David Luiz Datang, Arsenal Izinkan Mustafi Hengkang

Pelatih Arsenal, Unai Emery merasa lini belakang sudah lebih baik setelah kedatangan David Luiz dari Chelsea, sehingga Skhodran Mustafi bisa pergi.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Agu 2019, 17:50 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2019, 17:50 WIB
3 Pemain Arsenal yang Harus Angkat Kaki dari Skuat Unai Emery
Bek Arsenal, Shkordan Mustafi dipersilakan untuk pergi setelah kedatangan David Luiz. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, London - Bek Arsenal, Shkodran Mustafi, masih laris dalam bursa transfer meski dinilai buruk di sepanjang musim 2018-2019 kemarin. Sang pelatih, Unai Emery, membukakan pintu baginya jika memang ingin hengkang dari Emirates Stadium.

Mustafi merupakan sasaran kritikan publik atas sejumlah gol-gol yang bersarang ke gawang Arsenal di musim lalu. Ia dianggap tampil buruk sehingga membuat Bernd Leno dan Petr Cech harus sering memungut bola dari gawangnya.

Arsenal lalu dituntut mencari bek baru guna menggantikan Mustafi sebagai duet Sokratis Papastathopoulos di musim panas ini. Mereka memberikan jawaban dengan merekrut sosok berpengalaman, David Luiz, dari Chelsea jelang penutupan bursa transfer kemarin.

Sementara itu, porsi bermain Mustafi juga perlahan mulai dikurangi oleh Unai Emery. Hal itu terlihat di serangkaian laga uji coba beberapa waktu lalu, di mana pelatih asal Spanyol tersebut lebih mengutamakan Calum Chambers ketimbang Mustafi.

Emery lalu mempertegas situasi Mustafi dalam konferensi pers jelang laga pekan perdana Premier League antara Arsenal kontra Newcastle United yang digelar Minggu (11/8/2019). Ia mempersilahkan sang bek untuk mencari klub baru sebelum bursa transfer di negara lain berakhir.

"Saya berbicara dengannya saat kami memulai pramusim, dan saya berbincang dengannya lagi dua pekan sebelumnya sambil berkata bahwa ada kemungkinan di akan pergi," ujar Emery dikutip dari Goal.

"Kami memutuskan untuk lebih kompetitif dalam setiap posisi, di bek sentral dengan David Luiz, dan pemain lainnya di tengah bersama [Dani] Ceballos, dengan Kieran Tierney, dengan Nicolas Pepe," lanjutnya.

 


Lebih Kompetitif

Arsenal Melaju ke Final Piala Liga
Posisi bek Arsenal, Shkodran Mustafi akan tergeser setelah David Luiz datang. (AP/Matt Dunham)

"Saya pikir, dengan menjadi lebih kompetitif, kami bisa memberikan respons yang lebih baik di musim ini. Beberapa pemain mungkin telah merasa bahwa mereka akan bermain lebih sedikit dengan situasi itu dan bisa pergi," tambahnya.

Namun Emery tidak ingin mengambil keputusan sepihak. Semua keputusan ia serahkan kepada Mustafi. Tapi tentu saja ada resiko dirinya bakalan lebih sering duduk di bangku cadangan ketimbang tampil di lapangan.


Tergantung Pemain

"Itu adalah keputusan yang diambil bersama sang pemain, klub, dengan tim. Pada saat ini dia [Mustafi] berada di sini dan bila kami sangat butuh dia, maka dia akan bermain bersama kami. Saya yakin dia bisa tampil dengan baik," tandasnya.

Sejauh ini, Arsenal memiliki enam pemain untuk memperebutkan dua posisi bek sentral dalam formasi 4-2-3-1 andalan Emery. Kemungkinan besar akan ada lagi yang keluar pada bulan Januari nanti, terlebih jika Rob Holding sudah benar-benar pulih dari cederanya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya