Survei Kitco Sebut Harga Emas Berpotensi Melemah, Ini Sentimennya

18 analis Wall Street berpartisipasi dalam Survei Emas Kitco News, dan setelah penurunan tajam pada hari Jumat, hanya sedikit yang optimis terhadap jangka pendek.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 10 Jun 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas diperdagangkan datar cenderung melemah sepanjang pekan pertama Juni 2024. Harga emas di pasar spot membuka perdagangan pekan pertama Juni pada USD 2.325,26 per ounce atau setara Rp 37,8 juta (asumsi kurs Rp 16.276 per dolar AS).

Perkiraan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin dari ECB dan Bank of Canada yang masih simpang siur, mendorong harga emas spot mencapai harga tertinggi mingguannya di USD 2.386,75.

Lantas bagaimana prediksi pergerakan harga emas pada pekan kedua Juni 2024? Survei Emas Mingguan Kitco News yang terbaru menampilkan mayoritas pakar industri menyerah pada prospek jangka pendek emas.

Sementara itu, sebagian besar pedagang ritel memperkirakan kenaikan emas pada minggu mendatang.                                                                                                                                                                                                                  Managing Director Bannockburn Global Forex, Marc Chandler mengatakan ada dua kekuatan yang dapat mendorong emas ke posisi terendah baru dalam satu bulan menjelang akhir pekan.

“Pertama, dan yang membuat heboh, adalah berita bahwa meskipun nilai dolar pada cadangan devisa Tiongkok tumbuh pada bulan lalu, Tiongkok tidak menambah kepemilikan emasnya untuk pertama kalinya dalam 18 bulan,” kata Chandler dikutip dari Kitco, Senin (10/6/2024).

Kedua, yang menambah kerugian adalah lonjakan suku bunga AS dan dolar AS sebagai respons terhadap data pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan.

Kemudian analis Pasar Senior di Barchart.com, Darin Newsom mengatakan harga emas kemungkinan akan bergerak melemah dalam beberapa hari ke depan.

“Meskipun saya tidak memperkirakan pergerakan lonjakan pada Jumat pagi, reaksi spontan terhadap bantuan lucu yang dikenal sebagai angka ketenagakerjaan bulanan AS, emas untuk bulan Agustus tetap berada dalam tren turun jangka menengah pada grafik mingguannya,” kata Newsom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Survei Emas Kitco

Survei Kitco Sebut Harga Emas Berpotensi Melemah, Ini Sentimennya
Ilustrasi Harga Emas Hari Ini di Dunia. Foto: DAVID GRAY | AFP

Minggu ini, 18 analis Wall Street berpartisipasi dalam Survei Emas Kitco News, dan setelah penurunan tajam pada hari Jumat, hanya sedikit yang optimis terhadap jangka pendek. 

Hanya dua ahli, yang mewakili 11%, memperkirakan harga emas akan naik lebih tinggi pada minggu depan. Sebelas analis, seluruhnya 61%, memperkirakan penurunan harga, dan lima analis lainnya, atau 28% dari total, memperkirakan emas akan mengalami tren sideways selama minggu mendatang.

Sementara itu, 184 suara diberikan dalam jajak pendapat online Kitco, dengan investor Main Street mewakili gambaran sebelum dari pasar yang relatif optimis. 

Adapun 107 pedagang eceran, atau 58%, memperkirakan harga emas akan naik pada minggu depan, proporsi yang sama seperti minggu lalu. Sebanyak 33 responden, atau 18%, memperkirakan harga akan turun, sementara 44 responden, yang mewakili 24% sisanya, memperkirakan harga akan turun secara sideways selama seminggu ke depan.

 


Sentimen Pekan Ini

Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)

Minggu depan perhatian investor akan berkisar pada rilis IHK AS untuk Mei pada Rabu pagi, diikuti dengan keputusan kebijakan moneter Federal Reserve pada sore hari.

Kemudian pada Kamis, pasar akan mengamati IHP AS untuk Mei dan klaim pengangguran mingguan, dengan Bank of Japan akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter mereka pada malam hari. Dan Jumat pagi akan dirilis Sentimen Konsumen Pendahuluan Universitas Michigan.

Adrian Day, Presiden Adrian Day Asset Management, termasuk di antara kelompok minoritas yang percaya emas dapat kembali pulih minggu depan.

“Penurunan pada hari Jumat setelah laporan penggajian AS berlebihan, dan menunjukkan beberapa pemegang saham merasa gelisah,” kata Day.


Harga Emas pada Jumat 7 Juni 2024

Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)

Sebelumnya, harga emas terjun bebas pada hari Jumat (Sabtu waktu Jakarta). Harga emas dunia anjlok setelah laporan ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat dari perkiraan meredam ekspektasi pemotongan suku bunga AS tahun ini. Sentimen negatif ini juga diperkuat oleh data yang menunjukkan bahwa konsumen terbesar, China, menunda pembelian emas pada bulan Mei.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (8/6/2024), harga emas spot terakhir turun 3,69% menjadi USD 2.305,96 per ounce. Sedangkan harga emas AS ditutup 2,8% lebih rendah menjadi USD 2.325.

"Kita akan mengetahui hari ini apakah emas mampu menahan pukulan ganda dari laporan ketenagakerjaan yang kuat DAN jeda dalam pembelian oleh China," kata Tai Wong, Pedagang Logam independen New York.

Laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan Nonfarm Payrolls (NFP) naik sebesar 272.000 pekerjaan pada bulan Mei, melampaui ekspektasi peningkatan sebanyak 185.000 pekerjaan.

Data tersebut juga mendorong kenaikan nilai tukar dolar AS, membuat harga emas menjadi lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Para pedagang menurunkan prediksi mereka untuk memperkirakan 37 basis poin (bps) pemotongan suku bunga pada akhir Desember, dari 48 bps sebelum, dengan pemotongan pertama yang lebih mungkin terjadi pada bulan November daripada September.


Pasar Emas

Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)

Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures, Phillip Streible mengatakan pasar emas mengalami sedikit likuidasi, bersama dengan logam lainnya, karena data menunjukkan ekonomi AS cukup kuat dan Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) mungkin menunda pemotongan pertama tersebut. 

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas yang tidak memberikan hasil.

Laporan ketenagakerjaan juga menambah sentimen negatif yang tampaknya didorong oleh data yang menunjukkan konsumen utama, China, menunda pembelian emas pada bulan Mei setelah 18 bulan berturut-turut melakukan pembelian.

Namun, analis di TD Securities menulis dalam sebuah catatan bahwa meskipun berita dari China tersebut secara signifikan mempengaruhi harga emas, jeda dalam pembelian mungkin hanya merupakan tanda dari kembalinya operasi yang lebih sensitif terhadap harga mengingat kenaikan harga emas yang terjadi.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya