Kementan dan BUMN Siap Kolaborasi untuk Capai Swasembada Pangan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri BUMN Erick Thohir bersama jajaran menggelar rapat koordinasi untuk menyukseskan target swasembada pangan di masa pemerintahan Prabowo-Gibran.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 23 Okt 2024, 00:10 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 00:10 WIB
Kementan dan BUMN Siap Kolaborasi untuk Capai Swasembada Pangan
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri BUMN, Erick Thohir di Kantor Pusat Kementan, Selasa, 22 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri BUMN Erick Thohir bersama jajaran menggelar rapat koordinasi untuk menyukseskan target swasembada pangan di masa pemerintahan Prabowo-Gibran. Mentan Amran mengungkapkan bahwa sinergi diperlukan untuk mencapai cita-cita besar tersebut.

“Kami berterima kasih pada Bapak Menteri BUMN, bersama kita respons cepat gagasan besar Bapak Presiden tentang swasembada pangan dan energi,” ujar Amran di Kantor Pusat Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024).

Menurut Amran, swasembada pangan membutuhkan dukungan dari berbagai sektor.

“Contohnya untuk produksi padi, didukung pupuk, pupuk ada di PIHC (Pupuk Indonesia). Kemudian kalau pupuk sudah selesai, kami berproduksi, begitu produksi melimpah, offtaker-nya ada di Bulog. Kemudian kalau produksi belum optimal, katakanlah masalah air, ada di PU,” jelas Amran.

Maka dari itu, pertemuan Mentan Amran, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, serta jajaran membahas kolaborasi dan regulasi. 

Mentan menyebut penanganan pupuk tidaklah mudah dan melibatkan banyak kementerian.

"Ini pupuk saja kalau dibedah diurusi 6-7 kementerian, termasuk Bupati dan Gubernur. Ini tidak mudah koordinasinya, sehingga kita nanti ke depan membuat regulasi menjadi sederhana dan mudah bergerak,” katanya.

Menteri BUMN Dukung Program Kementan

Erick Thohir Dukung Penuh Program dan Kebijakan Mentan Amran, Termasuk Kenaikan Kuota Pupuk Subsidi
Pertemuan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dengan Menteri BUMN, Erick Thohir di Kantor Pusat Kementan, Selasa, 22 Oktober 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan siap mendukung Kementerian Pertanian. Kata Erick, ke depan akan terus dilakukan koordinasi untuk memastikan Badan Usaha Milik Negara berjalan sesuai tupoksinya dalam mendukung kinerja Kementerian Pertanian. 

“Kita punya kesepakatan penuh mendukung program Bapak Presiden, Bapak Prabowo, yang melalui tentu Pak Mentan Amran untuk kita menyinergikan seluruh kebijakan yang memang diperlukan,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam pidato perdananya sebagai Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto menyampaikan cita-cita Indonesia untuk swasembada pangan dalam 4-5 tahun. Kementan di bawah komando Amran-Sudaryono optimistis untuk mewujudkan gagasan tersebut.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya