Sumur di Blok Mahakam Semburkan Gas saat Dibor

Terjadi semburan gas ringan di sumur TN-C414 yang dioperasikan Total E&P Indonesie pada Jumat (8/11/2013) kemarin.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 09 Nov 2013, 16:29 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2013, 16:29 WIB
pekerja-blok-mahakam130718b.jpg
Terjadi semburan gas ringan di sumur TN-C414 yang dioperasikan Total E&P Indonesie pada Jumat (8/11/2013) kemarin. Sumur tersebut berlokasi di Lapangan Tunu salah satu lapangan di Blok Mahakam.

Corporate Communications Manager Total E&P Indonesie Reda Gaudiamo, mengatakan semburan tersebut terjadi pada pukul 23:45 WITA saat sedang dilakukan pemboran dengan menggunakan rig Raissa.

 "Sumur tersebut berlokasi di Lapangan Tunu (salah satu lapangan di Blok Mahakam) Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia," kata Reda, Sabtu (9/11/2013).

Dia menuturkan, gas yang menyembur tersebut berasal dari reservoir dangkal dengan tidak terindikasi adanya likuid. Untungnya, peristiwa ini menelan korban cedera dan semua pekerja telah dievakuasi ke fasilitas akomodasi terdekat.

"Insiden semburan ringan gas dangkal saat ini terus dipantau dan tidak ada api," ungkapnya.

Saat ini lokasi kejadian telah diamankan dengan menempatkan kapal-kapal pengawas dan berdasarkan pengamatan dari udara, yang menunjukkan tidak terlihat tumpahan minyak di perairan sekitar.

"Pada saat ini Total E&P Indonesie mengerahkan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan mitigasi terhadap insiden tersebut, dan telah dilaporkan kepada pihak berwenang yang terkait," tuturnya.

Insiden ini juga tidak mempengaruhi  produksi perusahaan. Total E&P Indonésie kini memproduksi 800 MMSCFD dari lapangan Tunu, dari keseluruhan produksi sebesar 1700 MMSCFD di  PSC Mahakam. (Pew/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya