Penampakan Wajah Pacquiao dan Horn Usai Duel, Siapa Lebih Bonyok?

Manny Pacquiao dinyatakan kalah angka multak dari Jeff Horn, Minggu (2/7/2017).

oleh Marco Tampubolon diperbarui 03 Jul 2017, 12:10 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2017, 12:10 WIB
Jeff Horn memamerkan sabuk juara yang direbutnya dari Manny Pacquiao
Jeff Horn memamerkan sabuk juara yang direbutnya dari Manny Pacquiao (AFP/Patrick Hamilton)

Liputan6.com, Jakarta Media sosial langsung bereaksi setelah Manny 'Pacman' Pacquiao dinyatakan kalah angka mutlak atas petinju Australia, Jeff Horn, Minggu (2/7/2017). Pro dan kontra bermunculan dan tidak sedikit yang menganggap bahwa Pacquiao telah dirampok dalam duel itu. 

Bertanding di Suncorp Stadium, Brisbane, Australia, Horn mampu menahan gempuran Pacquiao hingga 12 ronde. Namun melihat statistik pertandingan, pukulan-pukulan yang dilepaskan Pacman masih lebih akurat dibanding The Hornet--julukan Jeff Horn. 

Kondisi ini juga terlihat dari kondisi kedua petinju setelah pertandingan. Foto-foto yang beredar di media sosial menggambarkan siapa yang lebih 'bonyok' dalam duel tersebut.

Dalam banyak foto yang beredar, kondisi wajah Horn memang tampak lebih parah dibanding Pacquiao. Kedua mata petinju Asutralia itu tampak bengkak dan lebam akibat terkena pukulan Pacquiao. Pelipis sebelah kanan juga sobek dan mengeluarkan darah. 


Seperti dilansir News.com, wasit Mark Nelson, sebenarnya hampir saja menghentikan pertarungan pada ronde kesembilan setelah melihat kondisi Horn yang sudah kesusahan. 

"Anda sudah cukup mendapatkannya. Tunjukkan sesuatu kepadaku pada ronde ini atau aku akan menghentikannya," ujar Nelson kepada Horn pada ronde kesembilan. 

Dalam ronde ini, Horn memang dibuat kelimpungan oleh serangan Pacquiao. Pukulan bertubi-tubi yang mendarat di wajahnya membuat wasit khawatir terhadap kondisinya. 

"Saya di sini untuk melindungi Anda. Anda ingin melanjutkannya?" tanya Nelson. 

Simak video menarik lainnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bertahan dan Menang

Kondisi wajah Manny Pacquiao dan Jeff Horn usai bertarung
Kondisi wajah Manny Pacquiao dan Jeff Horn usai bertarung (Instagram)

Horn tetap bertahan. Setelah bertahan tiga ronde lagi, mantan guru itu akhirnya dinyatakan sebagai pemenang lewat angka mutlak. Dia juga berhak atas sabuk juara dunia tinju kelas welter versi WBO yang sebelumnya melingkar di pinggang Pacquiao. 

Berbeda dengan Horn, wajah Pacquiao tidak banyak mengalami perubahan. Kedua matanya memang tampak sedikit bengkak, tapi tidak separah lawannya, Horn. Pacquiao sendiri sempat terluka, tapi bukan karena terkena pukulan, melainkan karena benturan kepala. 

Meski demikian, banyak juga yang mendukung kemenangan Horn atas Pacquiao. Sebagian pengguna media sosial Twtiter bahkan menyamakan perjuangan Horn dengan film terkenal berjudul Rocky yang dibintang oleh Sylvester Stallone. 

 

Statistik Pertandingan:

Total Pukulan yang menemui sasaran
Manny Pacquiao: 182 (32%)
Jeff Horn: 92 (15%)

Jab yang menemui sasaran
Manny Pacquiao: 59(31%)
Jeff Horn: 19 (10%)

Total pukulan bertenaga yang menemui sasaran
Manny Pacquiao: 123 (32%)
Jeff Horn: 73 (17%)

Keputusan Wasit
Jeff Horn-Manny Pacquiao
Judge Waleska Roldan: 117-111 (ronde kemenangan 9-3)
Chris Flores: 115-113 (ronde kemenangan 7-5)
Ramon Cerdan: 115-113 (rondek kemenangan 7-5)

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya