingin melintas dari GT Palembang ke arah Indralaya agar keluar di GT Pemulutan dan GT KTM Rambutan dengan menggunakan jalan nasional (non-tol) sebagai alternatif rute," ujar Tjahjo, Selasa (24/10/2023).

Adapun update terkini di jalan tol yang dikelola akan diinfokan secara real-time melalui platform Instagram, Facebook & Twitter dengan nama akun @HkTolIndonesia.

Saran bagi Pengguna Jalan

Lebih lanjut, Tjahjo juga menyarankan kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol.

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo kartu Uang Elektronik (UE), dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengguna jalan tol dapat berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Segera beristirahat di tempat terdekat apabila merasa mengantuk. Apabila pengguna jalan tol mengalami keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol agar segera melapor ke Call Centre Tol Indralaya-Prabumulih di 0811-2222-6363," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hutama Karya Usul Tarif Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Rp 1.338 per Km

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dibangun Hutama Karya. (Dok Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dibangun Hutama Karya. (Dok Hutama Karya)

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) resmi mengoperasikan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 km. Ruas jalan tol tersebut mulai dibuka Rabu, 30 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB tanpa dikenai tarif alias gratis.

Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, pengoperasian ini menyusul dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 7 Juli 2023 lalu serta Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 872/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih.

"Jalan tol ini sudah siap untuk kami operasikan karena sebelumnya telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen Mudik Lebaran 2023, yang dilalui lebih dari 83 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan," ujar Tjahjo ditulis, Kamis (31/8/2023).Lebih lanjut Tjahjo menambahkan bahwa dari sisi fasilitas, ruas tol ini telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol. Salah satunya dengan menyediakan (dua) rest area yang berada di Km 65 Jalur A & B.

Adapun pengoperasian ruas jalan tol ini diawali dengan sosialisasi beroperasi tanpa tarif atau belum berbayar serta penggunaan kartu uang elektronik. Hal ini lantaran pengguna jalan tol yang melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

 


Usulan Tarif

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dibangun Hutama Karya. (Dok Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dibangun Hutama Karya. (Dok Hutama Karya)

"Melihat antusiasme yang cukup besar, kami berharap trafik di ruas tol ini cukup besar. Nantinya, untuk estimasi tarif tol yang berlaku sekitar 1.338 per km-nya. Tapi untuk detail lebih lengkap akan kami infokan setelah Kepmen tarif jalan tol ini telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR," terang Tjahjo.

Secara keseluruhan, jalan tol yang dirancang dengan kecepatan 100 km per jam ini dilengkapi dengan 2 simpang susun,18 jembatan, serta bangunan pendukung jalan tol yaitu 2 rest area.

Diperkirakan jika melalui tol ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih. Sementara jika menggunakan jalan arteri akan menghabiskan waktu mencapai 2 jam. Tol ini juga dapat mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih menuju Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.

4 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi Pertengahan 2019
Infografis 4 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi Pertengahan 2019.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya