Janji Gibran di Debat Cawapres, Lanjutkan Pendaftaran Tanah via Reforma Agraria hingga Tambah Dana Desa

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka berjanji untuk melanjutkan program reforma agraria berupa kepemilikan tanah hingga meningkatkan anggaran dana desa.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 21 Jan 2024, 19:52 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2024, 19:52 WIB
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka
 Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka berjanji untuk melanjutkan program reforma agraria berupa kepemilikan tanah hingga meningkatkan anggaran dana desa. (Sumber Foto: Tangkapan Layar Youtube KPU).

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka berjanji untuk melanjutkan program reforma agraria berupa kepemilikan tanah hingga meningkatkan anggaran dana desa.

Janji itu disampaikan Gibran Rakabuming Raka dalam sesi Debat Cawapres kedua pada Minggu, 21 Desember 2024.

Gibran mengatakan, pihaknya menyatakan komitmen untuk meneruskan agenda reforma agraria, juga terkait kepemilikan tanah dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan.

"Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), redistribusi tanah, dan one map policy akan dilanjutkan," ujar Gibran, Minggu (21/1/2024).

Selanjutnya, mantan Walikota Surakarta itu juga hendak melanjutkan program anggaran dana desa yang menurutnya sudah terbukti menurunkan angka desa tertinggal, sekaligus mendongkrak angka desa berkembang dan mandiri.

"Oleh karena itu, anggaran dana desa akan ditingkatkan sesuai dengan kekuatan fiskal di dalam negeri," imbuh Gibran.

Selain itu, Gibran bersama tim kampanyenya juga akan mendorong Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Hukum Adat agar lebih berkeadilan.

"Karena sesuai prinsip sustainable development goals (SDG's), yaitu leave no one behind. Narasi besarnya di sini adalah keberlanjutan dan penyempurnaan," tegas Gibran Rakabuming Raka .

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya