Podium 3 Vinales dan Penantian 8 Tahun Suzuki

Suzuki terakhir kali merebut juara pada 2008 lalu.

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 09 Mei 2016, 14:10 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2016, 14:10 WIB
Maverick Vinales
Maverick Vinales (liputan6.com/crash)

Liputan6.com, Le Mans - Pembalap Suzuki, Maverick Vinales akhirnya mengecap podium pertama di kelas para Raja, MotoGP 2016. Rider asal Spanyol ini mengakhiri balapan di MotoGP Prancis, di urutan ke-3.

Vinales menyentuh garis finis di belakang dua pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang masing -masing menempati urutan satu dan dua. Prestasi ini bukan hanya untuk individu, tetapi juga untuk tim. 

Baca Juga

  • Ketahuan Selingkuh dengan Fans Seksi, Giggs Diteror
  • 5 Cerita 'Dongeng' Para Juara di Olahraga Mirip Leicester City
  • Bermain 10 Orang, Juventus Takluk dari Tim Juru Kunci

Suzuki terakhir kali merasakan podium sejak terakhir kali Loris Capirossi meraihnya pada 2008 di sirkuit Brno, Republik Ceko. Artinya, sudah 8 tahun pabrikan asal Jepang itu tidak merasakan podium.

"Sudah sangat lama, Suzuki tidak naik podium. Saya sangat senang, target itu bisa terwujud dan ini sangat luar biasa," kata pembalap 21 tahun ini sebagaimana dilansir dari Motorsprint.

Krisis keuangan yang melanda membuat Suzuki harus mundur dari ajang adu kebut balap roda dua paling bergengsi ini. Tiga musim, terhitung sejak 2012, Suzuki absen mengaspal di MotoGP. Suzuki kembali ke MotoGP 2015 lalu dengan nama Suzuki Ecstar MotoGP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalan Mulus Vinales

Bagi Vinales, keberhasilan mencapai podium tiga banyak berbau keberuntunga. Posisi Vinales merangkak ke papan atas setelah pembalap Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovisiozo terjatuh. Jalan Vinales untuk merengkuh posisi tiga semakin mulus setelah Marc Marquez terjatuh. Ketiga rider itu berada di depan Vinales sebelum tiga pembalap tersebut keluar lintasan.

Padahal, Vinales start dari posisi 8 di belakang Valentino Rossi. Posisi yang tidak tidak terlalu bagus. "Ini sangat luar biasa. Saya merasa menjadi pembalap hebat. Meski tidak menjalani start dengan baik, saya berupaya keras."

"(Ketika balapan) Saya bisa melihat berada dalam rombongan pembalap yang meraih podium. Kecepatan saya sama dengan mereka yang terjatuh. Tapi saya tetap fokus dan bisa meraih podium," ujar Vinales menambahkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya